STRATEGI PEMBELAJARAN SMART SOLUTION DAN REMEDIAL ENRICHMENT CONSULTING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK

Agus, Bagus

Abstract


STRATEGI PEMBELAJARAN SMART SOLUTION DAN REMEDIAL ENRICHMENT CONSULTING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK

 

Agus Solehudin, Bagus Kisworo

Jurusan Pendidikan Nonformal Fakultas Ilmu Pendidikan

Universitas Negeri Semarang

Email : agussolehudin@students.unnes.ac.id, bagus.kisworo@mail.unnes.ac.id

Abstrak :

Penelitian ini mengacu pada permasalahan strategi pembelajaran Smart Solution (SS) dan Remedial Enrichment Consulting (REC) dalam meningkatkan motivasi belajar terhadap peserta didik. Tujuannya mendeskripsikan strategi pembelajaran SS dan REC, Hambatan yang terjadi terhadap peserta didik, dan Faktor pendukung.  Pendekatan Penelitian yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kualitatif. Subyek penelitian berjumlah delapan orang. Pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Triangulasi dilakukan untuk menjelaskan keabsahan data dengan menggunakan sumber, teori dan metode. Prosedur analisis data adalah pengumpulan data, penyajian data, reduksi data, dan pengambilan kesimpulan menggunakan model interaktif Miles-Huberman. Strategi ini sangat berguna bagi peserta didik karena berbeda dengan yang ada di sekolah, peserta didik diajak pada suasana yang menyenangkan, serta kebiasaan berfikir kreatif dengan SS. Hambatannya adalah peserta didik yang malas, pembelajaran yang tidak efektif, motivasi belajar yang kurang. Faktor pendukungnya adalah Diri Sendiri harus semangat dan giat belajar untuk mencapai tujuan, serta Orangtua dan Keluarga selalu mendukung dalam kegiatannya.

Kata Kunci : Implementasi Strategi Pembelajaran; Motivasi Belajar.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Sudjana, S. Djudju. 2004. Pendidikan Nonformal :Wawasan, Sejarah Perkembangan, Filsafat & Teori Pendukung, serta Asas. Bandung: Falah Production.

Uno, Hamzah B. 2014. Perencanaan Pembelajaran.Jakarta: PT Bumi Aksara.

_____________. 2014. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif.Jakarta: PT Bumi Aksara.

_____________. 2015. Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Prayitno. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Masruroh, Erma. 2012. “Metode Reward dan Punishment Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Akidah Akhlak Kelas VII C MTs Negeri Ngemplak Sleman”. Skripsi, jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Moleong, Lexy.2013.Metode Penelitian Kualitatif.Bandung: PT Rosdakarya.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Miles, M. B, & Huberman, A. M. 2009. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Hyoscyamina, Darosy Endah. 2011. “Peran Keluarga dalam Membangun Karakter Anak”. Ejournal Psikologi Undip. Vol. 10, No. 2, Oktober 2011. http://www.ejournal.undip.ac.id/index.php/psikologi/article/view/2887 diakses 20 juli 2016.

Ramage, Charlotte. 2014,"Learning to learn through university accredited work-based learning: a threshold conception", Journal of Workplace Learning, Vol. 26 Iss 8 pp. 488 – 510. http://dx.doi.org/10.1108/JWL-06-2013-0042 diakses 24 March 2016, At: 08:14

Majid, Abdul.2014. Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Clarke, Elizabeth. 2009, “Learning Outcomes From Business Simulation Exercises”. Emerald Insight Education + Training Volume 51 Issue 5/6 pp. 448-459.

Bungin, M. Berhan. 2010. Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, Kebijakan Publik, dan Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: Kencana.

Riyanti, Eko & Khoir HS, Abdul. 2011. “Metode Bimbingan Belajar di Primagama (Studi Deskriptif di Lembaga Bimbingan Belajar Primagama)”. Jurnal Universitas Islam 45 Bekasi, Turats, Vol. 7, No. 1, http://www.ejournal-unisma.net/ojs/index.php/turats/article/view/85/80 diakses 20 juli 2016.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v3i1.3513

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0


 

Penghitung Bendera

Statistik Pengunjung