Profil Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa dan Korelasinya dengan Indeks Prestasi Akademik

Rahmat Rasmawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeksripsikan keterampilan berpikir kritis mahasiswa serta korelasinya terhadap penguasaan konsep keilmuwan yang ditandai dengan nilai indeks prestasi akademik. Bentuk penelitian ini adalah deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah26 orang Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Untan semester V tahun akademik 2015/2016.Keterampilan berpikir kritis mahasiswa diukur dengan menggunakan tes keterampilan berpikir kritis yang diadopsi dari Collegiate Assessment of Academic Proficiency (CAAP) Critical Thinking Questions Booklet. Nilai indeks prestasi akademik mahasiswa diketahui dari dokumen pencapaian hasil studi mahasiswa. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa keterampilan berpikir kritis mahasiswa kurang memuaskan. 86% mahasiswa berada pada kategori kurang terampil dan tidak terampil serta memiliki korelasi yang lemah dengan indeks prestasi akademik dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,26.

Keywords


Keterampilan Berpikir Kritis; Indeks Prestasi Akademik

Full Text:

PDF

References


Bahr, N. 2010. Thinking Critically about Critical Thinking inHigher Education. International Journal for the Scholarship ofTeaching and Learning Vol 4 (2) 1 – 16.

Bahriah, ES. 2017. Analisis Kemampuan Pedagogical Content Knowledge Mahasiswa Calon Guru Kimia MA/SMA. Jurnal EduChemia Vol 2 (1) 73 – 87.

Bretz, L. 2008. Chemistry in the National Science Education Standards 2nd Edition. New York: National Academic Press.

Ennis, R.H. 1996. Critical Thinking. New York: Prentice Hall.

Fisher. 2006. Critical Thinking: An Introduction (terjemahan). Alih bahasa: Benyamin Hadinata. Jakarta: Erlangga.

Ibrahim, M. 2010. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Surabaya: Unesa University Press.

Liliasari. 2007. Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Sains Kimia Menuju Profesionalitas Guru. Bandung: Pascasarjana UPI.

Lowery, (2000). NSTA Pathways to The Science Standard. Arlington: National Science Teacher Association

Paul and Elder. 2008. The Miniature Guide of Critical Thinking: Concepts and Tools. 28thAnnual International Conference on Critical Thinking. Fundations for Critical Thinking Press.

Rodrigues,A.and Oliveira,M. (2008).The Role Of Critical Thinking In Physics Learning. Onlinehttp://lsg.ucy.ac.cy/ girep2008/papers/THE%20ROLE%20OF%20CRITICAL%20THINKING.pdf. Diakses tanggal 20 Januari 2016.

Scott, S. 2012. Perceptions of Students’ Learning Critical Thinking through Debate in a Technology Classroom: A Case Study. The Journal of Technology Studies Vol 21 (2) hal 39 – 44.

Solso. 2008. Psikologi Kognitif, Edisi Kedelapan (terjemahan). Jakarta: Erlangga.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/educhemia.v2i2.1101

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rahmat Rasmawan

EduChemia Indexed by:

Hasil gambar untuk logo google scholar     Hasil gambar untuk logo DOAJ

 

 

Hasil gambar untuk logo IPI garuda

 

Hasil gambar untuk logo sinta dikti