MODEL PEMBELAJARAN SEJARAH DENGAN PENDEKATAN INDUKTIF BERBASIS MASALAH UNTUK MENGEMBANGKAN ASPEK BERPIKIR KESEJARAHAN (DI SEKOLAH MENENGAH ATAS KABUPATEN SERANG PROPINSI BANTEN)

Agus Rustamana

Abstract


Proses pembelajaran sejarah masih dominan pada domain kognitif berbentuk penyampaian fakta-fakta sejarah dan belum  memberikan pengaruh kesadaran sejarah yang kuat dikalangan para pelajar, lemahnya kesadaran sejarah tersebut, tentu saja disebabkan oleh berbagai factor. Dipilihnya  model pembelajaran induktif berbasis masalah untuk mengembangkan  aspek berpikir kesejarahan dalam penelitian ini dikarenakan karakteristik model pembelajaran induktif  ini pada dasarnya sesuai dengan perkembangan kognitif dan perkembangan mental siswa SMA yang secara psikologis memiliki  rasa ingin tahu yang lebih besar memungkinkan peserta didik melihat isi pelajaran lebih realistis dan positif .Model pembelajaran induktif ini menempatkan guru sebagai fasilitator dan motivator belajar.Metode ini dapat berkontribusi terhadap peningkatan pemahaman siswa pada mata pelajaran sejarah. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi selalu berada < 0,05, demikian halnya data menunjukkan bahwa  ketrampilan berpikir kesejarahan peserta didik  di kelompok eksperimen lebih tinggi sebesar 1,236 dibanding peserta didik  di kelompok kontrol. Hasil statistik uji F untuk pengujian kesamaan dua rata-rata tersebut diperoleh 4,011 yang signifikan pada a= 0,05 (0,016). Ini berarti ada perbedaan yang signifikan antara rata-rata gained score di kelompok eksperimen dan di kelompok kontrol. Dengan demikian, model pembelajaran sejarah dengan pendekatan induktif ini dapat diterapkan pada mata pelajaran sejarah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kesejarahan siswa SMA di Kabupaten Serang Banten.


Keywords


Pembelajaran; Metode induktif; Berpikir Kesejarahan

Full Text:

PDF

References


Anggara, Boyi. (2007). Pembelajaran Sejarah yang Berorientasi pada Masalah- Masalah Sosial Kontemporer. Makalah. Disampaikan dalam Seminar Nasional Ikatan Himpunan Mahasiswa Sejarah Se-Indonesia (IKAHIMSI). Universitas Negeri Semarang, Semarang, 16 April 2007.

Borg, W.R., dan Gall, M.D., (1983). Educational Research, London: Longman Group.Brown,H.Douglas. (2008). Prinsip Pembelajaran dan Pengajaran Bahasa. (Noor Cholis dan Yusi A. Pareanom, penterjemah ). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gawronski.(1969). History Meaning and Method. Amerika: Scoot, Foresman and Company

Hasan, Hamid, S. (2002). “Pendidikan IPS di Jenjang Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah”.Makalah pada Seminar Nasional Pembaharuan Pendidikan IPS, Bandung. (31 Oktober 2002)

Hilda Taba, (1966) teacher’s handbook for elementary Social studies (Reading,Mass.:Addison-wesley Publishing Co.,Inc.

Kamarga, H. (2000). Advance Organizers: Sebuah Model Pembelajaran dalam Mengembangkan Aspek Berpikir Kesejarahan di Sekolah Dasar. Historia Jurnal Pendidikan Sejarah No.2, Vol.I, tahun 2000. Bandung: Historia Utama Press.

Kartodirdjo, Sartono. 1982.Pemikiran dan Perkembangan Historiografi Indonesia; Suatu Alternatif. Jakarta: Gramedia

Komalasari, K. (2005) Pembelajaran Kontekstual: Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama

Sjamsuddin, Helius , (1996), Metodologi Sejarah, Jakarta, Ditjen Dikti Depdikbud

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2007). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PPS UPI Bandung dan Remaja Rosdakarya.

Wiriaatmadja, Rochiati. (2005). Metode Penelitian Tindakan Kelas.Bandung: PPS UPI Bandung dan PT Remaja Rosdakary

Murni.(2005). Implementasi Pembelajaran Holistik Dalam Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kesejarahan.(Online).Tersedia di http://digilib.upi.edu/administrator/fulltext/d_ips_029806_murni_chapter2a.pdf. Di Akses 05-10-2015

Davis, Mary Ann. (2001). Teaching and Learning History in The ElementaryTersedia:http://www.thirteen.org/edunline/concept2class/mont2/ index_subdiakses tanggal 9-6-2016).




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/candrasangkala.v5i1.6082

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Statistic Counter since April 2022


Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah (CJPS) ISSN: 2477-8214 (online) | ISSN: 2477-2771 (print)

Published by Department of History Education Universitas Sultan Ageng Tirtayasa in collaboration with Perkumpulan Program Studi Pendidikan Sejarah Se-Indonesia (P3SI) and Perkumpulan Prodi Sejarah se-Indonesia (PPSI)

Address: Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
Email: candrasangkala@untirta.ac.id

 

MAP OUR OFFICE: