MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL KOLB UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENJELASKAN FENOMENA FISIS PADA KONSEP OPTIK

Eidelweis Dewi Jannati

Abstract


Berdasarkan hasil studi pendahuluan, proses pembelajaran Fisika pada sekolah yang menjadi tempat penelitian menggunakan model pembelajaran konvensional, pada proses pembelajarannya siswa cenderung  pasif. Akibatnya, kemampuan menjelaskan fenomena fisis siswa sangatlah rendah. Untuk itu, diperlukan suatu model pembelajaran yang tepat dan sesuai. Model Pembelajaran Experiential Kolb dapat menjadi salah satu alternatif model pembelajaran yang diterapkan, karena dalam model pembelajaran Experiential Kolb, siswa dituntut untuk aktif dan kreatif membangun pengetahuannya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan kemampuan menjelaskan fenomena fisis siswa setelah diterapkan model pembelajaran Experiential Kolb pada materi alat optik. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Control Group Pretest-Potstest Design dengan sampel eksperimen kelas X di salah satu Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Majalengka. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh rata-rata N-gain kemampuan menjelaskan fenomena fisis 0,61  untuk kelas yang menggunakan model pembelajaran Experiential Kolb dan 0,29  untuk kelas yang menggunakan pembelajaran konvensional. Dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Experiential Kolb dapat lebih meningkatkan kemampuan menjelaskan fenomena fisis di bandingkan dengan pembelajaran konvensional. Hasil analisis terhadap respon siswa menunjukkan bahwa siswa memiliki respon positif terhadap penerapan model pembelajaran Experiential Kolb.

Keywords


model pembelajaran experiential Kolb; menjelaskan fenomena fisis; optik

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2003, Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Hudoyo, Herman. 1990. Strategi Belajar Mengajar Matematika. Malang, IKIP Malang.

Liliasari. (2005). Membangun Keterampilan Berpikir Manusia Indonesia Melalui Pendidikan Sains. Pidato Pengukuhan Guru Besar, UPI Bandung.

Manolas, E.I. 2005, “Kolb’s Experiential Learning Model: Enlivening Physics Courses inPrimary Education”. The Internet TESL Journal. 3,(9).

Sanjaya, Wina. 2006, Strategi Pembelajaran. Jakarta, Kencana Prenada Media Group.

Sanjaya, Wina. 2009, Stategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta, Kencana.

Sukmadinata, N.S. 2009, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung, PPS UPI dan Remaja Rosdakarya.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/gravity.v2i2.1129

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Gravity has been indexed by:

     
     

 

  

 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is publihed by Department of Physics Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa jointly with Physical Society of Indonesia (PSI)

Creative Commons License 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Copyright © 2020, Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika.