STRATEGI PEMBELAJARAN ANAK AUTIS DI SLB AUTISMA YOGASMARA, SEMARANG

Titi, Liliek

Abstract


STRATEGI PEMBELAJARAN ANAK AUTIS DI SLB AUTISMA YOGASMARA, SEMARANG

 

Titi Ivony, Liliek Desmawati

Jurusan Pendidikan Nonformal Fakultas Ilmu Pendidikan

Universitas Negeri Semarang

Email  : tivony15@gmail.com,

 

ABSTRAK

 

 

Strategi pembelajaran yang digunakan dalam pembelajaran anak autis di SLB Autisma Yogasmara ada 4 macam, yaitu 1).SI (Sensori Integrasi); 2)Terapi Okupasi; 3)Terapi Bermain; dan 4) IP (Intervensi Perilaku). Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan strategi pembelajaran yang digunakan di SLB Autisma Yogasmara serta kelebihan dan kekurangan dari strategi yang digunakan. Subyek dari penelitian ini adalah pengajar, kepala sekolah dan juga orang tua murid. Pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data dengan menggunakan triangulasi sumber dan teori. Teknik analisis data dengan menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data,dan penarikan simpulan. Hasil penelitian adalah strategi pembelajaran yang digunakan sudah disesuaikan dengan kebutuhan anak itu sendiri,kelebihan dari semua strategi sesuai dengan kebutuhan anak, kekurangan terkadang anak kurang nyaman dengan strategi yang diberikan.

Kata kunci : Strategi Pembelajaran, Autisme

Full Text:

PDF

References


Bonnice, Sherry. 2009. Anak Yang Tersembunyi. Klaten: PT Intan Sejati

Bradway, Lauren.2003.Pola-pola Belajar.Jakarta :Inisiasi Press

Delphie,Bandi. 2009. Pendidikan Anak Autistik. Klaten: PT Intan Sejati

Gagne,R.1981.The Conditions of Learning.New York:Holt,Rinehart and Winston

Hidayat, Dayat. 2016. Strategi Pembelajara Partisipatif dalam Meningkatkan Hasil Program PNF di Kabupaten Karawang. Journal of Nonformal Eucatian, Vol 2. No 1.

Rifa’i, Achmad.2012.Psikologi Pendidikan.Semarang :UNNES Press

Sugiyono.2013.Metode Penelitian Pendidikan, Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung :Alfabeta

Screibman.1988.International Jurnal of Special Education, Vol 17.No. 2




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v3i1.3512

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung