RETRACTED ARTICLE: Pengaruh Penerapan Flipped Classroom pada Mata Kuliah Kimia Dasar untuk Meningkatkan Self Regulated Learning

kelly sinaga

Abstract


Pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa dan aktif sering terhalangi dengan alokasi waktu perkuliahan yang diberikan, namun tujuan dalam struktur perkuliahan mata kuliah Kimia Dasar tetap harus diselesaikan. Hal ini membuat dosen sebagai pendidik memikirkan metode pengajaran yang sesuai dan mampu mengampu mata kuliah tersebut. Salah satu metode pengajaran yang dapat digunakan adalah flipped classroom, dimana pembelajaran dalam menggali dan memahami pengajaran dilakukan di luar kelas dan kegiatan interaktif dilakukan di dalam kelas. Oleh sebab itu, penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan flipped classroom dalam meningkatkan self-regulated learning mahasiswa pada mata kuliah Kimia Dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen kuasi dengan non-equivalent control group design. Teknik pengambilan sampel adalah cluster random sampling. Instrumen yang digunakan berupa lembar kuesioner SRL mahasiswa yang tekah divalidasi dan uji reliabilitasnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah Mann-Whitney U Test. Berdasarkan hasil analisis dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan flipped classroom memberikan peningkatan self-regulated learning mahasiswa pada mata kuliah Kimia Dasar di kelas eksperimen, namun belum memberikan peningkatan yang signifikan terhadap kelas kontrol.

Keywords


flipped classroom; self-regulated learning; kimia dasar

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. 2009, Dasar-dasar evaluasi pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Arnold-Garza, S. 2014, The flipped classroom teaching model and its use for information literacy instruction. Communications in Information Literacy, Vol. 8, No. 1, hh. 7-22.

Bergmann, J., & Sams, A. 2012, Flip your classroom: reach every students in every class every day. Eugene, Oregon, Washington DC: International Society for Technology in Education.

Damayanti, H. N., & Sutama. 2016, Efektivitas flipped classroom terhadap sikap dan ketrampilan belajar matematika di smk. Jurnal Managemen Pendidikan, Vol. 11, No. 2, hh. 2-8.

Gaughan, J. E. 2014, The flipped classroom in world history. The History Teacher, Vol. 47, No. 2, hh. 221-244.

Hui, T. H. 2011, Does a combination of metaphor and pairing activity help programming performance of students with different self-regulated learning level? TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, Vol. 10, No. 4, hh. 121-129.

Istiningrum, A. A. 2017, Peningkatan self-regulated learning skills mahasiswa pada mata kuliah akuntansi pengantar melalui problem-based learning. Cakrawala Pendidikan, Vol. XXXVI, No. 1, hh. 81-90.

Knight, G. R. 2006, Philosophy & education: An introduction in Christian perspective. Berrien Springs, Michigan: Andrews University Press.

Meltzer, D. E. 2002, The relationship between mathematics preparation and conceptual learning gain in physics: A possible "hidden variable" in diagnostic pretest score. Am. J. Phys., Vol. 70, No. 12, hh. 1259-1268. Diambil kembali dari http://ojps.aip.org/ajp/

Retnawati, H. 2015, Perbandingan akurasi penggunaan skala likert dan pilihan ganda untuk mengukur self-regulated learning. Jurnal Kependidikan, Vol. 45, No. 2, hh. 156-167.

Retnawati, H. 2016, Proving content validity of self-regulated learning scale (The comparison of aiken index and expanded gregory index). Research and Evaluation in Education, Vol. 2, No. 2, hh. 155-164. Diambil kembali dari http://journal.uny.ac.id/index.php/reid

Riduwan, & Sunarto, H. 2014, Pengantar statistika untuk penelitian: pendidikan, sosial, komunikasi, ekonomi, dan bisnis. Bandung: Alfabeta.

Santrock, J. W. 2006, Educational psychology (2nd ed.). New York: McGraw- Hill Companies.

Sukmadinata, N. S. 2011, Metode penelitian pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Trihendradi, C. 2013, Langkah mudah menguasai SPSS 21. Yogyakarta: ANDI.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/educhemia.v3i1.2626

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 kelly sinaga

EduChemia Indexed by:

    

             

                                                                                                                                                                                      More Indecxing... 

 

Creative Commons License

EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

________________________________________________________

EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan) ISSN 2502-4778 (print) | ISSN 2502-4787 (online)
Published by Department of Chemistry Education - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Address : Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
Email  : educhemia@untirta.ac.id