PENGELOLAAN PEMBELAJARAN KURSUS KOMPUTER DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN (LKP) ALFABANK KOTA SEMARANG

William Rizaldi Joko Sutarto

Abstract


PENGELOLAAN PEMBELAJARAN KURSUS KOMPUTER

DI LEMBAGA KURSUS DAN PELATIHAN (LKP) ALFABANK

KOTA SEMARANG

William Rizaldi, Joko Sutarto

Jurusan PLS FIP UNNES

E-mail : pls1.12028@gmail.com

jokotarto@mail.unnes.ac.id

 

 

Abstrak   

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengelolaan pembelajaran, serta faktor yang mendukung dan menghambat dalam pengelolaan pembelajaran kursus komputer di LKP Alfabank Kota Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Subjek penelitian adalah 1 orang pengelola, 2 orang instruktur, dan 3 orang peserta kursus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan ketekukan pengamatan. Teknik analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitiannya ialah pengelolaan pembelajaran dari perencanaan dengan menyusun silabus dan RPP, pelaksanaan yaitu kegiatan pendahuluan, inti, dan penutup serta tindak lanjut, evaluasi pembelajaran dimulai dari perencanaan, pelaksanaan, kurikulum sarana dan prasarananya. Pihak eksternal yang mengevaluasi yaitu BAN-PNF untuk akreditasi. Faktor pendukungnya adalah kualitas mengajar instruktur, penggunaan aplikasi Netop Teacher dalam pembelajaran, dan sertifikat yang terakrediatasi “A”. Faktor yang menghambat ialah belum tersedianya genset dan kesiapan mengajar instruktur yang terganggu karena pergantian jadwal mengajar.

 

Kata kunci : Pengelolaan pembelajaran, kursus komputer.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Ahmadi, Khoiru dan Sofan Amri. 2011. PAIKEM GEMBROT (Mengembangkan Pembelajaran Aktif, Inovatif, Kreatif, Efektif, Menyenangkan, Gembira dan Berbobot). Jakarta : PT. Prestasi Pustakaraya.

Arudam, 2015. Pengertian Kursus. http://kanalku.blogspot.co.id/2015/07/pengertian-kursus.html/. (Diakses pada tanggal 11 Februari 2016, pukul 22:40 WIB).

Hamalik, Oemar. 2008. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta : Bumi Aksara.

Ibrahim, R dan Nana Syaodih. 2003. Perencanaan Pengajaran. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Kulshrestha, Arun Kumar, Arti Singh dan Kratika Kumari. 2014. How To Develop Inquiry Based Learning Material. International Journal of Advanced Research. Volume 2, No. 5. https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=http://www.4-h.org/Resource-Library/Curiculum. (Diunduh pada tanggal 17 April, pukul 19.45 WIB).

Moleong, Lexy J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung : Remaja Rosdakaraya.

Nurhalim, Khomsun. 2014. Strategi Pembelajaran Pendidikan Non Formal. Semarang : Universitas Negeri Semarang Press.

Nurhandoko, Hilyar. 2009. Model Pembelajaran Kursus Komputer di Lembaga Kursus Adias Sindo Cerdas (ASC) (Studi Kasus Salah Satu Lembaga Kursus Komputer di Jalan Sindoro No.39 Kabupaten Pemalang) (SKRIPSI). Semarang : Universeitas Negeri Semarang.

Rifa’i, Ahmad. 2009. Desain Pembelajaran Orang Dewasa. Semarang : Universitas Negeri Semarang Press.

Rifa’i, Ahmad dan Catharina T.A. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang : Pusat Pengembangan MKU-MKDK Universitas Negeri Semarang.

Rooijakkers, Ad. 2006. Mengajar Dengan Sukses. Jakarta : PT. Grasindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v2i2.2958

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung