PENERAPAN PEER INSTRUCTION WITH STRUCTURED INQUIRY (PISI) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA

Ratna Sari Siti Aisyah

Abstract


Penelitian inii bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran PISI dalam meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas XI semester 2 SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015. Penelitian merupakan eksperimen semu yang terdiri terdiri dari variabel bebas berupa model pembelajaran dan variabel terikat berupa hasil belajar. Populasi penelitian ini adalah 143 siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta pada semester kedua Tahun ajaran 2014/2015. Sampel penelitian ditentukan dengan teknik purposive sampling yang terdiri dari dua kelas. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran PISI dan kelas kontrol menggunakan model pembelajaran 5M dalam materi larutan penyangga. Teknik pengumpulan data melalui teknik tes dan teknik dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t beda subjek dengan taraf signifikansi 0,05. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh pembelajaran PISI dalam meningkatkan hasil belajar kimia siswa kelas XI semester 2 SMA Muhammadiyah 3 Yogyakarta tahun ajaran 2014/2015.

Keywords


Peer Instruction with Structured Inquiry (PISI); hasil belajar

Full Text:

PDF

References


Anonim 2013, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 64 Tentang Standar Isi. Jakarta.

Ariani et al. 2008, Penggunaan Metode Pembelajaran Kooperatif Tai (Team Assisted Individualization) Dilengkapi Modul Dan Penilaian Portofolio Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penentuan Dh Reaksi Siswa Sma Kelas Xi Semester I, Varia Pendidikan, 20, 60.

Dahar, R. W. 2011, Teori-Teori Belajar Dan Pembelajaran, Erlangga, Jakarta.

Fetko, E. E et al. 2013, Embedding Science Facts In Leisure Skill Instruction, Education And Training In Autism Development Disabilities, vol. 3, hh. 400-414.

Harris, C. J., & Rooks, D. L. 2010, Managing Inquiry-Based Sience : Challenges In Enacting Complex Science Instruction In Elementary And Middle School Classrooms, Journal Science Teacher Education, hh. 227-240.

Jahro, I. S., & Susilawati 2009, Analisis Penerapan Metode Pratikum Pada Pembelajaran Ilmu Kimia Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, vol. 38.

Kemendikbud 2013, Standar Nasional Pendidikan, Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005, Jakarta.

Moore, K. D. 2009, Effective Instructructional Strategies From Theory To Practice, Sage Publications, Inc., New York.

Muhab, S. 2009, Pengembangan Media Pembelajaran Sebagai Penunjang Pembelajaran Kimia Sma, Jurnal Pendidikan Matematika dan Sains, vol. 89.

Parkay, F. W., & Stanford, B. H. 2010, Becoming A Theacher, Pearson Education International, New York.

Pyle, E. J. 2008, A Model Of Inquiry For Teaching Earth Science Elektronik, Journal Of Scinece Education, vol. 12.

Sani, R. A. 2013, Inovasi Pembelajaran, Bumi Aksara, Jakarta.

Sanubari, F., Yamtinah, S., & Redjeki, T 2014, Penerapan Metode Pembelajaran Tutor Teman Sebaya Dilengkapi Dengan Media Interaktif Flash Untuk Meningkatkan Minat Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Ipa 1 Sma Negeri Sukoharjo Tahun Pelajaran 2013/2014 Pada Materi Larutan Penyangga, Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, hh. 145-154.

Sudijono 2011, Pengantar Evaluasi Pendidikan, Pt Raja Gravindo Persada, Jakarta.

Suppapittayaporn, D., et al. 2010, The Effectiveness Of Peer Instruction And Structured Inquiry On Conceptual Understanding Of Force And Motion : In Case Study From Thailand, Research In Science & Technological Education , hh. 63-79.

Vallerand, R. J. 2012, From Motivation To Passion: In Search Of The Motivational Processes Involved In A Meaningful Life, Canadian Psychology , hh. 42-52.

Wang, M. 2012, Effects Of Cooperative Learning On Achievement Motivation Of Female University Students, Canadian Center Of Scence And Education , hh. 109-114.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/educhemia.v1i2.771

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Ratna Sari Siti Aisyah

EduChemia Indexed by:

    

             

                                                                                                                                                                                      More Indecxing... 

 

Creative Commons License

EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan) is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License

________________________________________________________

EduChemia (Jurnal Kimia dan Pendidikan) ISSN 2502-4778 (print) | ISSN 2502-4787 (online)
Published by Department of Chemistry Education - Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
Address : Jl. Ciwaru Raya No. 25, Sempu, Kota Serang, Banten 42117, Indonesia
Email  : educhemia@untirta.ac.id