Analisis Keterampilan Metakognitif pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan melalui Model Pembelajaran Pemecahan Masalah

Djamilah Sudjana, Imas Eva Wijayanti

Abstract


Abstrak. Mata pelajaran kimia adalah salah satu mata pelajaran yang ditakuti para siswa karena banyak istilah yang digunakan dalam mempelajarinya, sehingga dibuat banyak strategi yang untuk memahaminya. Oleh karena itu telah dilakukan penelitian untuk melihat peningkatan keterampilan metakognitif, penguasaan konsep, dan pencapaian nilai KKM pada perhitungan kelarutan kimia dan hasil kali kelarutan melalui model pembelajaran problem solving. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan teknik pengumpulan data melalui deskripsi tes instrumen dan kuesioner keterampilan metakognitif dalam 2 siklus. Data kuesioner keterampilan metakognitif siswa dianalisis dengan skor rata-rata mereka dalam deskripsi dan tes esai dianalisis dengan menghitung nilai rata-rata persen dari setiap siklus. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Persentase rata-rata keterampilan metakognisi melalui kemampuan pemecahan masalah adalah 82,94% (kategori tinggi). (2) nilai rata-rata aktivitas belajar kimia siswa setelah mengikuti pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran problem solving 4,71 (skala likert 1 s.d. 5) termasuk kategori tinggi. (3) Persentase siswa yang mencapai skor KKM adalah 84,38%. Ini menunjukkan bahwa model pembelajaran pemecahan masalah dapat meningkatkan keterampilan metakognitif selain juga meningkatkan aktivitas siswa dalam pembelajaran.

Keywords


Metakognitif; kelarutan dan hasil kali kelarutan; pemecahan masalah; aktivitas siswa

Full Text:

PDF

References


Anderson, OW, Krathwohl, DR, 2001, ‘A Taxonomy For Learning, Teaching, and Assessing (A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educational Objectives)’, Addision Wesley Longman, Inc., New York.

Ariyanti, ND, Haryono, Masykuri, M, 2017, ‘Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Stoikiometri dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Solving Berbantuan Modul di Kelas X MIA 2 SMA Negeri 1 Banyudono Tahun Pelajaran 2015/2016’, Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), Vol. 6, No. 1, hh 62-68.

Chrismata, M, dkk, 2014, ‘Analisis Kemampuan Metakognitif siswa dalam pembelajaran Biologi melalui Assesmen Pemecahan Masalah di SMA Negeri 5 Kota Jambi’, diakses 4 mei 2018 http://www.ecampus.fkip.unja.ac.id/eskripsi/data/pdf/jurnal_mhs/artikel/A1C410049.pdf

Dewi, R, 2014, ‘Keterampilam Metakognitif Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Materi Larutan Penyangga melalui Model Pembelajaran Pemecahan Masalah, Universitas Pendidikan Indonesia, repository.upi.edu, Perpustakaan.upi.edu

Ernawati, D, 2015, ‘Upaya Peningkatan Prestasi Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas X Mia 7 Dengan Menggunakan Metode Pembelajaran Problem Solving Pada Materi Stoikiometri Di SMA Negeri 1 Sukoharjo Tahun Pelajaran 2014/2015’, Jurnal Pendidikan Kimia, Vol. 4, No.4, hh 17-26.

Gok, T, & Silay, I, 2010, ‘The Effects of Problem Solving Strategis on Students’ Achievement, Attitude and Motivation’, Lat. Am. J. Phys. Educ, Vol. 4, No. 1.

Nuryana E, Sugiarto B, 2012, ‘Hubungan Keterampilan Metakognisi dengan Hasil Belajar siswa Pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi (REDOKS) Kelas X-1 SMA Negeri 3 Sidoarjo’, Unesa Journal of Chemical Education, Vol. 1, No. 1, hh. 83-75.

Nur, M, Ibrahim, M, 2000, Pembelajaran Berdasarkan Masalah. UNESA University Press, Surabaya.

Ratnawati, M., dkk. 2015. Perilaku Metakognisi Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Kimia’, e-Jurnal Mitra Sains, Vol. 3, No. 2, hh. 9-16.

Riduwan, 2011, Dasar-dasar Statistika. Alfabeta, Bandung.

Satriawan, M, 2013, ‘Keterampilan Metakognisi’, diakses 5 mei 2018, http://muhammadsatriawan27.blogspot.co.id/2013/09/metakognitif.html

Slavin, RE, 2000, ‘Educational Psychology: Theory and Practice’. Edisi 6. Allyn and Bacon, Boston.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/educhemia.v3i2.3729

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Djamilah Sudjana, Imas Eva Wijayanti

EduChemia Indexed by:

Hasil gambar untuk logo google scholar     Hasil gambar untuk logo DOAJ

 

 

Hasil gambar untuk logo IPI garuda

 

Hasil gambar untuk logo sinta dikti