MODEL KEPEMIMPINAN LEMBAGA DALAM MENGELOLA PROGRAM (STUDI PADA LKP JENGGALA COURSE JEPARA)

Amin Yusuf

Abstract


Keberadaan lembaga pendidikan nonformal khususnya Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) sangat berperan penting dalam mengembangkan kemampuan kecakapan hidup (Life Skill) sebagai bekal mencari ataupun menciptakan lapangan pekerjaan. Terdapat 72 LKP yang berdiri di Jepara, hal tersebut membuat adanya pengelolaan terhadap lembaga dan program yang dijalankan menjadi sangat penting agar lembaganya mampu berkembang, maka dari itu Model Kepemimpinan yang digunakan menjadi inti utama dalam pengelolaan tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Bagaimana model kepemimpinan yang relevan digunakan dalam mengelola program-program yang dijalankan di LKP Jenggala Course; (2) Bagaimana upaya pimpinan lembaga dalam mengelola LKP Jenggala Course; (3) Apa saja faktor pendorong dan penghambat dalam pengelolaan program LKP Jenggala Course. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Lokasi penelitian di 4 tempat yaitu LKP Jenggala Pusat, LKP Jenggala cabang Kalinyamatan, LKP Jenggala cabang Bangsri, dan LKP Jenggala cabang Keling. Subjek penelitian adalah 4 orang staff administratif LKP Jenggala pusat dan cabang, dan 1 orang Pimpinan LKP jenggala. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini berupa wawancara, observasi, dan dokumentasi, pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, data dan teori. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian di lapangan menunjukkan bahwa pimpinan LKP Jenggala Course dalam mengelola program menggunakan beberapa model kepemimpinan dalam melakukan pengelolaan program, yaitu model kepemimpinan Partisipatif, Demokratis, dan Otokratis dengan Gaya Otokratis Bijak. Model kepemimpinan yang dominan dipakai oleh pimpinan adalaj model kepemimpinan partisipatif.

Kata Kunci: Model Kepemimpinan, Pengelolaan Program, Lembaga Kursus

Full Text:

XML

References


Basu, Swastha dan Irawan. 1997. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty.

Johnson, David W., Frank P. Johnson. 2012. Dinamika Kelompok: Teori dan Keterampilan. Edisi Kesembilan. Diterjemahkan oleh: Theresia,SS. Jakarta: PT. Indeks Permata Puri Media.

Kartono, Kartini. 2013. Pemimpin dan Kepemimpinan: Apakah Kepemimpinan Abnormal Itu?. Cetakan ke-19. Jakarta: Rajawali Pers.

Pubrin, Andrew J. 2006. The Complete Ideal’s Guide: Leadership. Edisi kedua. Cetakan ke-2. Diterjemahkan oleh: Tri Wibowo B.S. Jakarta: Prenada.

Republik Indonesia, 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Sekretariat Negara.

Rivai, Veithzal., Deddy Muyadi. 2003. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sutarto, Joko. 2013. Manajemen Pelatihan. Yogyakarta: Deepublish.

Terry, George R. 2003. Prinsip-Prinsip Manajemen. Cetakan ketujuh. Diterjemahkan oleh: J. Smith D.F.M. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Yukl, Garry. 1998. Kepemimpinan dalam Organisasi. Edisi ketiga. Diterjemahkan oleh: Jusuf Udaya. Jakarta: Prenhallindo.

Yusuf, Amin. 2010. Kepemimpinan dalam Masyarakat. Semarang: Bahan Ajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.