Pengaruh Model Daur Belajar Enam Fase-STAD Terhadap Hasil dan Motivasi Belajar Siswa pada Materi Asam Basa

Anike Sem, Srini Iskandar, Sri Rahayu

Abstract


Model Pembelajaran Learning Cycle menekankan pada masalah rendahnya hasil belajar siswa dan mendorong motivasi belajar siswa selama proses pembelajaran. Model pembelajaran Learning Cycle dapat dipadukan dengan model pembelajaran STAD pada fase elaborasi. Perpaduan tersebut bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar dan motivasi siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran LC 6E-STAD dengan siswa yang dibelajarkan dengan model pembelajaran LC 6E. Penelitian ini menggunakan rancangan eksperimen semu. Sampel penelitian terdiri dari dua kelas XI IPA yang dipilih secara random sampling. Instrumen penelitian terdiri atas tes pilihan ganda materi asam basa dan angket motivasi yang valid dan reliabel. Data hasil belajar dan motivasi siswa dianalisis secara deskriptif dan statistik dengan menggunakan uji t pada taraf sig. α = 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan hasil belajar dan motivasi belajar antara siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran LC 6E-STAD dengan siswa yang dibelajarkan menggunakan model pembelajaran LC 6E pada materi asam basa. Hasil belajar kognitif dan psikomotor siswa kelas LC 6E-STAD lebih baik dari kelas LC 6E. Motivasi belajar siswa pada kelas LC 6E-STAD lebih meningkat dibanding motivasi belajar pada kelas LC 6E.

Keywords


Learning Cycle; Learning Cycle -STAD; hasil belajar; motivasi belajar; Asam Basa

Full Text:

PDF

References


Agistria, R. (2015), Pengaruh model pembelajaran Learning Cycle 5E dan Learning Cycle 5E-STAD terhadap hasil belajar siswa kelas X IPA SMAN 10 Malang Pada Materi Redoks. Skripsi tidak diterbitkan. Malang: UM.

Arends, R. I. (2008). Learning to Teach Belajar untuk Mengajar. Edisi Kedua. Buku Dua. Yogyakarta: PT Pustaka Pelajar.

Budiasih, E. dan Widarti, H.R. (2004). Penerapan Pendekatan Daur Belajar (Learning Cycle Dalam Pembelajaran Matakuliah Praktikum Analisis Instrument. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.Vol. 10. Hal: 70-78.

Bybee, R., Taylor, J., Gardner, A., Scottr, P., Powell, J., Westbrook, A., LandesN. (2006). The BSCS 5E Instructional Model: Origins and Effectiveness. A Report Prepared for Office of Science Education Nation Institutes of Health: BSCS Colorado Springs, CO, (Online), (Http://science.Education.nih.gov/houseofreps.nsf/Appendix), diakses 5 Februari 2015.

Chang, R. (2003). General Chemistry: The Essential Concepts Third Editions. Terjemahan oleh Suminar Setiati Achmadi, Ph.D. 2005. Jakarta: Erlangga.

Dahar, R. W. (2011). Teori-teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Dindar, C.A., dan Geban, O. 2011. What Affect High School Student’ Chemistry Learning?. Journal of Education Science. 439-442.

Effendy. 2010. A-Level Chemistry for Senior High School Students Based on 2007. Cambridge Curriculum Volume 1A. Malang: Bayumedia Publishig.

Fajaroh, F. dan Dasna, I, W. 2003. Penggunaan Model Pembelajaran Larning Cycle untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kimia Zat Aditif dalam Bahan Makanan pada Siswa Kelas II SMU Negeri I Tumpang Malang. Malang: Lembaga Penelitian UM.

Iskandar, S.M. 2004. Learning Cycle dan Problem Posing. Makalah disajikan dalam Workshop kegiatan piloting JICA-INSTEP FMIPA UM dengan tema peningkatan kualitas pembelajaran konstruktivistik, Jurusan Kimia UM, 29-31 Januari.

