EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PENDIDIKAN HOMESCHOOLING SEBAGAI PENDIDIKAN ALTERNATIF DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI ANAK DI HOMESCHOOLING KAK SETO JAKARTA SELATAN

Ajeng Fitriana

Abstract


 

EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PENDIDIKAN HOMESCHOOLING SEBAGAI PENDIDIKAN ALTERNATIF DALAM MENGEMBANGKAN POTENSI ANAK DI HOMESCHOOLING KAK SETO JAKARTA SELATAN

Ajeng Fitriana

Jurusan Pendidikan Luar Sekolah Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

 

ABSTRAK

Undang – Undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003, menyebutkan bahwa di Indonesia terdapat tiga jalur pendidikan yakni formal, nonformal dan informal. Berdasarkan Undang – Undang tersebut maka orang tua atau keluarga dapat menyelenggarakan pendidikan anak di rumah dengan jalur informal melalui homeschooling. Untuk itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana keluaran (output) dan dampak (outcome) dari pelaksanaan program ini.  Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember s.d Februari 2016 di Homeschooling Kak Seto Jakarta Selatan. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan penelitian kualitatif. Adapun tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam (indepth interview), observasi, dan studi dokumentasi, dengan subyek penelitian yakni pengelola homeschooling, tutor, dan homeschooler. Tahapan dari penelitian ini yakni tahap orientasi, tahap eksplorasi dan tahap member check. Tehnik analisis data penelitian menggunakan model analisa data interaktif.  Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa pelaksanaan homeschooling di Homeschooling Kak Seto Jakarta Selatan dapat dikatakan efektif sebagai pendidikan alternatif didalam mengembangkan potensi anak dengan tercapainya aspek-aspek pembelajaran secara efektif dan optimal yang meliputi tiga tahap kegiatan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, dan penilaian. Keluaran (output) langsung dari Homeschooling Kak Seto yakni academic excellenxe, comumunity builder dan good character. Selain itu dampak (outcome) yang dihasilkan dari Homeschooling Kak Seto yakni dapat melanjutkan ke jenjang yang lebih tinggi, dapat belajar secara mandiri dan mampu membelajarkan orang lain serta berpartisipasi dalam kegiatan sosial. Dengan begitu penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan agar orang tua peserta didik harus selalu berkoordinasi dengan Badan Tutorial di Homeschooling Kak Seto Jakarta Selatan, agar program pembelajaran di rumah ini dapat berjalan dengan efektif dan optimal. Serta Lembaga Homeschooling Kak Seto Jakarta Selatan dapat melengkapi sarana dan prasarananya terutama kelengkapan koleksi buku perpustakaan. Selain itu agar dampak (outcome) pelaksanaan program homeschooling ini dapat dirasakan efektifitasnya bagi peserta didik yang bermasalah maka pembiayaan pembelajaran di pendidikan homeschooling diharapkan lebih terjangkau, tidak hanya untuk golongan keluarga menengah ke atas.

Kata Kunci : Homeschooling, Pendidikan Alternatif.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahsin, M. Izza. 2007. Dunia Tanpa Sekolah. Yogya: Read Publishing.

Arman, Hakim Nasution. 1999. Perencanaan dan Pengendalian Produksi. Jakarta: Guna Widya.

Ashby, Eric C.C. 1972. A Study in the Ecology of Hingher Education. Chicago: University of ChicagoPress.

Basrowi dan Suwandi. 2008. Memahami Penelitian Kualitatif. Jakarta : Rineka Cipta.

Bogdan, R.C dan Biklen S.K. 2002. Riset Kualitatif untuk Pendidikan, Pengantar ke Teori dan -Metode. Jakarta: Pusat Antar Universitas.

Brown, D.J. 1990. Decentralization and School-based Manajemen. London: Taylor & Francis (Prenters) Ltd.

Bloom B.S. 1956. Taxonomy of Educational Objectives, The Classfication of Educational Goals – Handbook I: Cognitive Domain. New York: Mckay.

Colborn, T.D Dumanoski dan J.P Mayers (1996). Our Stolen Future: Are We Threatening Our Fertility Intenigence and Survival. USA: Peguin Books Inc.

Effendy, Onong Uchjana. 1989. Sistem Informasi Manajemen. Bandung: PT. Citra Aditya Bakti.

Habsari, Sri. 2005. Bimbingan dan Konseling SMA. Jakarta: PT. Grasindo.

Harjanto. 1997. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Idrus, Muhammad. 2007. Metode Penelitian Ilmu Sosial. Jakarta: Erlangga.

Kembara, Maulia D. 2007. Panduan Lengkap Homeschooling. Bandung: PT. Syaamil Cipta Media.

Kho, Loy. 2008. Secangkir Kopi: Obrolan Seputar Homeschooling. Yogyakarta: Kanisius (Pustaka Familia).

Mahmudi. 2005. Manajemen Kinerja Sektor Publik. Yogyakarta: Buku UPP AMP YKPN.

Miarso, Yusuf Hadi. 2003. Dasar – Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Mintz, Jerry. Alternative Education. 1994. Macmillan: Ableman.

Moleong , L.J. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya.

Muasaroh, Latifatul. 2010. Aspek – Aspek Efektivitas. Yogyakarta: Literatur Buku.

Mulyadi. Seto. 2007. Homeschooling Keluarga Kak Seto. Bandung: Kaifa.

Neisser, Ulric. 1976. Cognition and Reality: Principles and Implications of Cognitive Psychology. Cornell: WH Freeman.

Poerwandari, E.K. 1998. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Universitas Terbuka.

Saefuddin dan Ika Berdiati. 2013. Pembelajaran Efektif. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

Sihombing, Umberto. 2000. Pendidikan Luar Sekolah: Manajemen Strategi. Jakarta: Mahkota.

Stufflebeam, D.L. 1971. Education Evaluation and Decisions Making. Ithaca: F.E. Peacock.

Sudjana, Djuju. 2004. Pendidikan Nonformal (Wawasan, Sejarah Perkembangan, Filsafa, Teori Pendukung, Asas). Bandung: Falah Production.

Sudjana. Djuju. 2004. Manajemen Program Pendidikan. Bandung: Falah Production.

Sugiarto, Eko. 2015. Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif Skripsi dan Tesis. Yogyakarta : Suaka Medika.

Sumardiono. 2007. Homeschooling: a leap for better learning. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sumardiono. 2014. Apa Itu Homeschooling. Jakarta : PandaMedia.

Supriyono, R.A. 2000. Sistem Pengendalian Manajemen. Yogyakarta : BPFE.

Susanto, Astrid S. Pendapat Umum.1975. Bandung: Bina Cipta.

Sutopo, H.B. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif, Dasar Teori dan Terapannya Dalam Penelitian. Surakarta: Pusat Penelitian

Universitas Sebelas Maret.

Versiansyah, Chris. 2007. Homeschooling: Rumah Kelasku, Dunia Sekolahku. Jakarta: PT. Kompas Media Nusantara.

Wiyono, Slamet. 2006. Managemen Potensi Diri. Jakarta: PT Grasindo.

B. Undang – Undang dan Sumber Lain

Undang – Undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003, Pasal 1 Ayat (1).

Undang – Undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003, Pasal 27 Ayat (1).

Undang – Undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003, Pasal 27 Ayat (2).

Undang – Undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 Pasal 26 ayat (4).

Undang – Undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 Pasal 26 ayat (6).

Undang – Undang Dasar Negara Republik Indonesia, Pasal 31 Ayat (1).

Yulaelawati, 2007. Direktur Pendidikan Kesetaraan, Direktorat Jendral PAUD-NI Kementrian Pendidikan Nasional.

Dirjen Pendidikan Kesetaraan. 2007. Komunitas Sekolah Rumah sebagai satuan pendidikan Kesetaraan. Jakarta Departemen Pendidikan Nasional.

Halimahtussakdiayah, Fauziah. 2009. Proses Pembelajaran Anak Usia Dini Melalui Program Homeschooling (Sekolah Rumah). Serang: SKRIPSI PLS UNTIRTA.

Ikhsan, M. 2006. Pendidikan Alternatif di Indonesi. [Online].

Tersedia:

http://teknologipendidikan.worldpress.com/2006/09/12/pendidikan- alternatif-di-indonesia/.

Joesoef Soelaiman, 2004, Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah. [Online].

Tersedia :

http://awar15.blogspot.co.id/2015/04/makalah-pendidikan-luar-sekolah.html.

Siagan, Sondang P. 2008. Pengertian Tentang Efektivitas. [Online]

Tersedia:

http://othenk.blogspot.com/2008/11/pengertian-tentang-

efektivitas.html/.

Simbolon, P. 2008. Homeschooling Sebagai Pendidikan Alternatif. [Online]

Tersedia:

http://pormadi.wordpress.com/2007/11/12/homeschooling/

Sumardiono. 2006. Model Home Schooling. [Online].

Tersedia:

http://www.sumardiono.com/index.php?option=com_content&task=

view&id=310&ltemid=80




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v1i1.1182

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung