IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS ENTREPRENEURSHIP DALAM RANGKA PEMBENTUKAN JIWA ENTREPRENEUR PADA MAHASISWA JURUSAN PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH FKIP UNTIRTA

Sudadio Sudadio

Abstract


IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS ENTREPRENEURSHIP

DALAM RANGKA PEMBENTUKAN JIWA ENTREPRENEUR

 PADA MAHASISWA JURUSAN

PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH

FKIP UNTIRTA

                                                                                        

Sudadio

University of Sultan Ageng Tirtayasa

dr.dio@untirta.ac.id     

 

ABSTRAK

Keyakinan dan keberani bermimpi berarti kita memiliki visi, visi akan lebih dapat menciptakan kekuatan positif di dalam pikiran kita. Sehingga nantinya akan lebih mampu meningkatkan kemampuan belajar dan kualitas hidupnya. Karena itu saya sangat yakin dengan ungkapan berikut ini: "Hati-hatilah dengan angan-anganmu, karena angan­-anganmu itu akan menjadi kenyataan:"

Dalam konteks inilah, kita sebagai pendidik dengan jiwa entrepreneurship, dalam aktivitas kita harus memiliki keberanian dalam bermimpi. Kita harus punya keyakinan bahwa rejeki ini akhirnya mengikuti mimpi kita. Dan sebetulnya rejeki itu bisa direncanakan menurut mimpi kita. Rejeki itu berbanding lurus dengan mimpi kita,  akan tetapi agar rejeki kita benar – benar berbanding lurus dengan mimpi kita, masih diperlukan kereativitas dan kemandirian untuk senantiasa berbuat dan mengejar prestasi puncak.

Atas dasar inilah pada kesempatan ini peneliti tertarik untuk meneliti tentang Implementasi Pembelajaran Berbasis Entrepreneurship dalam Rangka Pembentukan Jiwa entrepreneurs pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Luar Sekolah FKIP Untirta

Hasil penelitian menunjukkan bahwa 0,901 persen dosen yang mengajar dilingkungan jurusan pendidikan luar sekolah secara  terusmenerus dan berkesinambungan dalam kegiatan proses pembelajaran dapat berkontribusi dalam memberikan dan menanamkan pembelajaran yang berbasis entrepreneurship, dengan  cara menanamkan kepada mahasiswa berupa; jiwa kreatif, jiwa inovatif, jiwa percaya diri dan penanaman jiwa berani, keempat aspek ini merupakan pondasi dan modal dasar sebagai pegangan untuk terjun dalam kegiatan entrepreneur, terutama lagi bagi lulusan pendidikan luar sekolah yang harusnya memiliki kompetensi entrepreneurship serta diharapkan  mampu mewujudkan jiwa entrepreneurship tersebut dalam setiap pengabdian mereka disistuasi yang sesungguhnya dimanapun dan sebagai apaun pekerjaan yang akan mereka emban.

 

Kata Kunci:  Pembelajaran Berbasis Enterpreneurship

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Alma, Buchari, ( 2013 ), Kewirausahaan, Bandung: Alfabeta

Dimyati, dan Mudjiono.Belajar dan Pembelajaran.Cet III. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.

Depatemen Pendidikan Nasional, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentangsistem Pendidikan Nasional, (2003). Jakarta

Emzir. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2008.

Sudadio, ( 2011 ), Dimensi Esensial Peningkatan Mutu Pendidikan, Banten : Dbb Press

Suyono, (2011 ), Belajar dan Pembelajaran, Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantiatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2007...

Suharsimi Arikuntono. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Cet V. Jakarta: Bumi Aksara, 2005.

Supranto, 2006, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, Jakarta :

Rineka Cipta.

Tayibnapis, Yusuf, Farida, 2000, Evaluasi Program dan Instrumen Evaluasi untuk Program Pendidikan dan Penelitian, Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Tarigan, Henry Guntur. 2009. Pengajaran Kompetensi Bahasa. Bandung: Angkasa.

Taufik. 2013. Pengantar Pendidikan. Bandung: Mujahid Press.

Pradopo, Rachmat Djoko.2007. Pengkajian Puisi. Jogjakarta : Gadjah Mada University Press.

Zainurrahman. 2013. Menulis Dari Teori Hingga Praktik. Bandung: Alfabeta.

http://Gorontalo--education.blogspot-.com/20/12/09/konsep-materi-puisi.html.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.