Penerapan Model Pembelajaran POGIL sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Larutan Penyangga

Alana Putri Rahmawati, Ratna Sari Siti Aisyah, Isriyanti Affifah

Abstract


Siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep larutan penyangga, sehingga penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep larutan penyangga dengan menerapkan model pembelajaran POGIL (Process Oriented Guided Inquiry Learning). Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 5 Kota  Serang kelas XI tahun ajaran 2017/2018. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode quasi eksperimen dengan desain penelitian two group pre test post test design. Sampel penelitian ini terdiri dari 59 siswa yang terbagi menjadi 2 kelas, yaitu 29 siswa kelas eksperimen dan 30 siswa kelas kontrol yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data pemahaman konsep siswa diperoleh dengan menggunakan instrumen tes. Hasil penelitian mengungkapkan pemahaman konsep larutan penyangga yang diajarkan dengan menggunakan model pembelajaran POGIL mengalami peningkatan yang signifikan yang ditunjukan dengan nilai rata-rata gain sebesar 0,44 yang berada pada kategori sedang.

Keywords


Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL), Pemahaman Konsep; Larutan Penyangga

Full Text:

PDF

References


Adodo, S.O. (2013). Effects of Two-Tier Multiple Choice Diagnostic Assessment Items on Students’ Learning Outcome in Basic Science Technology (BST). Rome: Academic Journal of Interdisciplinary Studies by MCSER-CEMASSapienza University of Rome, 2, 123-202.

Barthlow, Mj. 2011. The effectiveness of Proccess Guided Inquiry Learning to Reduce Alternate Conception in Secondary Chemistry (Disertasi). Lychburg: Liberty University.

Cagatay, G & G. Demircioglu. (2013). The Effect of Jigsaw-I Cooperative Learning Teechnique an Students’ Understanding about Basic Organic Chemistry Concepts. The International of Education Research. Vol. 4. No 2. Hal 30-37.

Chase, Anthony, Deblina Pakhira, and Marilyne Stains. (2013). Implementing Process-Oriented, Guided-Inquiry Learning for the First Time: Adaptations and Short-Term Impacts on Students’ Attitude and Performance. US: Journal ofChemical Education. 90, 409-416. Doi: 10.1021/ed300181t

Dahar, Wilis Ratna. (1996). Teori-teori belajar. Jakarta: Erlangga.

De Gale, S and L. N. Boiseelle. (2015). The Effect of POGIL on Academic Performance and Academic Confidence. International Council of Association for Science Education. 26-1, 56-61.

Effendy. (2017). Molekul, Struktur dan Sifat-sifatnya. Malang: Indonesian Academic Publishing.

Gunawan, Harjono, A. &Satrio. (2015). Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Konsep Litrik Bagi Calon Guru. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 1(1), 12.

Hadiwiyanti, Irma. (2015). Analisis Pemahaman Konsep Fisika Siswa SMP dan Penerapannya di Lingkungan Sekitar. Skripsi Jurusan Fisika FMIPA UNS.

Hamalik, Oemar. (2009). Perencanaan Pengajaran Berdasarkan Pendekatan Sistem. Jakarta: Bumi Aksara.

Hu, Hellen. (2012). Promoting Student-centered Learning with POGIL. USA: Proceedings of the 43rd ACM Technical Symposium on Computer Science Education. 579-580. DOI: 10.1145/2157136.2157302

Khodijah, Nyanyu. (2014). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Kolomuc, Ali dan Seher Tekin. (2011). Chemistry Teacher Misconception Concerning Concept of Chemical Reaction Rate. Turki: Eurasion Journal of Physics and Chemistry Education. 3-2, 84-101. ISSN: 1306-3049

Kussmaul, Clifton. (2012). Process Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) for Computer Science). USA: Proceedings of the 43rd ACM TechnicalSymposium on Computer Science Education. 373-378. DOI: 10.1145/2157136.2157246

Marsita, Resti Ana, Sigit Priatmoko, Ersanghono Kusuma. (2010). Analisis Kesulitan Belajar Kimia Siswa SMA dalam Memahami Materi Larutan Penyangga dengan Menggunakan Two-tier Multiple Choice Diagnostic Instrument. Indonesia: Jurnal Ionovasi Pendidikan Kimia. 4. 51-520.

Mutly, Ayfer dan Burcin Acar Sesen. (2015). Development of a two-tier diagnostic test to assess undergraduates’ understanding of some chemistry concepts. Turki: Procedia - Social and Behavioral Sciences. 174, 629 – 635. doi: 10.1016/j.sbspro.2015.01.593

Panji, R. Susanti & T. Widianti. (2013). Pengembangan Suplemen Pembelajaran Berbasis POGIL Pada Materi Sistem Peredaran Darah Tingkat SMP. Unnes Journal of Biology Education, 2(3). 329-335.

Purba, Michael. (2007). Kimia untuk SMA Kelas XI. Jakarta: Erlangga.

Rege, Pralhad, Freddy Havaldar dan Gulsan Shaikh. (2016). An Effective Use of POGIL in Improving Academic Performance of Students and Their Approach in Organic Chemistry. India: International Journal of Science and Research Methodology. 4.45-61

Sen, Senol. (2016). The Effect of POGIL on 11th Graders’ Conceptual Understanding of Electrochemistry. Turki: Asia Pasific Forum on Science Learning and Teaching. 17(2)5

Simonson, Shawn R; Shadle, Susan E. Implementing Proccess Oriented Guided Inquiry Learning (POGIL) in Undergraduate Biomechanics: Lessons Learned by a Novice. Journal of STEM Education Innovations and Research.14-56-63

T, Vanags, Pammer K & Brinker, J. (2013). Process-oriented Guided Inquiry Learning Improves Longterm Retention of Information. USA: ANU Research Publications. 37(3), 233-241. DOI: 10.1152/advan.00104.2012.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/educhemia.v4i1.4846

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Alana Putri Rahmawati, Ratna Sari Siti Aisyah, Isriyanti Affifah

EduChemia Indexed by:

    

             

                                                                                                                                                                                      More Indecxing... 

 

Creative Commons License

EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

________________________________________________________

EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan) ISSN 2502-4778 (print) | ISSN 2502-4787 (online)
Published by Department of Chemistry Education - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Address : Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
Email  : educhemia@untirta.ac.id