HUBUNGAN ANTARA KEMAMPUAN MEMBUAT PETA KONSEP DENGAN PRESTASI BELAJAR MAHASISWA FISIKA STKIP PGRI SUMATERA BARAT

Rahmi Zulva, Auliya Hidayati

Abstract


Struktur kognitif mahasiswa tidak selamanya dapat mengaitkan pengetahuan baru dengan yang lama. Hal ini menyebabkan pemahaman mahasiswa akan setiap materi ajar yang dipelajari rendah, termasuk dalam materi pembelajaran sains yang didalamnya terdiri dari bahan ajar fisika. Pemahaman konsep dasar fisika yang kurang baik berkaitan erat dengan prestasi belajar fisika. Pemahaman yang kurang baik ini, salah satunya timbul karena tidak tercapainya kebermaknaan belajar dalam diri mahasiswa. Salah satu cara meningkatkan prestasi belajar pada bidang studi sains dapat dilakukan dengan cara belajarnya menggunakan sistem “concept mapping”. Jenis penelitian ini penelitian deskriptif korelasional dengan populasi penelitian yaitu mahasiswa STKIP PGRI Sumbar tahun ajaran 2014/2015. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Hasil penelitian yang telah dilakukan yaitu terdapat korelasi antara pembuatan peta konsep dengan prestasi belajar pada materi gerak lurus dan tidak terdapat korelasi antara pembuatan peta konsep dengan prestasi belajar pada materi gerak melingkar.

Keywords


korelasi; peta konsep; prestasi belajar

Full Text:

PDF

References


Anonim. 1998, Teori dan Strategi Pengajaran Pembelajaran Dalam Merekabentuk Perisian Kursus Ppbk. [Online]. Available at: http://www. tripod.com. [Januari 2008].

Ausubel, D,P. 1968, School Learning An Introduction To Educational Psychology.New York Holt: Richart And Winston Inc.

Hamalik, Oemar. 1999, Kurikulum dan pembelajaran. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Husin, M. 1999, Penggunaan Peta Konsep dalam Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Tesis pada jurusan IPS PPS UPI: tidak diterbitkan.

Novak J. D. and Gowin. 1986, Learning How To Learn. New York: CambridgeUniversity Press.

Ratna Wilis Dahar. 1988, Teori Teori Belajar. Jakarta: Erlangga.

Sukardi. 2003, Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Media Grafika.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/gravity.v2i2.1128

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Gravity has been indexed by:

     
     

 

  

 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is publihed by Department of Physics Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa jointly with Physical Society of Indonesia (PSI)

Creative Commons License 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Copyright © 2020, Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika.