PROFIL SIKAP SISWA SMP BERDASARKAN HASIL PENCAPAIAN LITERASI SAINTIFIK (LS) PADA TOPIK KALOR

Yesi Martianingsih, Setiya Utari, Duden Saepuzaman

Abstract


Literasi saintifik (LS) merupakan kemampuan seseorang dalam menggunakan pengetahuan dan keterampilan ilmiahnya dalam menyelesaikan permasalahan di kehidupan sehari-hari. Beberapa penelitian menunjukkan beberapa sekolah di kota Bandung belum melatihkan LS secara optimal. Penelitian lain telah menunjukkan LS dapat ditingkatkan dengan pendekatan saintifik, namun belum menggambarkan karakteristik sikap yang dimiliki siswa. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang profil sikap siswa berkaitan dengan hasil pencapaian LS yang dimilikinya. Sikap dalam LS meliputi minat terhadap sains dan teknologi, menilai pendekatan saintifik untuk penyelidikan dan  kesadaran lingkungan.Penelitian deskriptif ini dilakukan di salah satu sekolah di Kabupaten Bandung Barat dengan jumlah sampel 38 siswa. pengambilan sampel dilakukan dengan cara simple random sampling. Data diperoleh dari beberapa instrumen yaitu lembar observasi yang di perkuat dengan kuesioner terbuka, kuesioner tertutup, dan wawancara yang dilakukan kepada beberapa siswa. Hasil menunjukkan banyaknya siswa yang memiliki LS tinggi, sedang dan rendah adalah 8 orang, 24 orang dan 6 orang. Siswa dengan LS tinggi memiliki minat terhadap sains dan teknologi yang lebih baik daripada siswa dengan LS sedang dan rendah. Siswa yang memiliki LS tinggi memiliki rasa ingin tahu terhadap sains dan isu-isu yang berkaitan dengan sains dan upaya; kesediaan memperoleh pengetahuan dan keterampilan tambahan dengan menggunakan sumber daya dan metode; dan minat yang sedang berlangsung terhadap sains termasuk karir yang berkaitan dengan sains baik sekali.

Keywords


literasi saintifik; sikap LS; topik kalor

Full Text:

PDF

References


Andi Marta, F. 2013, Analisis Literasi Sains Siswa SMP Dalam Pembelajaran IPA Terpadu pada Tema Efek Rumah Kaca. Skripsi pada FPMIPA UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Artati, H. 2015, Rancangan Pembelajaran Sains Melalui Analisis Literasi Sains Siswa Kelas VII SMP pada Topik Suhu dan Pemuaian.Skripsi pada FPMIPA UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Hobson, A. 2003, Physics Literacy,Energy and the Environment. Physics Education, 38(2), hlm 109-114

Ilhami, N.W. 2015, Penerapan Scienntific Approach untuk Melatihkan Literasi Scientifik dalam Domain Kompetensi dan Domain Pengetahuan Siswa SMP pada Topik Kalor. Skripsi pada PMIPA UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Morissan. (2012). METODE PENELITIAN SURVEY. Jakarta: Kencana

Nadia, M.A. 2015, Menerapkan Pendekatan Saintifik untuk Melatihkan Literasi Saintifik pada Domain Kompetensi Siswa SMP pada Topik Tekanan. Skripsi pada PMIPA UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Sugiyono. 2015, METODE PENELITIAN PENDIDIKAN Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : ALFABETA

Utari.S, dkk. 2015, Designing Science Learning for Training Students’ Science Literacies at Junior High School Level. International Conference on Mathematics, Science, and Education.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.