PENGEMBANGAN SIKAP KREATIF SISWA PADA PRAKTIKUM PENJERNIHAN AIR

Sari Sari, Ratnasari Ratnasari, Ida Farida

Abstract


Suatu permasalahan dapat diselesaikan dengan menggunakan sikap kreatif yang merupakan salah satu pembentuk kreativitas. Sikap kreatif dapat dikembangkan dalam pembelajaran di sekolah. Pengembangan sikap kreatif pada praktikum penjernihan air dapat dilakukan melalui penerapan model Context Based Learning (CBL) pada proses pembelajaran. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mendeskripsikan aktivitas siswa dengan menerapkan model CBL pada praktikum penjernihan air dan memperoleh gambaran sikap kreatif siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kelas. Subjek penelitiannya yaitu siswa kelas XI IPA 1 SMA Mekar Arum Bandung sebanyak 30 siswa. Instrumen yang digunakan yaitu deskripsi pembelajaran, lembar observasi proses pembelajaran, LKS, lembar penilaian kinerja, lembar observasi dan kuesioner sikap kreatif. Aktivitas pembelajaran siswa menggunakan model CBL berlangsung dengan sangat baik. Secara keseluruhan pengembangan sikap kreatif adalah baik. Berdasarkan lembar observasi jumlah siswa tertinggi yang mendapatkan nilai baik ialah pada sub indikator mempertanyakan segala sesuatu yaitu 63,4%. Berdasarkan kuesioner jumlah siswa tertinggi dengan kategori sangat kuat pada sub indikator menghargai kebebasan tapi tahu bahwa kebebasan menuntut tanggung jawab yaitu 73,3%. Penerapan model CBL sebaiknya digunakan pada konsep yang berhubungan dengan kehidupan sehari-hari.

Keywords


Praktikum penjernihan air; sikap kreatif

Full Text:

PDF

References


Anonim 2009, Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Berbakat, Rineka Cipta, Jakarta.

Arifin, M. dkk. 2005, Strategi Belajar Mengajar Kimia, UM Press, Malang.

Crowl. dkk. 1997, Assesment Higher Order Thingking Skill, Education Quarterly.

Jong, O.D. 2006, Context-Based Chemical Education: How to Improve It?.Karlstad University, Sweden Utrecht University, The Netherlands, diakses 30 Oktober 2014, (www.old.iupac.org).

Manalu, L.F., Asmadi, M.N., & Rasmiwetti 2012, Penerapan Model Pembelajaran Tipe STAD untuk Meningkatkan Sikap Kreatif Siswa pada Pokok Bahasan Termokimia di Kelas XI IPA SMAN 3 Pekanbaru. Riau: Program Studi Pendidikan Kimia FKIP Universitas Riau, diakses 2 November 2014, (www.repository.unri.ac.id).

Munandar, U. 1999, Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah, PT Gramedia, Jakarta.

Muthi, F. 2014, Penerapan Model Context Based Learning (CBL) untuk Mengembangan Keterampilan Proses Sains pada Materi Garam Terhidrolisis, Skripsi tidak diterbitkan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Sari. 2014, Pengembangan Kreativitas Mahasiswa Calon Guru Kimia dalam Pembelajaran dengan Metode Inkuiri Laboratorium melalui Tema Minuman Kemasan. Tesis tidak diterbitkan, UPI Bandung.

Slavin, R.E. 2000, Educational Psychology: Theory and Practice. Boston: Allyn and Bacon, diakses 15 Juni 2015, (www.catalogue.pearsoned.co.uk)

Smits, L.G.A.D.P., Taconic, R., dan Jochems, W.M.G. 2011, Mapping Context- Based Learning Environments: The Contruction of an Instrument, Learning Envion Res 20133, vol. 16, hh. 437-462.

Trimmer, W., Laracy, K., & Love-Gray, M., Whitireia Community Polytechnic 2009, Seeing The Bigger Picture Context-Based Learning. Good Pratice Publication Grants, hh. 1-6.

Wiana, G. 2014, Penerapan Model Context Based Learning (CBL) untuk Mengembangkan Keterampilan Generik Sains pada Materi Koloid, Skripsi tidak diterbitkan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/educhemia.v1i2.766

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Sari Sari, Ratnasari Ratnasari, Ida Farida

EduChemia Indexed by:

    

             

                                                                                                                                                                                      More Indecxing... 

 

Creative Commons License

EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

________________________________________________________

EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan) ISSN 2502-4778 (print) | ISSN 2502-4787 (online)
Published by Department of Chemistry Education - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Address : Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
Email  : educhemia@untirta.ac.id