Ismurini. 2013. Perbedaan Hasil Belajar Materi Asam Basa pada Penerapan Pembelajaran LC 5E dan LC 5E-STAD bagi Siswa Kelas X SMK Negeri 7 Malang. Skripsi tidak diterbitkan: FMIPA Universitas Negeri Malang.

Lestari, N. N 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (problem Based Learning) dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Fisika Bagi Siswa Kelas VII. Artikel Journal Pendidikan Ganesha.

Nashar. 2004. Peranan Motivasi dan Kemampuan Awal dalam Kegiatan Pembelajaran. Jakarta: Delila Press.

Nawawi, H. 2003. Metode Penelitan Bidag Sosial. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Opara, F., & Waswa, P. 2013. Enhanching Students’ Achievement in Chemistry through the Piagetian Model: The Learning Cycle. International Journal of Cross-Disciplinary Subjects in Education (IJCDSE). 4(4): 1270-1278.

Purwati, L. 2015. Pengaruh Strategi Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL) Pada Pembelajaran Kimia Topik Tanah Materi Asam Basa Terhadap Motivasi Kreaktivitas dan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMK Pertanian. Tesis. Tidak dipublikasikan.

Rubianus. 2008. Keefektifan model Learning Cycle terhadap Hasil Belajar Kimia Siswa Kelas XI SMA Negeri I Makalele dari Tingkatan Motivasi Belajar yang Berbeda. Tesis tidak diterbitkan. Malang. Program Pasca Sarjana UM.

Sanjaya, W. 2011. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Raja Grafindo persada.

Setyawati, I. 2012. Pengaruh Variasi Media pada Cooperative Learning Cycle 5E (CLC 5E) dan Kemampuan Awal Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa dalam Materi Laju Reaksi. Tesis tidak diterbitkan. Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang.

Setyosari, P. 1997. Model Pembelajaran Kontrutivistik. Sumber Belajar Kajian Teori dan Aplikasinya, ISSN 0054-8515.

Sirhan, G. 2007. Learnig Difficulties in Chemistry: An Overview. Journal of Turkish Science Education, 4(2), 2-20.

Slavin, R. E. 2008. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media.

Tanrere, M. 2009. Model Pembelajaran Kontruktivistik Realistik dengan Seting Kooperatif Serta Dampaknya Terhadap Konsep Pemahaman Kimia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Vol 13 No 2

Tuan, H.L., Chin, C.C., & Shieh, S.H. 2005. The Development of A Questionnaire to Measure Students’ Motivation Towards Science Learning. International Journal of Science Education, 27 (6): 639–654.

Uno, H. B. 2010. Teori Motivasi dan Pengukurannya Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

White, R.T 1996. The Link Beetween The Validity Study of the Student’ Motivation Toward Science Learning (SMTSL).

Wicaksono, A. T. 2013. Keefektifan Pembelajaran Larutan Penyangga Menggunakan Ceramah Demonstrasi dan Praktikum Berbantuan Diagram Vee Ditinjau Dari Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Tesis Tidak Diterbitkan, Program Studi Pendidikan Kimia, Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Zahri, F. 2010. Pengaruh model pembelajaran Learning Cycle terhadap Kualitas Proses, Hasil Belajar dan retensi Hasil Belajar Siswa pada Materi Pokok Asam Basa Kelas XI IPA SMAN 1 Indrapuri Aceh Besar. Tesis: Tidak diterbitkan. Malang, Pasca Sarjana Universitas Negeri Malang.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/educhemia.v4i1.1846

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Anike Sem, Srini Iskandar, Sri Rahayu

EduChemia Indexed by:

    

             

                                                                                                                                                                                      More Indecxing... 

 

Creative Commons License

EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

________________________________________________________

EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan) ISSN 2502-4778 (print) | ISSN 2502-4787 (online)
Published by Department of Chemistry Education - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Address : Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
Email  : educhemia@untirta.ac.id