ANALISIS PENGUASAAN KONSEP LARUTAN ELEKTROLIT-NONELEKTROLIT SISWA MENGGUNAKAN SIKLUS BELAJAR HIPOTESIS DEDUKTIF

Rosmaya Dewi, F.M. Titin Supriyanti, Gebi Dwiyanti

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran penguasaan konsep siswa
pada pembelajaran larutan elektrolit dan non-elektrolit dengan siklus belajar hipotesis
deduktif. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan subyek penelitian
sebanyak 30 siswa kelas X salah satu SMA Negeri di Kabupaten Bandung Barat yang
dikategorikan ke dalam siswa kategori tinggi, sedang dan rendah. Instrumen penelitian yang
digunakan adalah tes tertulis dan pedoman wawancara. Dari hasil penelitian diketahui
bahwa penguasaan konsep siswa kategori tinggi dan sedang untuk seluruh indikator
pembelajaran tergolong baik, sedangkan siswa kategori rendah tergolong kurang. Dari
seluruh indikator pembelajaran, konsep yang paling dikuasai siswa adalah konsep dari
indikator mengklasifikasikan larutan dalam kehidupan sehari-hari ke dalam kelompok
larutan elektrolit dan non-elektrolit dengan kriteria sangat baik sedangkan konsep yang
masih kurang dikuasai siswa adalah konsep dari indikator menjelaskan keadaan partikelpartikel
zat terlarut dalam larutan elektrolit kuat, elektrolit lemah dan non-elektrolit dengan
kriteria cukup. Pembelajaran dengan siklus belajar hipotesis deduktif dapat membantu siswa
dalam memahami konsep yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari.Abstract: This research has purpose to describe student’s concepts of electrolyte and nonelectrolite
solutions by hypothesis deductive learning cycle. The research method was
descriptive with the subjects were 30 first class Senior High School students in Bandung
Barat. The students were categorized into high, medium, and low categories. Instruments of
this research were written test and interview. Based on this research, the students with high
and medium category had good concepts in all of learning indicators, but the concepts of low
category students were bad. The best student’s concepts was classification of electrolyte and
non-electrolyte solution in daily activity with a good criteria, while the less student’s
concepts was explanation about solute particles in strong electrolyte, weak electrolyte, and
non-electrolyte solutions. Hypothesis deductive learning cycle helps students to understand
concepts related to daily activity.

Keywords


Konsep; larutan elektrolit dan nonelektrolit; siklus belajar

Full Text:

PDF

References


Anitah, S. dkk. 2007, Strategi Pembelajaran Kimia, Jakarta, Universitas Terbuka.

Arifin,M. dkk. 2003, Strategi Belajar Mengajar Kimia, Bandung, Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA UPI.

Arikunto, S. 2006, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta, PT Rineka Cipta.

Firman, H. 2008, Penelitian Pendidikan Kimia, Bandung, Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA UPI.

Hanuscin, D.L. & Lee, M.H. 2008, Using the Learning Cycle as a Model for Teaching the Learning Cycle to Preservice Elementary Teachers. Journal of Elementary Science Education, vol. 20, no. 2, hh. 51-66.

Komalasari, K. 2010, Pembelajaran Kontekstual, Bandung, PT Refika Aditama.

Mulyasa, E. 2008, Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Bandung, PT Remaja Rosdakarya.

Muslich, M. 2007, KTSP Dasar Pemahaman dan Pengembangan, Jakarta, Bumi Aksara.

Nuhoglu, H. & Yalcin, N. 2006, The Effectiveness of The Learning Cycle Model to Increase Students’ Achievement In The Physics Laboratory. Journal of Turkish Science Education, vol.3, no. 2, hh. 28-30.

Rafiuddin 2006, Siklus Belajar Hipotesis Deduktif pada Praktikum Biokimia untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Kritis Mahasiswa Calon Guru, Tesis tidak diterbitkan, Bandung, Program Pascasarjana UPI.

Rustaman, N. dkk. 2005, Strategi Belajar Mengajar Biologi, Malang, UM Press.

Susiwi 2007, Siklus Belajar, Suatu Model Dalam Pembelajaran Kimia. Bandung, Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA UPI.

Syaodih, E. 2009, Pendidikan Anak Usia Dini Sebagai Fundasi Pengembangan Sumber Daya Manusia yang Berkualitas, Bandung, UPI-Press.

Wahyu,W. dkk. 2007, Belajar dan Pembelajaran Kimia, Bandung, Jurusan Pendidikan Kimia FPMIPA UPI.

Wartini, E. 2010, Analisis Pemahaman Konsep Siswa Kelas XI pada Pembelajaran Pengaruh Ion Senama dan pH terhadap Kelarutan dengan Siklus Belajar Hipotesis Deduktif, Skripsi tidak diterbitkan, Bandung, UPI.

Yuliati, L. 1995, Kemampuan Pemikiran Hipotesis Deduktif Siswa dalam Penguasaan Konsep Fisika Pokok Bahasan Kapasitas Listrik, Tesis tidak diterbitkan, Bandung, UPI.

Qarareh, A.O. 2012, The Effect of Using the Learning Cycle Method in Teaching Science on the Educational Achievement of the Sixth Graders. International Journal of Education Science, vol. 4, no. 2, hh. 123-132.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/educhemia.v1i2.764

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Rosmaya Dewi, F.M. Titin Supriyanti, Gebi Dwiyanti

EduChemia Indexed by:

Hasil gambar untuk logo google scholar     Hasil gambar untuk logo DOAJ

 

 

Hasil gambar untuk logo IPI garuda

 

Hasil gambar untuk logo sinta dikti