PENGARUH METODE PEMBELAJARAN JIGSAW TERHADAP MINAT BELAJAR SEJARAH PESERTA DIDIK DI SMK KHARISMAWITA JAKARTA SELATAN

Januar Berkah

Abstract


Abstrak : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seberapa besar pengaruh metode pembelajaran jigsaw terhadap minat belajar sejarah peserta didik di SMK Kharismawita Jakarta Selatan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Besarnya pengaruh penggunaan media peta terhadap motivasi belajar pada pembelajaran IPS sejarah kelas X di Sekolah Menengah Atas. Penulis mengambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara motode pembelajaran jigsaw terhadap minat belajar sejarah peserta didik di SMK Kharismawita  sebesar 7,714 dan dapat dilihat bahwa hasil uji t  yaitu thitung > ttabel  7,714 > 1,992. Metode pembelajaran jigsaw berperan dalam menumbuhkan minat belajar sejarah peserta didik. Metode pembelajaran jigsaw memiliki kontribusi terhadap minat belajar sejarah peserta didik sebesar 44,89% sedangkan sisanya sebesar 55,11% dipengaruhi oleh variabel lain diluar judul penelitian ini.


Keywords


Kata Kunci: metode pembelajaran jigsaw dan minat belajar sejarah

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, A. (2005). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Arends, R.I.. (2001). Exploring Teaching: An Introduction to Education. New. York: Mc Graw-Hill Companies.

Dakir. (1993). “Dasar-Dasar Psikologi”. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gazalba, Sidi . (1981). Pengantar Ilmu Sejarah. Jakarta. Bharata.

Haditono, Siti rahayu. (1998). Psikologi Perkembangan. Yogyakarta: Psikologi UGM.

Johnson DW & Johnson, R, T (1991) Learning Together and Alone. Allin and Bacon: Massa Chussetts.

Lie, Anita. (1993). Cooperatif Learning. Jakarta: Grasindo.

Poerwadarminta, Tarsito W.J.S, (1996). Kamus Besar Bahasa Indonesia Jakarta: Balai Pustaka.

Slavin, Robert E. (2005). Cooperative Learning: theory, research and practice. (N. Yusron. Terjemahan). London: Allymand Bacon.

Soedarsono. (1998). Faktor-faktor Penentu Keberhasilan Belajar. Yogyakarta:

Soewarso. (2000). Cara-cara Penyampaian Pendidikan Sejarah Untuk Membangkitkan Minat Peserta Didik Mempelajari Bangsanya. DEPDIKNAS

Sudrajat, Akhmad. (2008). Pengertian Pendekatan, Strategi, Metode, Teknik dan. Model Pembelajaran. Bandung : Sinar Baru Algensindo.

Tesis Pasca Sarjana IKIP Yogyakarta.

The Liang Gie. (1995). Cara Belajar yang Efisien Jilid II Edisi keempat. (diperbaharui). Yogyakarta: Liberty.

Walgito, Bimo. (1981). Pengantar Psikologi Umum, diterbitkan oleh Yayasan Penerbitan. Fakultas Psikologi UGM, Yogyakarta.

Zaini, Hisyam. (2008). Srategi pembelajaran aktif. Yogyakarta: Insan Mandiri.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/candrasangkala.v4i1.3431

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Statistic Counter since April 2022


Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah (CJPS) ISSN: 2477-8214 (online) | ISSN: 2477-2771 (print)

Published by Department of History Education Universitas Sultan Ageng Tirtayasa in collaboration with Perkumpulan Program Studi Pendidikan Sejarah Se-Indonesia (P3SI) and Perkumpulan Prodi Sejarah se-Indonesia (PPSI)

Address: Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
Email: candrasangkala@untirta.ac.id

 

MAP OUR OFFICE: