PENYUSUNAN MODUL EVALUASI PEMBELAJARAN SEJARAH BERBASIS AUTHENTIC ASSESSMENT PORTOFOLIO

Eva Dina Chairunisa, Ahmad Zamhari

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan prototype modul mata kuliah evaluasi pembelajaran sejarah berbasis penilaian portofolio yang praktis dan mampu menghasilkan informasi tentang perkembangan proses belajar mahasiswa tentang materi evaluasi pembelajaran sejarah melalui penilaian portofolio. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tahapan prosedur 1) Need Assessement, yang dilakukan pada mahasiswa dan Guru pendidikan sejarah. 2) Literature Review, pencarian referensi. 3) Develop Preminary form of product. 4) Preminary field test. Hasil dari penelitian ini adalah, modul dibagi menjadi beberapa bagian, yaitu 1) Konsep dasar evaluasi pembelajaran. 2) Metode penilaian dalam Kurikulum 2013. 3) Potensi dalam pembelajaran sejarah dan penyusunan penilaiannya 4) Menyusun Instrumen Penilaian Sikap, 5) Menyusun Instrumen Penilaian Pengetahuan. 6) Menyusun Instrumen Penilaian keterampilan. 7) Penilaian dalam Pembelajaran Sejarah Lokal.


Keywords


Modul; Evaluasi Pembelajaran; Penilaian Portofolio

References


Hasan, S. Hamid. (2012). Pendidikan Sejarah Indonesia, Isu Dalam Ide dan Pembelajaran. Bandung: Rizqi Press

Kochhar, S.K. (2008). Teaching of History. Jakarta: Grasindo.

Sudjana, Nana dan Rivai, Ahmad. (2007). Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta.

Kurikulum dan Pembelajaran Dirjen Dikti-Kemendikbud. (2014). Buku

Kurikulum Pendidikan Tinggi.: PDF [Online]. Tersedia: http://www.kopertis12.or.id/wp-content/uploads/2014/11/Final-Draft-

Buku-K-DIKTI-18-8-2014-Revisi-Hotel-Ibis.pdf. [20 Mei 2016]

Zainul, Asmawi. (1993). Penilaian Hasil Belajar. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats Flag Counter