PENERAPAN PENDIDIKAN TEKNOLOGI DASAR PADA PEMBELAJARAN FISIKA DALAM MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA

Deni Moh Budiman

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk menguji efektivitas penerapan Pendidikan Teknologi Dasar (PTD) dalam meningkatkan pemahaman konsep tekanan pada siswa SMP. Penelitian dilakukan dengan membandingkan antara pembelajaran fisika dengan menerapkan PTD dan tanpa menerapkan PTD. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen dengan desain penelitian The Randomized Pretest – Posttest Control Group Design. Sampel penelitian adalah siswa salah satu SMP di kabupaten Indramayu yang dipilih secara  cluster random sampling. Siswa di kelas eksperimen menggunakan pembelajaran fisika dengan menerapkan PTD sedangkan siswa di kelas pembanding menggunakan pembelajaran fisika tanpa menerapkan PTD. Instrumen penelitian yang digunakan berupa perangkat tes untuk mengukur pemahaman konsep tekanan dengan indeks reliabilitas sebesar 0,94. Hasil penelitian menunjukkan  bahwa secara signifikan pembelajaran fisika dengan menerapkan PTD lebih efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep tekanan pada siswa SMP dibandingkan dengan pembelajaran fisika tanpa menerapkan PTD.

Keywords


pendidikan teknologi dasar; pemahaman konsep; pembelajaran fisika

Full Text:

PDF

References


Chandra, D. T. 2010, Kajian Efektivitas Pembelajaran Fisika Melalui Pendidikan Teknologi Dasar (PTD) di Sekolah Menengah Pertama (SMP). Makalah Pendidikan Fisika UPI: tidak diterbitkan.

Fraenkel, J. R. dan Wallen, N. E. 1993, How to Design and Evaluate Research in Education (second ed.). New York: McGraw-Hill Book Co

Lattery, Mark J. 2005, Student Understanding of the Primitive Spring Concept: Effect of Prior Classroom Instruction and Gender. Electronic Journal of Science Education, Vol. 9, No. 3. USA.

Mergendoller, J. R., & Thomas, J. W. 2005, Managing Project Based Learning : Principles from The Field. Novato, CA : Buck Institute for Education.

National Research Council. 1996, National Science Education Standards. Washington DC: National Academy Press.

Reif, F. 1995, Milikan Lecture 1994: “Understanding and Teaching Important Scientific Thought Processes”. American Journal Physics. 63, (1), 17-32.

Zhaoyao, M. 2008, Physics Education For The 21st Century: Avoiding A Crisis. Physics Education, 37(1). 7-8.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/gravity.v2i2.1130

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Gravity has been indexed by:

     
     

 

  

 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is publihed by Department of Physics Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa jointly with Physical Society of Indonesia (PSI)

Creative Commons License 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Copyright © 2020, Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika.