STRATEGI PENINGKATAN PERAN PKBM DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN HIDUP MASYARAKAT MELALUI PENDAMPINGAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL DI PKBM PROVINSI BANTEN

Irwan, Sudadio, Ahmad, Herlina Dede, Fathin, Didi

Abstract


STRATEGI PENINGKATAN PERAN PKBM DALAM MENINGKATKAN KECAKAPAN HIDUP MASYARAKAT MELALUI PENDAMPINGAN BERBASIS KEARIFAN LOKAL

DI PKBM PROVINSI BANTEN

 

Irwan, Sudadio, Ahmad, Herlina, Dede, Fathin dan Didi

Abstrak

 

Program pendidikan luar sekolah yang diselenggarakan PKBM sebagai upaya memperluas jangkauan sasaran dan terbentuknya wadah pembinaan pendidikan luar sekolah sampai pada tingkat pedesaan, dengan melibatkan peran serta masyarakat. Dalam pelaksanaan program yang diselenggarakan PKBM tidak terlepas dari permasalahan yang dihadapi. Pelaksanaan pogram PKBM belum memanfaatkan dengan berbagai potensi lokal yang ada di lingkungan masyarakat setempat sehingga dampak program tidak bisa secara langsung membantu permasalahan yang dihadapi warga belajar di masyarakat. Tujuan diadakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui : 1) Strategi peningkatan peran PKBM dalam meningkatkan kecakapan hidup masyarakat melalui pendampingan berbasis kearifan lokal di PKBM provinsi Banten. 2)  kearifan lokal yang dapat dimanfaatkan dalam meningkatkan kecakapan hidup masyarakat melalui pendampingan berbasis kearifan local di PKBM Provinsi Banten. 3)  faktor-faktor pendukung dan penghambat strategi peningkatan peran PKBM dalam meningkatkan kecakapan hidup masyarakat melalui pendampingan berbasis kearifan lokal di PKBM provinsi Banten.

 

Kata Kunci : Pusat Kegiatan Belajat Mengajar (PKBM), Kecakapan Hidup, Kearifan Lokal

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ali, Muhammad. (2009). Pendidikan untuk Pembangunan Nasional Menuju Bangsa Indonesia yang Mandiri dan Berdaya Saing Tinggi. Jakarta: Penerbit Intima.

Arikunto, Suharsimi.(2006).Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Balai Pengembangan Pendidikan Nonformal dan Informal Regional VII Mataram. (2012). Juklak Keaksaraan Usaha Mandiri. [Online]. Tersedia di:http://bppnfi-reg7.org/file/Juklak%20Dikmas.pdf. [Diakses8 September 2013].

Cahya, A, Gonner, C, and Haug, M. (2007). Mengkaji Kemiskinan dan Kesejahteraan Rumah Tangga: Sebuah Panduan dengan Contoh dari Kutai Barat, Bogor: Center for International Research.

Coyers, Diana. (1994). Perencanaan Sosial Didunia Ketiga. Yogyakarta: UGM Press.

Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Nonformal, dan Informal. (2012). Pendidikan Masyarakat Prioritaskan Keaksaraan Usaha Mandiri. [Online] Tersedia di: http://www.paudni.kemdikbud.go.id/pendidikan-masyarakat-prioritaskan-keaksaraan-usaha-mandiri. [Diakses 8 September 2013].

Hatimah, I, dkk. (2007). Pembelajaran Berwawasan Kemasyarakatan (Edisi Satu). Jakarta: Universitas Terbuka.

Hubeis, Aida. (2010). Pemberdayaan Perempuan dari Masa ke Masa. Bogor. IPB Press.

Hudaya, D. (2009). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Kemiskinan di Indonesia. Bogor: IPB. Skripsi

Irhash, A, Samier. (2010). Konsep Pemberdayaan. [Online] Tersedia di: http://sobatbaru.blogspot.com/2010/03/konsep-pemberdayaan.html. [Diakses 5 Juni 2014]

Isbandi Rukminto, Adi. (2002). Pemikiran-Pemikiran dalam Pembangunan kesejahteraan Sosial. Jakarta: Lembaga Penerbit FE-UI.

Kusnadi, et. Al. (2005). Pendidikan Keaksaraan, Filosofi, Strategi, Implementasi. Jakarta: Dirjen Pendididkan Luar Sekolah.

Kusnadi. (2006). Konflik Sosial Nelayan, Kemiskinan dan Perebutan Sumber Daya Alam, Yogyakarta: P,T, Lkis Pelangi Aksara.

Margono. (2004). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rhineka Cipta.

Moleong, L. J. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda.

Mulyana, E. (2007). Model Tukar Belajar (Learning Exchange) dalam Perspektif Pendidikan Luar Sekolah (PLS). Bandung: Mutiara Ilmu.

Ratnawati, Susi. (2011). Model Pemberdayaan Perempuan Miskin Pedesaan Melalui Pengembangan Kewirausahaan. [Online]. Tersedia di: http://lp3m.widyakartika.ac.id/lp3m/wp-content/uploads/2012/10/model-pemberdayaan-perempuan-miskin-perdesaan-melalui-pengembangan-kewirausahaan.pdf. [Diakses 11 Agustus 2013].

Rothman, J. (1974). Planning, Organization for Social Change. Newyork: Colombia University Press.

Saryanto. (2011). Penyusunan Bahan Ajar Keaksaraan Usaha Mandiri. [Online]. Tersedia di: http://pkbmngudikapinteran.wordpress.com/2011/09/19/penyusunan-bahan-ajar-keaksaraan-usaha-mandiri. [Diakses 11 Agustus 2013].

Soeroso, Santoso. (2005). Mengarustamakan Pembangunan Kependudukan di Indonesia. Jakarta: EGC.

Sudjana, HD. (2004). Manajemen Program Pendidikan, untuk Pendidikan NonFormal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia. Bandung: Falah Production.

___________,. (2006). Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah untuk Pengembangan pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya. Bandung. Diterbitkan atas kerja sama Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia dengan PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharto, E. (2006). Membangun Masyarakat Memberdayakan Masyarakat, Kajian Strategis Pembangunan Kesejahteraan Sosial & Pekerjaan Sosial. Bandung : PT. Refika Aditama.

Sulistiyani, Ambar Teguh. (2004). Kemitraan dan Model-Model pemberdayaan. Yogyakarta: Gava Media.

Suparjan dan Henpri Suyatno. (2003). Pengembangan Masyarakat: Dari Pembangunan Sampai Pemberdayaan. Yogyakarta: Aditya Media.

Suryadi, A. (2009). Mewujudkan Masyarakat Pembelajar: Konsep, Kebijakan dan Implementasi. Bandung: Widya Aksara Press.

Susiati,s.dkk. (2006). Media Simulasi Makanan Ringan dan Balapan Rak Bambu Pembelajaran Pemberdayaan perempuan. Bandung: Balai Pengembangan Pendidikan Luar Sekolah dan Pemuda Regional II Jayagiri Bandung.

Susiati, Susi. (2011). Pendidikan Keaksaraan. [Online]. Tersedia di: http://desacilembu.blogspot.com/2011/10pendidikan-keaksaraan.html. [Diakses 11 Agustus 2013].

Syukri, M. (2013). Pemberdayaan Perempuan dalam Program Penanggulangan Kemiskinan: Seberapa Afektifkah dalam Meningkatkan Kesetaraan Gender?. [Online]. http://www.smeru.or.id/newslet/2013/news34.pdf. [Diakses 5 Mei 2014].

Thoha, Miftah. (1993). Perilaku Organisasi-Konsep Dasar dan Aplikasinya. Cetakan ke Enam. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2003. Jakarta : Depdiknas.

Yudhistira, Geradi. (2010). Perempuan Pedesaan dan Potensinya Menyingkirkan Kemiskinan. [Online]. Tersedia di: htpp://desasejahtera.org/artikel/409-perempuan-pedesaan-dan-potensinya-menyingkirkan-kemiskinan-html. [Diakses 8 September 2013].

Yunus. L. Dadang. (2010). Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills) Dalam Pemberdayaan Perempuan Kepala Keluarga (Pekka) Untuk Peningkatan Pendapatan Dan Kemandirian Berwirausaha. Bandung : PPS UPI. Tesis.

Wicaksono, Eko. P. (2014). Jumlah Penduduk Miskin Indonesia Meningkat jadi 28,55 Juta Jiwa. [Online]




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v1i2.1158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung