Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains Siswa

Muhammad Alija Izetbigovic, , Solfarina, Indah Langitasari

Abstract


Keterampilan generik sains merupakan keterampilan dasar berfikir yang dibutuhkan dalam mempelajari sains. Keterampilan generik sains harus dikuasai oleh siswa untuk dapat berfikir analitik dan berfikir tingkat tinggi. Keterampilan generik sains siswa saat ini tergolong rendah sehingga dibutuhkan model pmebelajran yang tepat untuk mengatasinya. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan generik sains siswa pada konsep koloid menggunakan model discovery learning. Penelitian ini menggunakan metode pre-eksperimen dengan desain penelitian one group pretest posttest. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA. Intrumen penelitian berupa 12 soal ketrampilan generik sains yang valid dan reliabe. Data dianalisis secara deskriptif dengan menggunakan uji N-gain dan uji statistik dengan mengguakan paired-sample t-test dengan taraf signifikansi 0.05. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat peningkatan keterampilan generik sains siswa pada materi koloid setelah diterapkannya model discovery learning. Hal ini dibuktikan dari analisis keterampilan generik sains dengan uji N-gain yang diperoleh bahwa 4 indikator tergolong sedang. Penggunaan model pembelajaran yang berpusat pada siswa secara tepat dapat melatih keterapilan generik sains siswa.

Keywords


Discovery learning; Keterampilan Generik Sains; Koloid

Full Text:

PDF

References


Agustin, R. R. (2016). Pengembangan Keterampilan Generik Sains Melalui Penggunaan Multimedia Interaktif. Jurnal Pengajaran Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, vol. 18, no. 2,https://doi.org/10.18269/jpmipa.v18i2.58

Ajaran, M. T., & Handoko, A. (2016). Pengembangan Modul Biologi Berbasis Discovery Learning ( Part of Inquiry Spectrum Learning-Wenning) Pada Materi Bioteknologi Kelas Xii Ipa Di Sma Negeri 1, vol. 5, no. 3, Hh. 144–154.

Balim, A. G. (2009). The Effects of Discovery Learning on Students’ Success and Inquiry Learning Skills. Egitim Arastirmalari-Eurasian Journal of Educational Research, Issue 35, Hh. 1-20.

BSNP. (2010). Laporan PNSP 2010: Paradigma Pendidikan Nasional Abad XXI. Jakarta.

Burhanudin, R., Subarkah, C. Z., & Sari, S. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Content Context Connection Researching Reasoning Reflecting (3C3R) untuk Mengembangkan Keterampilan Generik Sains Siswa Pada Konsep Koloid. Jurnal Tadris Kimiya, vol. 3, no.1, Hh. 11-21,

Dewi, C. A., & Hamid, A. (2012). Pengaruh Model Case Based Learning (CBL) Terhadap Keterampilan Generik Sains Dan Pemahaman Konsep Siswa Kelas X Pada Materi Minyak Bumi Pemerhati Pendidikan Kimia. vol. 3, no. 2, Hh. 294–301.

Fauzi, I., & Tambunan, H. (2016). Teknologi Pendidikan. Pola-Pola Pembelajaran.https://doi.org/10.1046/j.1095-8649.2003.00240.x 10.1006/jfbi.2001.1684;

Herdiawan, H., Langitasari, I, Solfarina, (2019). Penerapan PBL Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Pada Konsep Koloid. vol. 4, no. 1, Hh. 24–35. https://doi.org/10.30870/educhemia.v4i1.4867

Hofstein, A., Navon, O., Kipnis, M., & Mamlok-Naaman, R. (2005). Developing students’ ability to ask more and better questions resulting from inquiry-type chemistry laboratories. Journal of Research in Science Teaching. https://doi.org/10.1002/tea.20072

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

I Wayan Sadia, M., & I Wayan Suastra, M. (2014). Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA dan Sikap Ilmiah Siswa SMP. Jurnal Pendidikan IPA, vol. 4, no. 1.

Ikedolapo, O. O., & Adetunji, and A. F. (2009). Comparative Effect of the Guided Discovery(GD) and Concept mapping Teaching Strategies on Senior Secondary School Students(SSSS) Chemistry Achievement in Nigeria. Eurasian Journal of Physics and Chemistry Education, vol. 1, no. 2, Hh. 86–92.

Ilmi, A. N. A., Indrowati, M., & Probosari., R. M. (2012). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Guided Discovery Terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Teras Boyolali Tahun Pelajaran 2011/2012. Jurnal Pendidikan Biologi, vol 4, no. 2, Hh. 44-52.

Selvianti, ramdani & Jusniar. (2013). Efektivitas Metode Pemecahan Masalah untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keterampilan Generik Sains Siswa Kelas XI IA 2 SMA Negeri 8 Makassar (Studi Pada Materi Pokok Hidrolisis Garam). Jurnal Chemica, vol. 14, no. 1, Hh. 55–65.

Kurniasih. (2014). Sukses Mengimplementasikan Kurikulum (2013). Bandung: Remaja Rosdakarya.

Langitasari, I., Nursa'adah E., Namirah I, (2016), 'Inquiry Learning Implementation To Improve Generic Science Skills And Conceptual Understanding Of Pre-Service Chemistry Teachers', Proceeding 2nd International Conference on Education and Training, Malang.

Liliasari, Setiawan, A., & Widodo, A. (2010). Model-Model Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan Keterampilan Generik Sains dan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta didik. Penelitian HPTP. Universitas Pendidikan Indonesia. Pascasarjana. Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat

Rahayu, E., Susanto, H., & Yulianti, D. (2011). Pembelajaran Sains Dengan Pendekatan Keterampilan Proses Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, vol.7, no. 2, Hh. 106-110. https://doi.org/10.15294/JPFI.V7I2.1081

Rizal, H. P., & Danial M., (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Inkuiri Terhadap Keterampilan Generik Sains Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pangkajene Sidrap. Bioedukasi, vol. 5, no. 1.

Rudyanto, H. E. (2014). Berpikir Kreatif Hendra Erik Rudyanto. Premiere Educandum, vol. 4, no. 3, Hh. 41–48.

Sudarmin & Suyanti, R. D. (2012). Potret kemampuan Generik Sains Pengamatan Calon Guru Kimia dan Implikasinya pada Pembelajaran Kimia.http://jurnal.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/11093541.pdf

Sulistyowati, N., Widodo, A T., & Sumarni, W. (2012). Efektivitas Model Pembelajaran Guided Discovery Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Kimia. Chemistry in Education, vol. 1, no. 2.

Mahmoud, A K B, (2014). The Effect of Using Discovery Learning Strategy in Teaching Grammatical Rules to first year General Secondary Student on Developing Their Achievement and Metacognitive Skills, International Journal of Innovation and Scientific Research, Vol. 5, no. 2, Hh. 146-153

Uside, O., Barchok, K., & Abura, O. (2013). Effect of Discovery Method on Secondary School Student’S Achievement in Physics in Kenya. Asian Journal of Social Sciences & Humanities, vol. 2, no. 3, Hh. 351–358.

Westwood, P. (2008). What teachers need to know about Reading and writing. Camberwell, Victoria: ACER Press

Yang, E. F. Y., Liao, C. C. Y., Ching, E., Chang, T., & Chan, T.-W. (2010). The Effectiveness of Inductive Discovery Learning in 1 : 1 Mathematics Classroom. Proceedings of the 18th International Conference on Computers in Education. Putrajaya, Malaysia: Asia-Pasific Society for Computers in Education., Hh. 743–747.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/educhemia.v4i2.6118

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Muhammad Alija Izetbigovic, , Solfarina, Indah Langitasari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

EduChemia Indexed by:

                      

Visitor