PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS (TGT) PADA MATERI REDOKS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

R. Hiliasih, Evi Sapinatul Bahriah, Robby Zidny

Abstract


Abstract: This study aims to increase students' motivation through cooperative learning model type Teams Games Tournament (TGT) on the redox material. The method used is classroom action research with two cycles. Samples were 10 grade students of SMAN 5 Tangerang City. Data collection techniques gained through an essay test instruments and motivation questionnaire. Data were analyzed student motivation questionnaire average value in the description and essay tests were analyzed by calculating the value of N-Gain (%). The results showed that: (1) the average value of students' motivation to learn chemistry after participating TGT cooperative learning both in the first cycle and the second cycle were increased, 73.53 (medium category) and 79.44 (high category) respectively. (2) The percentage of the average value of the N-Gain (%) in the first cycle is at 69.53 (medium category). While on the second cycle percentage of the average value of the N-Gain (%) amounted to 79.72 (high category). (3) The percentage of students who achieve the minimum criteria of mastery learning (KKM )in the first cycle of 65.79% and the second cycle of 78.95%. This shows that the cooperative learning model type Teams Games Tournament (TGT) can increase learning motivation and mastery of the concept dvof redox chemistry students.

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada materi redoks. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan 2 siklus. Sampel penelitian adalah siswa kelas X SMAN 5 Kota Tangerang Selatan. Teknik pengumpulan data diperoleh melalui instrumen tes esai dan angket motivasi. Data hasil angket motivasi siswa dianalisis nilai rata-ratanya secara deskripsi dan tes esai dianalisis dengan cara menghitung nilai N-Gain (%). Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) nilai rata-rata motivasi belajar kimia siswa dengan menggunakan model Teams Games Tournament (TGT) mengalami peningkatan baik pada siklus I maupun pada siklus II. Nilai rata-rata motivasi belajar siswa pada siklus I adalah sebesar 73,53 (kategori sedang) sedangkan pada siklus II sebesar 79,44 (kategori tinggi). (2) Persentase nilai rata-rata N-Gain (%) pada siklus I adalah sebesar 69,53 (kategori sedang), sedangkan pada siklus II persentase nilai rata-rata N-Gain (%) adalah sebesar 79,72 (kategori tinggi). (3) Persentase jumlah siswa yang mencapai nilai Kriteria Kelulusan Minimal (KKM) pada siklus I sebesar 65,79% dan pada siklus II sebesar 78,95%. Hal ini menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) dapat meningkatkan motivasi belajar dan penguasaan konsep redoks kimia siswa.


Keywords


Motivasi Belajar; Pembelajaran Kooperatif; Teams Games Tournaments (TGT); Penguasaan konsep; Redoks

Full Text:

PDF

References


Dimyati 1999, Belajar dan Pembelajaran, Jakarta, Rineka Cipta.

Djamarah, dkk. 2010, Strategi Belajar Mengajar, Jakarta, Rineka Cipta.

Hake, R. R. 1999, Analizing Change/ Gain Scores, [Online] (http://www.physics.indiana.edu/-sdi/Analyzingchange- Gain.pdf).

Iklilul Millah. 2013, Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT ( Teams Games Tournament Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X SMA Laboratorium UM Pada Materi Hidrokarbon, Malang, Fakultas MIPA UM.

Lie A. 2002, Cooperative Learning: Mempraktekkan Cooperative Learning di Ruang-Ruang Kelas. Jakarta, PT Gramedia Widiasarana.

Meltzer, D.E. 2002, The Relationship between Mathematic Preparation and Conseptual Learning Grains in Physics: A Possible “Hidden Variable in Diagnostice Pretest Scores, American Journal of Physics, Vol.70, No.12, ISSN. hh. 1256 – 1268.

Mulyasa, E. 2005. Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif Dan Menyenangkan, Bandung, PT. Remaja Rosdakarya.

Sardiman A.M. 2007, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta, PT. Raja Grafindo Persada.

Slameto 2010, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, Jakarta, Rineka Cipta.

Slavin & Robbert E. 1997, Cooperative Learning Theory, Research, and Practice. USA, Allyn and Daco.

Wasti S. 2006, Pendidikan Psikologi, Jakarta, Rineka Cipta.

Zulaika Marta Sani, Sudarmin, Sri Nurhayati, April. 2016. Pembelajaran Team Game Tournament Berbantuan Media Number Card Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa. Journal Scientia Indonesia. Vol 1, No. 1.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/educhemia.v2i1.1209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 R. Hiliasih, Evi Sapinatul Bahriah, Robby Zidny

EduChemia Indexed by:

Hasil gambar untuk logo google scholar     Hasil gambar untuk logo DOAJ

 

 

Hasil gambar untuk logo IPI garuda

 

Hasil gambar untuk logo sinta dikti