PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DIALOGIS PAULO FREIRE PADA PROGRAM KESETARAAN PAKET B SEKOLAH ALTERNATIF QARYAH THAYYIBAH KALIBENING, SALATIGA, JAWA TENGAH

Ika Rizqi Meilya

Abstract


PENGELOLAAN PEMBELAJARAN DIALOGIS PAULO FREIRE

PADA PROGRAM KESETARAAN PAKET B SEKOLAH ALTERNATIF QARYAH THAYYIBAH KALIBENING, SALATIGA, JAWA TENGAH

 

Ika Rizqi Meilya, M.Pd.

ikarizqimeilya1@gmail.com

 

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, (3) evaluasi, dan (4) faktor-faktor pendorong dan penghambat pengelolaan pembelajaran dialogis Paulo Freire pada program kesetaraan paket B di sekolah Alternatif Qaryah Thayyibah Kalibening Salatiga Jawa Tengah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Adapun hasil penelitiannya menunjukkan: (1) Proses perencanaan pembelajaran menggunakan istilah Student Learning Center, artinya semua pembelajaran berjalan berdasarkan keinginan anak. Anak ingin belajar apa dan bagaimana semua dikembalikan sesuai dengan kesepakatan kelasnya masing-masing; (2) Pelaksanaan proses pembelajaran direalisasikan menggunakan metode problem-solving (hadap masalah) melalui tahapan problematik, inquiry/discovery, brainstorming, dan sharring; (3) Evaluasi pembelajaran dilaksanakan dalam bentuk self-evaluating atau evaluasi diri, yaitu pandangan dan sikap anak terhadap dirinya untuk menentukan dan mengarahkan konsep diri dalam mengenal bakat, kelemahan, kepandaian dan kegagalannya; dan (4) Faktor pendorong pembelajaran berasal dari kemauan, motivasi dan kemandirian yang tinggi dari anak dengan segala keterbatasan, serta suasana yang menyenangkan diselimuti rasa persahabatan dan kekeluargaan, bebas dari ancaman dalam segala aspek, menjadikan pengelolaan  pembelajaran berjalan begitu dinamis. Sedangkan faktor penghambat pembelajaran adalah kebijakan-kebijakan nasional pendidikan dan rendahnya dukungan finansial dan sikap pemerintah yang kurang memperhatikan nasib sekolah alternatif.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Nizar. 2007. Prosedur

Penelitian. Jakarta: PT Rineka

Cipta

Arikunto, Suharsimi. 1990. Pengelolaan Kelas dan Siswa Sebuah Pendekatan Evaluatif. Jakarta: CV Rajawali

Baharudin, Ahmad. 2007. Pendidikan Alternatif Qaryah Thayyibah. Yogyakarta: LKIS Yogyakarta

Darsono, Max. 2000. Belajar dan Pembelajaran. Semarang: IKIP Semarang

Freire, Paulo. 1972. Pendidikan Kaum Tertindas. Jakarta: LP3S

Freire, Paulo. 2001. Sekolah Kapitalisme yang Licik. Yogyakarta: LKIS Yogyakarta

Freire, Paulo. 1984. Pedagogi Hati. Yogyakarta: LKIS Yogyakarta

Hasan, Ahmad M. Nizar Alfian. 2010. Desaku Sekolahku (Komunitas Belajar Qaryah Thayyibah Kaibening-Salatiga). Salatiga: Pustaka Q-Tha

Kompas. Rabu, 23 Maret 2006. Sekolah Global di Desa Kecil Kalibening

Majid, Abdul. 2005. Perencanaan pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Manggeng, Marthen. 2005. Pendidikan yang Membebaskan Menurut Paulo Freire dan Relevansinya dalam Konteks Indonesia. INTIM: Jurnal Teologi Kontekstual

Moleong, Lexy. 2000. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Muarif. 2008. Liberalisasi pendidikan Menggadaikan Kecerdasan kehidupan Bangsa. Yogyakarta: Pinus Book Publisher

Nazir, Moh. 1998. Metodologi Penelitian. Jakarta: Galia Indonesia

Pramudya, Wahyu. 2001. Mengenal Filsafat Pendidikan Paulo Freire: antara Banking Concept of Education, Problem Posing Method, dan pendidikan Kristen di Indonesia. Varietas: Jurnal Teologi dan Pelayanan

Rifa’i, Achmad. 2003. Desain Sistematik Pembelajaran Orang Dewasa. Semarang: UNNES Press

Rifa’i, Achmad dan Catharina Tri Anni. 2010. Psikologi Pendidikan. Semarang: UNNES Press

Shor, Ira dan Paulo Freire. 2001. Menjadi Guru Merdeka. Yogyakarta: LKIS Yogyakarta

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT Rineka Cipta

Sudjana. 2000. Managemen Program Pendidikan. Bandung: Falah Production

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Suyanto. 2000. Pendidikan di Indonesia Memasuki Milenium III. Yogyakarta: Adicita

Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdikbud

Yamin, Moh. 2009. Menggugat pendidikan Indonesia (Belajar dari Paulo Freire dan Ki Hajar Dewantara). Jogjakarta: Ar-Ruzz Media

Yamin, Moh. 2012. Sekolah yang Membebaskan (Perspektif Teori dan Praktik Membangun Pendidikan yang Berkarakter dan Humanis). Malang: Madani

www.kemendiknas.go.id

www.pendidikansalatiga.net/qaryah


Refbacks

  • There are currently no refbacks.