PERANAN ORGANISASI KEAMANAN DESA (OKD) SEBAGAI WAHANA BAGI PARA PEMUDA DALAM MENANGGAPI GEROMBOLAN DI/TII 1962

Alex Anis Ahmad

Abstract


Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran mengenai peran OKD (Organisasi Keamanan Desa) dalammenanggapi Gerombolan DI/TII 1962. Adapun metode penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. OKD dan TNI bekerja sama untuk menjaga keamanan masyarakat dari gangguan DI/TII. Tenaga sukarela ini tidak mendapat upah, tapi hanya diberi makan setiap hari oleh masyarakat secara bergiliran yang diatur oleh ketua RT.setiap malam OKD selalu siap siaga bahkan mengadakan patrol bersama TNI, kendati mereka selalu berada di baris terdepan waktu menghadapi aksi gerombolan DI/TII. Dengan adanya integrasi kekuatan warga masyarakat yang tergabung dalam OKD dan TNI telah menampakkan hasil, isalnya ada beberapa anggota-anggota gerombolan yang berhasil ditangkap atau menyerahkan diri sehingga bisa didapat keterangan-keterangan mengenai kegiatan mereka. Kerjasama antara kelompok ini ternyata sangat efektif diterapkan sebagai pertempuran territorial,dan sementara itu pun menjadi gerakan pukul mundur dan lari dari aksi gerombolan Darul Islam/Tentara Islam Indonesia.


Keywords


Organisasi Keamanan Desa, DI/TII

Full Text:

PDF

References


Disjarah, (1972) Cuplikan sejarah TNI AD.Bandung – Jakarta: Fa Mahjuma.

Puswankamra. 1972. Partisipasi rakjat dalam usaha pembelaan negara. Pusat Perlawanan dan Keamanan Rakyat, Departemen Pertahanan Keamanan

Nasution, S. (2009). Metode Research (penelitian ilmiah). Jakarta : Bumi Aksara

Wawancara:

Bapak Udin

Bapak Sapri

Bapak Hari




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/candrasangkala.v3i2.3480

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Statistic Counter since April 2022


Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah (CJPS) ISSN: 2477-8214 (online) | ISSN: 2477-2771 (print)

Published by Department of History Education Universitas Sultan Ageng Tirtayasa in collaboration with Perkumpulan Program Studi Pendidikan Sejarah Se-Indonesia (P3SI) and Perkumpulan Prodi Sejarah se-Indonesia (PPSI)

Address: Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
Email: candrasangkala@untirta.ac.id

 

MAP OUR OFFICE: