SITUS BENTENG FORT ROTTERDAM SEBAGAI SUMBER BELAJAR DAN DESTINASI PARIWISATA KOTA MAKASAR : TINJAUAN FISIK ARSITEKTUR DAN KESEJARAHAN

Jumardi Jumardi, Suswandari Suswandari

Abstract


Berbagai peninggalan masa kolonialisme tersebut harus dipelihara sebagai bagian dari pengalaman bangsa dalam perjuangannya merebut kemerdekaan. Keberadaan bangunan atau benda bersejarah di Indonesia diatur dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2010 Tentang Cagar Budaya. Pasal 1 Undang undang Nomor 11 Tahun 2010 yang dimaksud cagar budaya adalah warisan budaya bersifat kebendaan berupa Benda Cagar Budaya, Bangunan Cagar Budaya, Struktur agar Budaya, Situs Cagar Budaya, dan Kawasan Cagar Budaya di darat dan/atau di air yang perlu dilestarikan keberadaannya karena memiliki nilai penting bagi sejarah, ilmu pengetahuan, pendidikan, agama, dan/atau kebudayaan melalui proses penetapan. Salah satu cagar budaya yang masih terpelihara dengan baik adalah Benteng Ford Rotterdam. Benteng Fort Rotterdam merupakan bagian kecil dari sebuah puzzle negara yang  bernama Indonesia. Kejayaan dan kebesaran Kerajaan Gowa, mampu dihadirkan  melalui Benteng Fort Rotterdam sebagai benda cagar budaya yang terus dijaga kelestariannya oleh pemerintah daerah. Meskipun ada banyak benda cagar budaya di Kota Makassar, Benteng Fort Rotterdam layak dijadikan ikon Kota Makassar, sekaligus akan mampu menarik perhatian wisatawan lokal maupun internasional. Benteng Fort Rotterdam juga dapat dijadikan sumber belajar peserta didik.  Peserta  didik harus lebih mengenal dengan sejarah bangsanya supaya semakin tumbuh kesadaran sejarah dan semakin kuat rasa nasionalisme peserta didik.

Keywords


Benteng Fort Rotterdam, sumber belajar dan Destinasi Wisata

Full Text:

PDF

References


Aditya, Risang. Dan Dhani Mutiari, Karakteristik Benteng Vastenberg sebagai Bangunan Heritage di Surakarta http://journals.ums.ac.id/index.php/sinektika/article/view/697, diunduh 21 Januari 2018

A Shamed, Irhas, 2004, Ilmu Sejarah (Perspektif Metodologis Dan Acuan Penelitian), Jakarta : Hayfa Press

Ditjen Cipta Karya, Profil Kabupaten / Kota , Kota Makassar Sulawesi Selatan ciptakarya.pu.go.id/profil/profil/timur/sulsel/makassar.pdf, 2014, diunduh 25 April 2018

Hildayanti, Andi, Wasilah, Karakteristik Benteng Fort Rotterdam Sebagai Urban Artefact Kota Makassar, Seminar Heritage IPLBI, 2017

Hayati, Rafika. Pemanfaatan Bangunan Bersejarah Sebagai Wisata Warisan Budaya Di Kota Makassar, https://ojs.unud.ac.id/index.php/jumpa/article/view/10849/7660 diunduh 20 Januari 2018 pukul 13:30

Iswadi, Benteng Ujung Pandang Cikal Bakal Kota Makassar (Sebuah Kajian Lanskap Konflik, Sosial Budaya dan Alam), https://kebudayaan.kemdikbud.go.id, diunduh 25 Maret 2018

Kartodirjo, Sartono, 1992. Pendekatan Ilmu Sosial Dalam Metodologi Sejarah. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Marihandono, Djoko, Perubahan peran dan fungsi benteng dalam tata ruang kota. https://www.researchgate.net/publication/265236841_Perubahan_peran_dan_fungsi_benteng_dalam_tata_ruang_kota, diunduh 20 Januari 2018 14.00

Moleong, Lexy J. 2013. Metode Penelitian Kualitatif. Edisi Revisi. Bandung : PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. 2006. Kurikulum Yang Disempurnakan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mappangara, Suriadi. 2012. Perang Makassar. Indonesia dalam Arus Sejarah 4.Kolonisasi dan Perlawanan. Penerbit PT. Ichtiar Baru Hoeve.

Pitana, I Gede dan Ketut Surya Diarta. 2009. Pengantar Ilmu Pariwisata. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Andi Offset.

Surakhmad, Winarno. 2003. Pengantar Penelitian Ilmiah . Bandung : Tarsito

Supardan, Dadang. 2009, Pengantar Ilmu Sosial Sebuah Kajian Pendekatan Struktural, Jakarta: Bumi Aksara

Syaodih Sukmadinata. Nana, 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syahran Jailani, Pengembangan Sumber Belajar Berbasis Karakter Peserta Didik (Ikhtiar optimalisasi Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), http://journal.walisongo.ac.id/index.php/Nadwa/article/view/1284/pdf , diunduh 21 Januari 2018

Wijayanti, Yeni, Pemanfaatan Situs Karangkamulyan Untuk Kepentingan Pendidikan Dalam Pembelajaran Sejarah, http://purbawidya.kemdikbud.go.id/index.php/jurnal/article/view/P6%281%292017-5 , diunduh 21 Januari 2018

Kementerian Pendidikan dan kebudayaan, https://kebudayaan.kemdikbud.go.id/bpcbsulsel/benteng-rotterdam-dan-permasalahannya/ diunduh 2 Pebruari 2018




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/candrasangkala.v4i2.4529

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Statistic Counter since April 2022


Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah (CJPS) ISSN: 2477-8214 (online) | ISSN: 2477-2771 (print)

Published by Department of History Education Universitas Sultan Ageng Tirtayasa in collaboration with Perkumpulan Program Studi Pendidikan Sejarah Se-Indonesia (P3SI) and Perkumpulan Prodi Sejarah se-Indonesia (PPSI)

Address: Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
Email: candrasangkala@untirta.ac.id

 

MAP OUR OFFICE: