PENGARUH MODEL LEARNING CYCLE 5E TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR HISTORIS

Sabar Wiraguna, Yuni Maryuni, Eko Ribawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Learning Cycle 5E terhadap kemampuan berpikir historis untuk materi Indonesia Merdeka pada siswa kelas XI di SMA Negeri 4 Pandeglang. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap tahun pelajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode Quasy Experiment dengan desain penelitian Pretest Posttest  Control Design. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 325 terbagi dalam sepuluh kelas. Pengambilan sampel dengan menggunakan teknik purposive sampling, diperoleh dua kelompok penelitian, yaitu kelas XI MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIPA 1 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah 5 butir soal tes uraian dengan 5 indikator. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest kemampuan berpikir historis kelas kontrol sebesar 51,31 sedangkan pada kelas eksperimen 58,83, posttest kemampuan berpikir historis kelas kontrol memperoleh nilai 62,33 sedangkan kelas eksperimen 70,16. Uji hipotesis preetest menggunakan uji-t pada taraf signifikan α = 5% diperoleh t(hitung) = 1,70 > t(tabel) = 1,67, sedangkan uji hipotesis posttest diperoleh t(hitung) = 2,44 > t(tabel) = 1,67 yang berarti H0 ditolak. Terdapat perbedaan pengaruh pada kedua kelas. Model learning cycle 5E bisa menjadi variasi model belajar. Model learning cycle 5E meningkatkan kemampuan  analisis serta mengidentifikasi kronologis peristiwa sejarah, sehingga membantu  mengembangkan tingkat ilmiah siswa dan proses pembelajaran lebih terarah dan bermakna.


Keywords


Berpikir Historis, Learning Cycle 5E, Pembelajaran Sejarah.

Full Text:

PDF

References


Agus, Suprijono.2010.Cooperative Learning. Yogyakarta:Pustaka Pelajar.

Ankersmit, F.R. 1987. Reflesi Tentang Sejarah, Pendapat-pendapat Modern tentang Filsafat Sejarah. Jakarta: PT Gramedia.

Dimyati dan Mudjiono. 2006. Belajar dan Pembelajaran, Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, Syaiful Bahri. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta : PT Rineka Cipta

Haryono. 2001. Model Pembelajaran Interaktif. Surabaya: UNESA

Kuntowijoyo. 1995. Pengantar Ilmu Sejarah. Yogyakarta: Yayasan Benteng Budaya.

Ngalimun. 2016. Strategi dan Model Pembelajaran.Yogyakarta: Aswaja Presindo.

Subakti, YR. 2010. Paradigma Pembelajaran Sejarah Berbasis Konstruktivisme. Yogyakarta: Jurnal SPPS, Vol.24 No.1.

Sudaryono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Serang: Dinas Pendidikan Provinsi Banten.

Sudjana, Nana. 2014. Penilaian Proses Belajar Mengajar. Bandung:PT Remaja Rosdakarya.

Sukardi. 2008. Evaluasi Pendidikan: Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta

Suryanto, Adi. 2014. Evaluasi Pembelajaran di SD. Banten: Universitas Terbuka

Trianto. 2011. Model Pembelajaran Terpadu Konsep,Strategi Dan Implementasinya.

Wena, Made. 2011. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer; Suuatu Tinjauan Konseptual Operasional. Jakarta:Bumi Aksara.

Widja, I Gde. 1989. Dasar - Dasar Pengembangan Strategi Serta Metode Pengajaran Sejarah. Jakarta : Debdikbud.

Wineburg, Sam. 2006. Berfikir Historis: Memetakan Masa Depan, Mengajarkan Masa Lalu (Terjemahan). Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Jurnal

Jubaedah, S. 2015. Penerapan pembelajaran sejarah kontekstual berbasis buku teks di SMAN 1 Padalarang Kabupaten Bandung Barat. [ Tesis ]. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Lorsbach, Anthony W. 2005. The Learning Cycle As A Tool For Planning Science Instruction.(Online)Tersedia:http://www.coe.ilstu.edu/scienceed/lorsbach/257lrcy.htm. Diakses Pada Tanggal 26 Maret 2017.

Ma’mur,Tarunasena. 2008. Upaya Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Sejarah Melalui Historical Thinking. Bandung : Jurusan Pendidikan Sejarah FPIPS UPI .

Nida, Safwatun, et. Al. 2017. Keefektifan Model Learning Cycle 5E Dipadu Teknik Mind Mapping untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa SMP. Pancasakti Science Education Journal. Vol. 2, No. 1, Hlm. 1-10, ISSN 2528-6714. (Online) Tersedia: http//e-journal.ups.ac.id/index.php/psej. Diakses pada 04 April 2018.

Wiyanarti, E. 2012. Model pembelajaran kontekstual dalam pengembangan Pembelajaran Sejarah. Bahan Ajar. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Yulifar, Lali, tt. Reinterpretating Pembelajaran Sejarah Kritis Dalam Rekontruksi Strategi Pendidikan Sejarah, diunduh dari https://www.yumpu.com/ id/document/view/47965268, Selasa, 02 Januari 2018.

Suriasumantri (ed). 1983:52 dalam http//www psikologi pendidikan.com diunduh 13 Januari 2018.

Tesis

Khaifiyah, Anyta. 2014. Penerapan Metode Inkuiri dalam Pembelajaran Sejarah Melalui Novel Penakluk Badai untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Historis pada Siswa Kelas XII IPS MAN I Karanggede. Surakarta : Universitas Sebelas Maret.

Wawancara

Maman Suherman. Guru Mata Pelajaran Sejarah kelas XI SMA Negeri 4 Pandeglang.

Mila Dina Hamdani. Siswa Kelas XI MIPA SMA Negeri 4 Pandeglang.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/candrasangkala.v4i2.4530

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Statistic Counter since April 2022


Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah (CJPS) ISSN: 2477-8214 (online) | ISSN: 2477-2771 (print)

Published by Department of History Education Universitas Sultan Ageng Tirtayasa in collaboration with Perkumpulan Program Studi Pendidikan Sejarah Se-Indonesia (P3SI) and Perkumpulan Prodi Sejarah se-Indonesia (PPSI)

Address: Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
Email: candrasangkala@untirta.ac.id

 

MAP OUR OFFICE: