Kontribusi Model Pembelajaran Cooperative Learning Tipe Buzz Group Materi Perang Dingin Pada Mata Kuliah Sejarah Kontemporer Eropa Terhadap Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa

Oka Agus Kurniawan Shavab, Zulpi Miftahudin

Abstract


Berdasarkan observasi yang sudah dilakukan peneliti di Jurusan Pendidikan Sejarah Universitas Siliwangi pada mahasiswa angkatan 2017 bahwa hasil belajar yang ditunjukkan masih belum maksimal. Rendahnya pencapaian nilai akhir mahasiswa ini menjadi indikasi bahwa pembelajaran yang dilakukan selama ini belum efektif. Hal ini terjadi karena beberapa faktor diantaranya adalah kurang maksimalnya model pembelajaran yang dilakukan oleh dosen pengampu yang berdampak pada pemahaman kognitif mahasiswa dan situasi kelas yang kurang kondusif membuat mahasiswa tidak dapat berkonsentrasi secara maksimal dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini adalah untuk mendapatkan gambaran empirik tentang kontribusi model pembelajaran Cooperative Learning tipe Buzz Group materi perang dingin pada mata kuliah Sejarah Kontemporer Eropa Terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa. Metode Penelitian yang dipakai adalah metode quasi eksperimen dengan design one group pre test post test design. Berdasarkan uji hipotesis yang sudah dilakukan dengan menggunakan uji paired sample t tes didapat nilai signifikansinya sebesar 0,000 yang berarti lebih kecil dari 0,05 artinya Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga kesimpulannya adalah Terdapat kontribusi model pembelajaran cooperative learning tipe buzz group materi perang dingin pada mata kuliah sejarah kontemporer eropa terhadap hasil belajar kognitif mahasiswa.


Keywords


Kooperatif Learning, Metode Buzz Grup, Hasil Belajar Sejarah

Full Text:

PDF

References


Arifin, Zainal. 2017. Evaluasi Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Arikunto, Suharsimi. 2010. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Flavel, John H. 1979. Metacognition and Cognitive Monitoring: A New Area of Cognitive—Developmental Inquiry. American Psychologist. 34 (10) 906-911.

Gulley, Halbert E. 1960. Discussion, Conference, and Group Process. University of Illionis. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Hake, Richard R. 1999. Analyzing change/gain score. [Online] Tersedia : http://www.physics. indiana.edu/nsdi/AnalyzingChange-Gain.pdf [Diakses 10 Oktober 2019].

Kochhar, S.K. 2008. Pembelajaran Sejarah: Teaching Of History. Jakarta:Grassindo.

Roestiyah. 2008. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Slavin . 2009. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Sudjana, Nana. 2005. Dasar-dasar ProsesBelajar Mengajar. Bandung. Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/candrasangkala.v5i2.6588

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats

Statistic Counter since April 2022


Candrasangkala: Jurnal Pendidikan dan Sejarah (CJPS) ISSN: 2477-8214 (online) | ISSN: 2477-2771 (print)

Published by Department of History Education Universitas Sultan Ageng Tirtayasa in collaboration with Perkumpulan Program Studi Pendidikan Sejarah Se-Indonesia (P3SI) and Perkumpulan Prodi Sejarah se-Indonesia (PPSI)

Address: Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
Email: candrasangkala@untirta.ac.id

 

MAP OUR OFFICE: