Penerapan PBL untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa pada Konsep Koloid

Handi Herdiawan, Indah Langitasari, Solfarina Solfarina

Abstract


Keterampilan berpikir kreatif siswa sangat diperlukan dalam pembelajaran kimia, karena beberapa ilmu kimia bersifat kontekstual. Keterampilan berpikir kreatif siswa di indonesia cenderung masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada konsep koloid dengan menerapkan model PBL. Penelitian ini menggunakan metode pre eksperiment dengan pretest-posttest one group design. Sampel dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di salah satu kelas XI IPA yang diambil dengan metode purposive sampling. Instrumen yang digunakan berupa soal tes dengan 10 soal essay yang valid dan reliabel. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui tes dan lembar observasi. Teknik analisis data dilakukan secara deskriptif dan statistik meliputi n-gain dan one sample t test. Hasil penelitian menunjukan nilai n-gain dengan kategori sedang pada 5 indikator keterampilan berpikir kreatif siswa yaitu, indikator kelancaran (0,45), keluwesan (0,50), keaslian (0,47), penguraian (0,50), perumusan kembali (0,58). Hasil tersebut didukung dengan uji one sample t test diperoleh nilai signifikansi 0,00 < 0,05 yang menunjukkan bahwa H­1 diterima dan H0 ditolak. Dari hasil penelitian ini terlihat bahwa penerapan model PBL dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada konsep koloid. Implikasi dari penelitian ini adalah perlunya suatu modul pembelajaran berbasis PBL yang mampu menstimulus keterampilan berpikir kreatif siswa.

Keywords


Problem Based Learning; Keterampilan Berpikir Kreatif; Koloid

Full Text:

PDF

References


Abdurrozak R, Jayadinata A.K, dan Atun I. (2016). “Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa.” Jurnal Pena Ilmiah. 1(I).

Arikunto S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Birgili dan Bengi. (2015). “Creative and Critical Thinking Skills in Problem-Based Learning Environments.” Journal of Gifted Education and Creativity, 2(2).

BSNP. (2009). Pusat Penilaian Pendidikan- Badan Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Depdiknas.

Desriyanti R dan Lazulva. (2016). “Penerapan Problem Based Learning Pada Pembelajaran Konsep Hidrolisis Garam Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Tadris Kimiya. 1. Hlm. 70-78.

Djamilah S. dan Imas E.W. (2018). “Analisis Keterampilan Metakognitif pada Materi Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Melalui Model Pembelajaran Pemecahan Masalah.” Jurnal Kimia dan Pendidikan (EduChemia). 3(2). Hlm. 206-221.

Eli, R.N dan Sari. (2018). “Pembelajaran Sistem Koloid Melalui Media Animasi untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa.” Jurnal Tadris Kimiya. 3(2). Hlm. 135-144.

Gazali Z. (2015). “Pengembangan Bahan Ajar Kimia Materi Koloid untuk SMA Kelas XI IPA Semester II Berdasarkan Pendekatan Inkuiri Terbimbing.” Jurnal Kependidikan 14. 4. Hlm. 417-425.

Guilford, J.P. (1995). Traits of Creativity, dalam h.h Anderson (Ed) Creativity and Its Cultivation. Jhon Wiley, New York.

Herlina E. (2013). “Meningkatkan Advanced Mathemathical Thinking Mahasiswa dengan Menggunakan Pendekatan Apos.” Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika. Bandung: STKIP Siliwangi.

Humaeroh I. (2016). “Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa pada Materi Elektrokimia melalui Model Open-Ended Problems”. Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah..

Liyana N, Martini K.S, dan Redjeki T. (2013). “Peningkatan Kreativitas dan Prestasi Belajar pada Materi Minyak Bumi Melalui Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Media Crossword.” Jurnal Pendidikan Kimia. 1. Hlm. 151-158.

Masek A. (2011). The Effect of Problem Based Learning on Critical Thinking Ability: A Theoretical and Empirical Review. International Review of Social Sciences and Humanities 2(1).

PISA. (2012). PISA 2012 Assesment and Analytical Framework: Mathematic, Reading, Science, Problem Solving, and Financial Literacy.

Putra R.D, Rinanto Y, dan Irfa’i I. (2016). “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa melalui Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing pada Siswa Kelas XI MIA 1 SMA Negeri Colomadu Karanganyar Tahun Pelajaran 2015/2016.” Proceeding Biology Education Conference. 13. Hlm. 330-334.

Putri A.F.A, Utami B, dan Nugroho A. (2015). “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Disertai Eksperimen Untuk Meningkatkan Interaksi Sosial dan Prestasi Belajar Siswa pada Materi Pokok Kelarutan dan Hasil Kali Kelarutan Di SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Pelajaran 2014/2015.” Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). 4. Hlm. 27-35.

Rosita I.I dan Bahriah E.S. (2016). “Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah terhadap Sikap Ilmiah Siswa pada Materi Larutan Elektrolit dan Nonelektrolit.” Seminar Nasional Pendidikan IPA-Biologi.

Rusman. (2010). Model-model pembelajaran. (Mengembangkan Profesionalisme Guru), cet.5. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Septiwi T.P. (2017). “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Materi Sistem Koloid.” Skripsi tidak diterbitkan. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah.

TIMSS. (2011). “TIMSS 2011 International Result In Mathematics.” Chestnut Hill: TIMSS and PIRLS International Study Center.

Wasonowati R.R.T, Redjeki T, dan Ariani S.R.D, (2014). “Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) pada Pembelajaran Hukum-Hukum Dasar Kimia Ditinjau Dari Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas X IPA SMA Negeri 2 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014.” Jurnal Pendidikan Kimia (JPK). 3. Hlm. 66-75.

Wulandari B. (2013). “Pengaruh Problem-Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Motivasi Belajar Plc di SMK.” Jurnal Pendidikan Vokasi. 3(2). Hlm. 178-191.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/educhemia.v4i1.4867

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Handi Herdiawan, Indah Langitasari, Solfarina Solfarina

EduChemia Indexed by:

    

             

                                                                                                                                                                                      More Indecxing... 

 

Creative Commons License

EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

________________________________________________________

EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan) ISSN 2502-4778 (print) | ISSN 2502-4787 (online)
Published by Department of Chemistry Education - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Address : Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
Email  : educhemia@untirta.ac.id