Pengembangan Bahan Ajar E-Learning pada Mata Kuliah Sejarah Afrika

Eko Ribawati

Abstract


Pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi seperti handphone, android, tablet,
merupakan salah satu implementasi dari proses pembelajaran secara modern, dimana mahasiswa dapat melakukan pembelajaran kapanpun dan dimanapun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh bahan ajar e-learning pada mata kuliah Sejarah Afrika, dengan tujuan mengembangkan bahan ajar elektronik berbasis e-learning, diharapkan peningkatan dan keterlaksanaan pembelajaran pada mahasiswa menggunakan Bahan ajar elektronik yang lebih menarik dan inovatof dalam proses pembelajaran. Metode penelitian mencakup kedua hal yaitu, prosedur dan teknik penelitian, menggunakan metode R&D. Pendapat para ahli mengatakan bahwa dengan persentase 81,3% . Hal ini dapat diartikan bahwa ahli materi menyatakan bahwa pengembangan bahan ajar elektronik materi dalam video animasi pembelajatan berbasis aplikasi powtoon pokok bahasan mengenal datangnya Prancis di Aljazair termasuk dalam kategori layak. Dengan kualifikasi kelayakan tersebut bahwasannya bahan ajar ini cocok untuk di gunakan bahan sebagai panduan belajar siswa secara elektronik yang berkaitan dengan kebiasaan mahasiswa yang sering dan pandai dalam kreasi aplikasi, hal ini di manfaatkan untuk sesuatu hal yang positif.


Keywords


E-learning; Bahan Ajar; Sejarah Afrika.

Full Text:

PDF

References


Ahmad Rohani (1997). Media Instruksional

Edukatif, Jakarta: PT Rineka Cipta

Departemen Pendidikan Nasional. 2006. Bahan

Ajar. Jakarta: Departemen Pendidikan

Nasional.

Daryanto. 2010. Media Pembelajaran.

Yogyakarta: Gava Media.

Dikmenjur. 2010. Pengertian Bahan Ajar.

http://www.dikmenum.go.id [Online].

Diakses tanggal 12 Desember 2017.

Djamarah, Syaiful B, & Zain, Aswan, 1995,

Strategi Belajar Mengajar, Jakarta :

Rineka Cipta.

Maswin. 2010. Arti dan Manfaat Media

Pembelajaran. Maswins for Education.

(Online) 2010. (Dikutip:26 Juni 2017).

McMillan, J.H. and Schumacher, S. (2001).

Research in Education. New York:

Longman, Inc.

Prastowo, Andi. 2012. Panduan Kreatif

Membuat Bahan Ajar Inovatif:

Menciptakan metode pembelajaran

yang menarik dan menyenangkan.

Yogyakarta : Diva Press.

Purnamawati dan Eldarni. 2001. Media

Pembelajaran. Jakarta: CV. Rajawali.

Sadiman AS, Rahardjo R, Haryono A &

Rahardjito. 2010. Media Pendidikan

Pengertian, Pengembangan, dan

Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja

Grafindo.

Suryabrata, Sumadi. 1983. Metodologi

Penelitian. Jakarta: CV. Rajawala

Turban., dkk, 2002, Aplikasi Multimedia

Interaktif, Paradigma, Yogyakarta.

Zhang, Y.A. 2012. Developing Animated

Cartoons for Economic Teaching. Journal

of University Teaching & Learning

Practice. Vol: 9: 22-23.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/candrasangkala.v5i1.6094

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Statistic Counter since April 2022


Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah (CJPS) ISSN: 2477-8214 (online) | ISSN: 2477-2771 (print)

Published by Department of History Education Universitas Sultan Ageng Tirtayasa in collaboration with Perkumpulan Program Studi Pendidikan Sejarah Se-Indonesia (P3SI) and Perkumpulan Prodi Sejarah se-Indonesia (PPSI)

Address: Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
Email: candrasangkala@untirta.ac.id

 

MAP OUR OFFICE: