PENERAPAN PENDEKATAN DEMONSTRASI INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN DASAR PROSES SAINS SISWA

Rahmat Rizal, Andi Suhandi

Abstract


Abstract

 

The experiment about implementation of interactive demonstration in dynamic current learning to improve process science skills has been conducted. Interactive demonstration approach  implemented in the research is distinguished to interactive demonstration with discovery learning (experiment group) and interactive demonstration without discovery learning (control group). The experiment used quasi experiment method and randomized pretest-postest control group design. The normalized-gain average of science process skills in experiment group is 0,87 (high) and in  control group is 0,79 (high).

 

Abstrak

 

Telah dilakukan penelitian tentang penerapan pendekatan demonstrasi interaktif dalam pembelajaran listrik dinamis untuk meningkatkan keterampilan proses sains. Pendekatan demonstrasi interaktif yang diterapkan dalam penelitian ini dibedakan menjadi demonstrasi interaktif dengan didahului discovery learning (kelas eksperimen) dan demonstrasi interaktif tanpa didahului discovery learning (kelas kontrol). Penelitian ini menggunakan metode quasi experiment dengan menggunakan Randomized Pretest-Postest Control Group Design. Rata-rata N-gain keterampilan proses sains untuk kelas eksperimen adalah 0,87 (kategori tinggi). Sedangkan rata-rata N-gain keterampilan proses sains untuk kelas kontrol 0,79 (kategori tinggi).

Keywords


discovery learning; demonstrasi interaktif; keterampilan proses sains

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Panduan Penyusunan KTSP. Jakarta: Depdiknas.

Dhina, M. A. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Investigasi Kelompok untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Tesis Magister PPs UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Rizal, R. (2011). “Recommended Student’s Worksheets Revision for Increasing Physics Concept Comprehension in Discovery Learning and Pendekatan demonstrasi interaktif”. The international Seminar Enhancing Science Teacher Profesionalism Through Physics Learning Innovation. Bandung.

Setyawan, E. J. (2012). Penerapan Pembelajaran Inkuiri dengan Multiple Representasi untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. Tesis Magister PPs UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Sukmadinata, S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Wenning, C. J. (2010). Levels of Inquiry: Using Inquiry Spectrum Learning Sequences to Teach. Journal Of Physics Teacher Education Online. 6 (2), 17-20.

Wenning, C. J. (2011). The Levels of Inquiry Model of Science Teaching. Journal Of Physics Teacher Education Online. 6 (2), 9-16.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/gravity.v3i1.2411

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Gravity has been indexed by:

     
     

 

  

 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is publihed by Department of Physics Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa jointly with Physical Society of Indonesia (PSI)

Creative Commons License 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Copyright © 2020, Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika.