EFEKTIVITAS PELATIHAN TATA RIAS PENGANTIN YOGYA PUTRI BAGI PESERTA DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN (LKP) DEWI PUSPITA KOTA SERANG PROVINSI BANTEN

Hidayatullah Haila

Abstract


Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu (1) Bagaimana efektivitas pelatihan tata rias pengantin Yogya Putri di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Dewi Puspita Kota Serang Provinsi Banten. (2) Bagaimana hasil pelatihan tata rias pengantin Yogya Putri di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Dewi Puspita Kota Serang Provinsi Banten. (3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat pelatihan tata rias pengantin Yogya Putri di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Dewi Puspita Kota Serang Provinsi Banten. Tujuan diadakannya penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui efektivitas pelatihan tata rias pengantin Yogya Putri di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Dewi Puspita Kota Serang Provinsi Banten. (2) Untuk mengetahui hasil yang dapat dijadikan tolak ukur lembaga  pelatihan tata rias pengantin Yogya Putri di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Dewi Puspita Kota Serang Provinsi Banten. (3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat pelatihan tata rias pengantin Yogya Putri di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Dewi Puspita Kota Serang Provinsi Banten. Penelitian ini dilaksanakan di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Dewi Puspita Kota Serang Provinsi Banten. Dilaksanakan kurang lebih selama satu bulan. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yaitu mendeskripsikan keadaan tentang Efektivitas pelatihan tata rias Pengantin Yogya Putri. Penelitian ini menggunakan kisi-kisi penelitian dan pedoman wawancara untuk mendapatkan data dilapangan mengenai Pelatihan tata rias Yogya Putri. Sumber data dari penelitian yaitu pengelola, instruktur pelatihan, dan warga belajar. Hasil penelitian mengenai efektivitas Pelatihan YogyaPutri menemukan bahwa pelatihan yang di laksanakan di Lembaga Kursus dan Pelatihan (LKP) Dewi Puspita Kota Serang Provinsi Banten, sudah berjalan dengan efektif dilihat dari unsur efektivitas. Unsur efektivitas yang diteliti meliputi Ketepatan penentuan waktu, Ketepatan dalam menentukan pilihan, Ketepatan berpikir, Ketepatan dalam menentukan tujuan, dan Ketepatan sasaran. Hasil pelatihan Yogya Putri yang didapatkan berupa kecakapan kognitif atau pengetahuan, afektif atau sikap, dan psikomotor atau keterampilan. Faktor pendukung dalam Pelatihan Yogya Putri  yaitu instruktur yang sudah kompeten, sarana dan prasarana yang memadai, motivasi yang baik, dan lokasi yang strategis. Faktor penghambat pelatihan ini yaitu terdapat warga belajar yang menyepelekan pelatihan ini, terutama bagi warga belajar yang sudah pernah mengikuti pelatihan sebelumya, serta faktor penghambat lainnya yaitu instruktur yang sudah memiliki anak. Dapat disimpulkan bahwa Pelatihan Yogya Putri sudah berjalankan efektif karena unsur efektivitas Pelatihan Yogya Putri sudah berjalan dengan baik sesuai unsur efektivitas. Unsur efektivitas yang dimaksud yaitu ketepatan penentuan waktu, ketepatan dalam menentukan pilihan, ketepatan dalam menentukan tujuan, ketepatan sasaran.

 

Kata Kunci: Efektivitas, Pelatihan, Tata Rias Yogya Putri

Full Text:

XML

References


DAFTAR PUSTAKA

Abdulhak, Ishak & Suprayogi Ugi, (2012).Penelitian Tindakan Dalam Pendidikan Nonformal, Jakarta : Grafindo Persada Raja

Anwar, (2012). Pendidikan Kecakapan Hidup (Life Skills Education), Bandung : Alfabeta

Danim, Sudarwan, (2004). Motivasi Kepemimpinan dan Efektivitas Kelompok, Jakarta : PT Rineka Cipta

Departemen Pendidikan Nasional, (2003). Life Skills Pendidikan Kecakapan Hidup, Jakarta : Depdiknas

Kartika, Ikka dkk, (2001). Mengelola Pelatihan Partisipatif, Bandung : Alfabeta

Http://www.lifeskills-stl.org/page2.html)

Januar, Nurmala Tria (2016). Efektivitas Pelatihan Tata Kecantikan Rambut dalam Meningkatkan Kecakapan Hidup Warga Belajar di Balai Pelayanan Pendidikan Non Formal (BPPNF) Provinsi Banten

Joesoef, Soelaiman, (2008). Konsep Dasar Pendidikan Luar Sekolah, Jakarta : Bumi Aksara

Kamil, Mustofa, (2010). Model Pendidikan dan Pelatihan (Konsep dan Aplikasi), Bandung : Alfabeta

Kamus Besar Bahasa Indonesia, (2002). Jakarta : Balai Pustaka

Kaswan, (2013). Pelatihan dan Pengembangan untuk Meningkatkan Kinerja SDM, Bandung : Alfabeta

Jalil, Abdul, (2008). Teologi Buruh, Yogyakarta : LKis Yogyakarta

J. Moleong, Lexy (2006). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : PT Rosdakarya

Makmur, (2011). Efektivitas Kebijakan Kelembagaan Pengawasan. Bandung: PT.Refika Aditama

Marzuki, Saleh, (2010). Pendidikan Nonformal Dimensi dalam Keaksaraan Fungsional, Pelatihan, dan Andragogi, Bandung : Rosda

Modul Tata Rias Pengantin : Lembaga Sertifikasi Kompetensi Tata Rias Pengantin

Pribadi, A Benny, (2014). Desain dan Pengembangan Program Pelatihan Berbasis Kompetensi, Jakarta : Kencana

Ruky, S Ahmad, (2002). Sukses Sebagai Manajer Professional Tanpa Gelar MM dan MBA, Jakarta : gramedia pustaka utama

Satori, Djam’an, (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung : Alfabeta

Sri, Supadmi Murtiadji dan Suwardanijaja, (1993). Tata Rias Pengantin Gaya Yogyakarta, Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sudjana, Djudju, (2010). Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah, Bandung : Rosda

Sugiyono, (2011). Metode Penelitian kuantitatif kualitatif dan R&D, Bandung : Alfabeta

Suryana, Agus, (2006). Panduan Praktis Mengelola Pelatihan, Jakarta : Edsa Mahkota

Suwandi, dan Basrowi (2008). Memahami Penelitian Kualitatif, Jakarta : Rineka Cipta

Abdulhak, ishak &Suprayogi Ugi, (2012). Penelitian Tindakan Dalam Pendidikan Nonformal, Jakarta : Grafindo Persada Raja

Yosodipuro, Marmien Sardjono, (2006). Rias Pengantin Gaya Yogyakarta Dengan Segala Upacaranya, Yogyakarta : Kanisius


Refbacks

  • There are currently no refbacks.