PERAN POSYANDU LANSIA DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN LANJUT USIA DI POSYANDU LANSIA SEJAHTERA KELURAHAN PASIRMUNCANG

Azizah Nurul Karohmah Ilyas

Abstract


PERAN POSYANDU LANSIA

DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN LANJUT USIA

DI POSYANDU LANSIA SEJAHTERA KELURAHAN PASIRMUNCANG

 

Elderly Health Care Center (Posyandu) Role

In Improving The Welfare Of Elderly

in Elderly Health Care Center Sejahtera Village Pasirmuncang

 

Azizah Nurul Karohmah, Ilyas

 

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Nonformal FIP Universitas Negeri Semarang

Semarang 50229, Indonesia

Email: pls2.12060@gmail.com, ilyas.pnf@mail.unnes.ac.id

 

Abstrak:

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi kesejahteraan lanjut usia ditinjau dari keikutsertaan pada Posyandu Lansia Sejahtera, mendeskripsikan peran posyandu lansia terhadap kesejahteraan lanjut usia yang menjadi anggota di Posyandu Lansia Sejahtera, serta faktor-faktor yang mempengaruhi pelaksanaan Posyandu Lansia Sejahtera. Metode penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, metode, teori. Teknik analisis data mulai dari pengumpulan data, reduksi data, simpulan/verifikasi, dan penyajian data. Penelitian dilakukan di Posyandu Lansia Sejahtera terletak di RW V Kelurahan Pasirmuncang Kelurahan Purwokerto Barat, dengan mengambil subjek lansia yang menjadi anggota dan pengelola. Informan yang dijadikan penguat informasi subjek yaitu dari keluarga lansia, dan kader Posyandu Lansia Sejahtera. Peran dari program posyandu lansia sejahtera dimaksudkan untuk sebagai mitra pemerintah dalam meningkatkan usaha pelayanan kesejahteraan sosial khususnya bagi lansia yang umumnya membutuhkan bantuan dalam pemenuhan kebutuhan dan serta tidak bisa sejahtera. selain sebagai mitra pemerintah dan penyokong kebutuhan bagi lansia juga menjadi sarana rekreasi dan dapat bersosialisasi dengan teman sebaya  ditengah kondisi mereka yang memiliki banyak waktu luang dan kesepian.

Kata Kunci: peran, posyandu lansia, kesejahteraan.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Adi, Isbandi Rukminto. 2013. Kesejahteraan Sosial (Pekerjaan Sosial, pembanguan Sosial, dan Kajian Pembangunan) Suatu Pengantar. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada.

Fiori, L.Katherine. et al. 2006. Social Network Typologies and Mental Health Among Older Adults. University of Michigan. Journal of Gerontology: PSYCHOLOGICAL SCIENCES, Vol. 61B, No. 1, P25–P32.

Fitri, A’an Widiastuti Griya., Sungkowo Edy M. 2015. Peran Kelompok Bermain dalam Proses Sosialisasi Anak Usia Dini di Kecamatan Sukorejo Kabupaten Kendal. Journal of Non Formal Eduvation and Community Empowerment: Semarang State University. Vol. IV, No. 8, 36-47.

Moleong, Lexy J. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2007. Kesehatan Masyarakat Ilmu dan Seni. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Pruchno, R.A., Wilson-Genderson, M., & Cartwright, F. 2010. A TWO-FACTOR MODEL OF SUCCESSFUL AGING. Oxford University Press. Journal of Gerontology: Psychological Sciences, Vol.65B(6), 671–679.

Republik Indonesia. 1998. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 1998 tentang Kesejahteraan Lanjut Usia. Jakarta.

Republik Indonesia. 2009. Undang-Undang Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2011 tentang Kesejahteraan Sosial. Jakarta.

Sudjana. 2004. Pendidikan Nonformal (Nonformal Education). Bandung: Falah Production.

Soekanto, Soerjono. 2012. Sosiologi Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sumarmi & Desmawati, Liliek. 2015. Peran Kader Posyandu Sebagai Agen Pembaru Bagi Lansia di Dukuh Rejosari Kelurahan Ngijo Kecamatan Gunungpati Kota Semarang. Journal of Non Formal Eduvation and Community Empowerment: Semarang State University. Vol. IV, No.6, 15-25

Walgito, Bimo. 2005. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: CV. Andi Offset.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v2i2.2956

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung