Profil Kemampuan Berinkuiri Siswa SMA pada Topik Pengaruh Konsentrasi terhadap Laju Reaksi

Sri martini, Asep Kadarohman, Wahyu Sopandi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil kemampuan berinkuiri siswa SMA pada topik Pengaruh Konsentrasi terhadap Laju Reaksi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan subyek penelitian sebanyak lima kelas dari lima sekolah SMA yang berada di kota Bandung dan kabupaten Bandung Barat dengan jumlah 203 orang. Instrumen penelitian berupa tes kemampuan berinkuiri dan sebagai instrumen penunjang digunakan lembar wawancara serta studi dokumentasi. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa kemampuan berinkuiri pada topik Pengaruh Konsentrasi terhadap Laju Reaksi bervariasi pada setiap aspeknya. Hal ini terbukti dari persentase keseluruhan setiap aspeknya dari yang paling tinggi sampai yang terendah adalah aspek menyimpulkan sebesar 87,19%, aspek interpretasi data sebesar 76,85%, aspek merumuskan hipotesis sebesar 49,26%, aspek merancang percobaan sebesar 37,44% dan aspek mengumpulkan data sebesar 25,62%. Sementara persentase siswa yang menjawab semua soal tes dengan benar adalah sebesar 1,48%.


Keywords


Profil; Inkuiri; Konsentrasi; laju reaksi

References


Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP), 2006, Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta. Badan Standar Nasional Pendidikan.

Departemen Pendidikan Nasional, 2003, Kurikulum 2004 SMA Standar Kompetensi Mata Pelajaran Kimia, Direktorat Pendidikan Menengah Umum, Jakarta.

Fardhilah, N. 2005, Efektivitas Penggunaan Strategi Belajar Mengajar Inkuiri Berbasis Eksperimen terhadap Prestasi Belajar Kimia Siswa SMA Kelas 2 Semester 1 Pokok Bahasan Laju Reaksi. [Online]. Tersedia: digilib.unnes.ac.id/gsdl/collect/wrdpdf-e/archives/HASH4d2b.../doc.pdf. [15 Februari 2010]

I

ndrawati, 2000, Keterampilan proses Sains/IPA. Bandung : Departemen pendidikan dan Kebudayaan.

Joyce, B., Weil, M.,& Calhoun, E.(2000). Models of Teaching. 6th edition. Boston: Allyn and Bacon.

Kustiyah, 2000, Penguasaan Keterampilan Siswa Merencanakan Percobaan dan Kesulitan-Kesulitannya. Tesis Program Pasca Sarjana UPI: Tidak diterbitkan.

Purwanto, N.M. 1996, Psikologi Pendidikan (Cetakan Kesebelas). Bandung: Remaja Rosda Karya.

Rustaman, N. 2003, Strategi Belajar Mengajar Biologi. Bandung. JICA-UPI.

Sari, Fitri Eka. et al. 2008, Penerapan Pendekatan Inkuiri untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Siswa pada pokok Bahasan Laju Reaksi Kelas XI IPA SMAN 1 Siak Sri Indrapura. Riau. Universitas Riau Pekanbaru.

Semiawan, et al. 1989, Pendekatan Keterampilan Proses: Bagaimana Mengaktifkan Siswa dalam Belajar. Jakarta. Gramedia.

Suyanti. 2010, Strategi Pembelajaran Kimia. Yogyakarta. Graha Ilmu.

Usman, M.U. 2003, Menjadi Guru Profesional Edisi Kedua (Cetakan kelima belas). Bandung. Remaja Rosdakarya.

Wulan, A.R. 2003, Permasalahan yang Dihadapi dalam Pemberdayaan Praktikum Biologi di SMU dan upaya Penanggulangannya. Tesis PPS UPI. Tidak Diterbitkan.

Wu, K.H, Krajcik J.S, and Soloway, E. 2000, Promoting Conceptual Understanding of Chemical Representations: Students’ Use of a Visualization Tool in the Classroom. Makalah pada Pertemuan Tahunan The National Association of Research in Science Teaching, New Orlean.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/educhemia.v3i1.2226

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License

EduChemia is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.  Copyright © Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Untirta). All rights reserved. p-ISSN 2502-4779  | e-ISSN 2502-4787