PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MULTI MEDIA POWER POINT PADA MATA KULIAH SEJARAH ASIA TIMUR

Iyus Jayusman, Gurdjita Gurdjita, Oka Agus Kurniawan Shavab

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran mengenai pengembangan media pembelajaran multi media power point pada mata kuliah sejarah asia timur. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan, yaitu metode penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Hasil penelitian menunjukan bahwa berdasarkan tabel penilai dari ahli media bahwa multimedia Powerpoint yang sudah dibuat memiliki nilai 89 % sehingga dikategorikan sangat layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran. Hasil dari pengumpulan data tanggapan pemakaian terbatas didapatkan skor 415 dengan persentase pencapaian 82,35%, berdasarkan penilaian tanggapan pemakaian terbatas pada multimedia Powerpoint berada pada skala 4. Dengan demikian, multimedia Powerpoint ini dikategorikan sangat layak untuk digunakan. Hasil dari pengumpulan data pemakaian lebih luas didapatkan skor 1294 dengan persentase pencapaian 77,76%, berdasarkan hasil penilaian tanggapan pemakaian lebih luas berada pada skala 4. Dengan demikian, multimedia Powerpoint ini dikategorikan sangat layak untuk digunakan.

Keywords


Media Pembelajaran; dan Multi Media Powerpoint

Full Text:

PDF

References


Arsyar, Rayandra. 2012. Kreatif Mengembangkan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta

Arikunto, Suharsimi. 2011.Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta: PT. Rineka Cipta

Hamalik, Oemar, 2004. Proses Belajar Mengajar, Jakarta Bumi Aksara.

Pargito. 2009. Penelitian dan Pengembangan Bidang Pendidikan. Bandar Lampung: Jurusan Pendidikan IPS Universitas Lampung.

Putra, Nusa. 2011. Research and Development. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutikno. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Lombok: Holistica.

Sutopo. 2008. Metodologi Penelitian Kualitatif. Surakarta: Sebelas Maret University Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/candrasangkala.v3i1.2886

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by Department of History Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Jl. Ciwaru, No. 25, Serang, Banten
candrasangkala@untirta.ac.id; milhamg@untirta@ac.id

Creative Commons License Creative Common Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0)

View My Stats