PENERAPAN STRATEGI METAKOGNISI PADA PEMBELAJARAN KOOPERATIF UNTUK MENGIDENTIFIKASI PROFIL METAKOGNISI SISWA SMA KELAS X

Intan Asriningsih, Duden Saepuzaman, Selly Ferranie

Abstract


Penelitian ini difokuskan untuk mengidentifikasi profil metakognisi siswa SMA kelas X pada materi suhu dan kalor. Desain penelitian ini adalah posttest control group design. Kemampuan metakognisi yang diidentifikasi pada penelitian ini adalah kemampuan metakognisi pengetahuan, metakognisi kontrol dan metakognisi kesadaran. Hasil penelitian menunjukkan  terdapat perbedaan profil metakognisi  kelas eksperimen dan kelas kontrol. Profil metakognisi pengetahuan pada kelas eksperimen adalah sebagai berikut, metakognisi pengetahuan : pengetahuan deklaratif sebanyak 80,95% siswa dapat menyebutkan konsep dengan tepat sedangkan kelas kontrol 58,09%, pengetahuan prosedural 51,43% siswa dapat menjelaskan prosedurnya dengan lengkap dan dapat menghubungkan dengan konsep sedangkan kelas kontrol 27,56, dan pengetahuan kondisional 93,34% siswa yakin dengan jawabannya sedangkan kelas kontrol 58,10. Pada kemampuan metakognisi kontrol kelas eksperimen dihasilkan skor rata-rata pada perencanaan 3,54, pemantauan 3,51 dan evaluasi 3,68, sedangkan kelas kontrol perencanaan 3,25, pemantauan 3,21 dan evaluasi 3,32. Kemampuan metakognisi kesadaran dihasilkan skor rata-rata 3,86 untuk kelas eksperimen dan 3,90 untuk kelas kontrol.

Keywords


strategi metakognisi; pembelajaran kooperatif; profil metakognisi

Full Text:

PDF

References


Chantharanuwong, W., Thathong, K., & Yuenyong, C. 2012, Exploring Student Metacognition on Nuclear Energy in Secondary School. SciVerse ScienceDirect Procedia, 5098-5115.

Chantharanuwong, W., Thathong, K., Yuenyong, C., & Thomas, G. P. 2012, Exploring The Metacognitive Orientation of The Science Classrooms in a Thai Context. SciVerse ScienceDirect Procedia, 5116-5123.

Jayapraba, A.P. 2013, Metacognitive Awareness in Science Clasroom of Higher Secondary Student. International Journal on New Trends in Education and Their Implication,49-56.

Murti, HAS. 2011, Metakognisi dan Theory of Mind (ToM). jurnal.umk.ac.id. Vol 1, No 2 (2011) › Murti. Hlm. 53-64.

Schraw, gregory. 2001, Metacognition in learning. United States of america : e-book.

Thomas, G.P. & Mc.Robbie. 2001, Using a Metaphor for Learning to Improve Student' Metacognition in the Chemistry classroom. Journal of research in Science Teaching. 38 (2), 222-259.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/gravity.v2i2.1131

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Gravity has been indexed by:

     
     

 

  

 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is publihed by Department of Physics Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa jointly with Physical Society of Indonesia (PSI)

Creative Commons License 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Copyright © 2020, Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika.