IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ORANG DEWASA PADA MAHASISWA PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH FKIP UNTIRTA
Abstract
IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN ORANG DEWASA
PADA MAHASISWA PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH
FKIP UNTIRTA
Irwan Djumena
University of Sultan Ageng Tirtayasa
ABSTRAK
Proses belajar orang dewasa memiliki perbedaan dengan proses pembekajaran pada anak-anak ( pedagogi ), dimana pembelajaran pada orang dewasa kegiatan belajar dipandang sebagai proses transformasi yaitu dalam bentuk mengubah ( modifying), mempelajari kembali ( relearning ), memperbarui ( up dating ) dan mengamati ( replacing ), sedangkan pembelajaran pada anak dipandang sebagai proses pembentukan dan perolehan ( aquiring ), pengumpulan , skills, strategi dan nilai-nilai yang diperoleh dari pengalaman. Pendekatan pembelajaran antara orang dewasa dan anak berbeda maka dipandang tepat apabila para pendidik dilingkungan perguruan tinggi memahami dan mampu mengimplementasikan model pendekatan pembelajaran pada orang dewasa pada setiap mahasiswa. proses pembelajaran dapat memberikan dan menanamkan pembelajaran yang berbasis pembelajaran orang dewasa, dengan cara menanamkan kepada mahasiswa untuk aktif yaitu’ Pembelajaran Mandiri, Kerjasama KLP, pemecahan masalah, pembelajaran Interaktif
Penelitian ini difokuskan pada proses pendekatan pembelajaran orang dewasa yang diterapkan oleh para pendidik dilingkungan Untirta, dengan sub fokus masalah 1) perlunya implementasi model pembelajaran orang deawasa pada kegiatan pembelajaran pendidikan luar sekolah, 2) implementasi model pembe-lajaran orang dewasa dipandang tepat untuk menunumbuhkan kemandirian pada mahasiswa Pendidikan Luar sekolah
Berdasarkan hasil penelitian dengan focus penelitian “ Implementasi model pembelajaran orang dewasa pada mahasiswa PLS FKIP Untirta tahun 2015“, dapat dinyatakan bahwa implementasi kegiatan pembelajaran andragogik yang dilaksanakan oleh dosen di Jurusan Pendidikan Luar Sekolah FKIP Untirta sudah dilaksanakan dengan katagori baik, yaitu rerata 0,89 persen dari dosen yang mengajar sudah secara terus menerus melaksanakan kegiatan mengajarnya berbasis organg dewasa, sedangan 0,11 persen diantara dosen yang mengajar di jurusan pendidikan luar sekolah dalam kategori belum mencerminkan pendekatan model pembelajaran orang dewasa.
Kata Kunci: Pembelajaran orang dewasa
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Alma, Buchari, ( 2013 ), Kewirausahaan, Bandung: Alfabeta
Dimyati, dan Mudjiono.Belajar dan Pembelajaran.Cet III. Jakarta: Rineka Cipta, 2006.
Depatemen Pendidikan Nasional, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentangsistem Pendidikan Nasional, (2003). Jakarta
Emzir. Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif dan Kualitatif. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada, 2008.
Kamil, Mustofa, ( 2009 ), Pendidikan Nonformal, Bandung : Alfabeta
Marzuki, Saleh, H.M, ( 2012 ), Pendidikan Non Formal, Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Sudadio, ( 2011 ), Dimensi Esensial Peningkatan Mutu Pendidikan, Banten : Dbb Press
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantiatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2007...
Suharsimi Arikuntono. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Cet V. Jakarta: Bumi Aksara, 2005.
Supranto, 2006, Pengukuran Tingkat Kepuasan Pelanggan, Jakarta :
Rineka
DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v1i1.1178
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0
Statistik Pengunjung