PERAN TUTOR DALAM MENGEMBANGKAN MOTIVASI BERPRESTASI WARGA BELAJAR PAKET C DI PKBM DHARMA BEKTI KECAMATAN CIBINONG BOGOR

Asri Maudyna Fatma

Abstract


PERAN TUTOR DALAM MENGEMBANGKAN MOTIVASI BERPRESTASI

WARGA BELAJAR PAKET C DI PKBM DHARMA BEKTI

KECAMATAN CIBINONG BOGOR

 

Asri Maudyna Fatma

asri.maudyna.97@gmail.com

Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

 

Abstrak

 

Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui (1) Peran tutor mengembangkan motivasi berprestasi warga belajar paket C di pusat kegiatan belajar masyarakat Dharma Bekti (2) Motivasi berprestasi warga belajar paket C di pusat kegiatan belajar masyarakat Dharma Bekti (3) Faktor pendukung dan faktor penghambat yang turut serta dalam mempengaruhi motivasi berprestasi warga belajar paket C di pusat kegiatan belajar masyarakat Dharma Bekti. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif, artinya penelitian dilakukan untuk membuat deskripsi, gambaran, atau lukisan secara sistematis, faktual, dan akurat mengenai faktafakta, sifat-sifat serta hubungan antar fenomena yang diselidiki. Dalam penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif didasarkan pada data yang diperoleh melalui : (1) Observasi (2) Wawancara (3) Studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Tutor telah menjalankan perannya sesuai dengan tugas pokok dan fungsi seorang tutor atau guru sebagai informator, organisator, motivator, pengarah atau pembimbing, inisiator, fasilitator, mediator, dan evaluator. (2) Motivasi yang timbul dalam diri individu warga belajar paket C menunjukkan kesesuaian dengan karakteristik motivasi berprestasi yaitu suka mengambil risiko, memerlukan umpan balik, memperhitungkan keberhasilan dan menyatu dengan tugas. Setelah motivasi berprestasi warga belajar dikembangkan dan dikuatkan, dapat menghasilkan kualitas hasil belajar yang baik. Warga belajar secara aktif mengikuti proses pembelajaran namun dengan kemampuan berpikir yang berbeda-beda, hasil belajar yang dimiliki pun bergantung kemampuan warga belajar itu sendiri. (3) Tidak adanya kesempurnaan dalam segala sesuatu, berkaitan pula dengan kegiatan pembelajaran kesetaraan paket C yang memiliki faktor pendukung dan faktor penghambat yang diantaranya adalah sumber belajar, sarana dan psarana, waktu, dana dan motivasi.

Kata Kunci : Peran Tutor, Motivasi Berprestasi, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Abdulhak, Ishak. 2012. Penelitian Tindakan dalam Pendidikan Nonformal. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Alwi, Hasan. 2013. Kamus Besar Bahasa Indonesia Edisi 4. Jakarta: Balai Pustaka

A.M, Sardiman. 2010. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

____________. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Arikunto, Suharsimi. 2015. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 2. Jakarta: Bumi Aksara

________________. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta

Djaali. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Djamarah, Syaiful Bahri. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta : Rineka Cipta.

Hamalik, Oemar. 2004. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara

Kamil, Mustofa. 2011. Pendidikan Nonformal, Pengembangan Melalui Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) di Indonesia (Sebuah Pembelajaran dari Kominkan Jepang). Bandung: Alfabeta

Komarudin. 2001. Ensiklopedia Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara

Kompri. 2015. Motivasi Pembelajaran (Perspektif Guru dan Siswa). Bandung: Remaja Rosdakarya

Majid, Abdul. 2011. Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Standar Komptensi Guru). Bandung: Remaja Rosdakarya

Masiku, Abi. 2003. Pembelajaran Tutorial. Yogyakarta: Gava Media

Nasution, S. 2003. Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Bandung: Tarsito

Santrock, John W. 2009. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Salemba Humanika

Siagian, Sondang P. 2004. Teori Motivasi dan Aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta

Soekanto, Soerjono. 2009. Sosiologi Suatu Pengantar Edisi Baru. Jakarta: Rajawali Pers

Sudjana, Djudju. 2008. Evaluasi Program Pendidikan Luar Sekolah (Untuk Pendidikan Nonformal dan Pengembangan Sumber Daya Manusia). Bandung: Remaja Rosdakarya

_____________. 2017. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Syah, Muhibbin. 2015. Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Thoha, Miftah. 2011. Perilaku Organisasi (Konsep Dasar dan Aplikasinya). Jakarta: Raja Grafindo Perkasa

Walgito, Bimo. 2004. Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Andi Offset

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor 15 Tahun 2010 tentang Jabatan Fungsional Pamong Belajar dan Angka Kreditnya

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

http://ejournal.upi.edu/index.php/PNFI/article/download/5588/3794

https://harirotunnadhiroh.wordpress.com/2013/04/22/fungsi-dan-tugas-tutor-fasilitator-dalam-pendidikan-orang-dewasa/ https://uharsputra.wordpress.com/pendidikan/pendidikan-nonformal

http://pasca.um.ac.id/conferences/index.php/por/article/download/673/355

https://www.google.co.id/url?sa=t&source=web&rct=j&url=https://journal.unnes.ac.id/sju/




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/e-plus.v3i2.4898

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus) dibuat di bawah  Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0

 

Penghitung Bendera