PENGELOLAAN PROGRAM KURSUS KOMPUTER PADA BIDANG KEAHLIAN DI LKP ALFABANK SEMARANG

Achmad Rifai

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen pelatihan dengan pengelolaan program kursus komputer pada bidang keahlian di LKP ALFABANK Semarang dan mendeskripsikan hasil pelatihan dengan pengelolaan program kursus komputer pada bidang keahlian di LKP ALFABANK Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Subyek penelitian yaitu 4 orang yang terdiri dari 1 orang direktur sebagai informan dan satu orang bagian akademik. Teknik analisis data dengan tahap pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa manajemen pelatihan kursus komputer di LKP ALFABANK memiliki tahapan yaitu perencanaan program, pelaksanaan program dan penilaian program. Perencanaan diawali dengan proses yang sistematis dalam pengambilan keputusan tentang tindakan yang akan dilakukan pada waktu yang akan datang, tujuan  pelatihan  hingga penentuan kurikulum yang akan digunakan.  Proses pelatihan terdapat 3 kegiatan yang harus dilakukan yaitu kegiatan pembuka sebelum pelatihan dilaksanakan, kegiatan  inti (kegiatan ini adalah kegiatan interaksi penyampain materi dari pendidik ke peserta didik), dan yang terakhir adalah kegiatan penutup (kegiatan untuk mengakhiri pelatihan). Teknik yang digunakan dalam evaluasi berupa teknik tes dan nontes. Proses pembelajaran yang telah dilaksanakan memiliki dampak yang dirasakan oleh peserta didik, hasil pelatihan dapat dirasakan melalui perubahan sikap (afektif), pengetahuan (kognitif) peserta didik setelah proses pembelajaran selesai.

 

Kata kunci: Manajemen, Pelatihan, Pengelolaan Program

Full Text:

XML

References


DAFTAR PUSTAKA

Burhan Bungin. 2001. Metode Penelitian Kualitatif, PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Bogdan, Robert dan Taylor, Steven, J. Pengantar Metode Penelitian Kualitatif, Terjemahan oleh Arief Rurchan, 1992, Usaha Nasional. Surabaya.

Devi, V Rama. Dan Shaik Nagurvali. 2012. “Evaluating training & Development Effectiveness-A Measurement Model”. Vol. 2 No 4. International Journal of Business.

Dr. deni darmawan, S.Pd., M.Si. Teknologi Pembelajaran. Bandung : PT REMAJA ROSDAKARYA.

Fakhrudin. 2011. Evaluasi Program Pendidikan Non Formal. Semarang: UNNES Press.

Krauss, Ferdinand dan Mohamed Ally. 2005. A Study of the Design and Evaluation of a Learning Object and Implications for Content Development. vol 1. Interdisciplinary Journal of Knowledge and Learning Objects.

Matin. 2013. Perencanaan Pendidikan: Perspektif Proses dan Teknik dalam Penyusunan Rencana Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers.

Moleong J Lexy, 2001, Metodologi penelitian Kualitatif, PT Remaja Rosdakarya. Bandung.

Rusman, 2012. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sudijono, Anas. 2011. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sutabri, Tata. 2005. Sistem Informasi Manajemen, Yogyakarta: Andi.

Sutarto, Joko. Manajemen Pelatihan. Ed.1, Cet.1. Yogyakarta: Deepublish, Nopember 2013.

Sutarto, Joko. 2012. Manajemen Program PNF. Semarang: UNNES

Suyoto, H. 2011. Manajemen Sekolah: Mengelola Lembaga Pendidikan Secara Mandiri. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Uno, H.B. 2006. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: PT. Bumi Aksara

Widoyoko, Eko Putro. 2009. Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

www.kursusnet.com (diakses 27 April 2015 19.00)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.