ANALISIS KEMANDIRIAN BELAJAR FISIKA SISWA DI SMA N 10 KOTA JAMBI

Tri Insan Mustaqiim, Ani Rahayu, Makfira Safitri, Nurul Eka Pratiwi

Abstract


Abstract

 

This study aims to analyze the physics learning independence in students in SMA N 10 Jambi City. The research was conducted by taking two types of data that is quantitative and qualitative in the research subjects as many as 26 students of class X MIA 4. Research found that 69% of students are not dependent on others, 66% confident, 58% self-control, 64% motivation, And 72% responsibility. From the qualitative data, it is concluded that the design of learning that is designed by the teacher does not match the characteristics of the students.

 

Abstrak

 

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa kemandirian belajar fisika pada siswa di SMA N 10 Kota Jambi. Penelitian dilakukan dengan mengambil dua jenis data yaitu kuantitatif dan kualitatif pada subjek penelitian sebanyak 26 siswa kelas X MIA 4. Penelitian menemukan bahwa 69% siswa tidak tergantung orang lain, 66% percaya diri, 58% mengontrol diri, 64% motivasi, dan 72% tanggung jawab. Dari data kualitatif disimpulkan bahwa rancangan pembelajaran yang di desain oleh guru tidak sesuai dengan karakteristik siswa.

Keywords


Kemandirian belajar; Mata pelajaran fisika; SMAN 10 Kota Jambi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Astuti, L. D. (2014). Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas Vii B Smp Negeri 2 Yogyakarta Melalui Problem Based Learning. UNY.

Harahap, R. H., & Harahap, M. B. (2012). Efek Model Pembelajaran Advance Organizer Berbasis Peta Konsep dan Aktivitas terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa. Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran Fisika, 4, 37.

Isa, A. (2016). Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Minat Dan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6(1).

Kurniawati, D. (2011). Upaya Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Cooperative Learning Tipe Kepala Bernomor Terstruktur pada Siswa SMP N 2 Sewon Bantul. UNY.

Kushartanti, A. (2009). Perilaku menyontek ditinjau dari kepercayaan diri. Indigenous: Jurnal Ilmiah Psikologi, 11(2).

Lawson, A. E. (2009). Teaching inquiry science in middle and secondary schools: Sage.

Nasional, D. P. (2006). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas.

Nasional, K. P. (2014). Laporan Hasil Ujian Nasional Tahun 2014. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Rachmayani, D. (2014). Penerapan Pembelajaran Reciprocal Teaching Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa. JUDIKA (Jurnal Pendidikan Unsika), 2(1).

Rusilowati, A. (2006). Profil Kesulitan Belajar Fisika Pokok Bahasan Kelistrikan Siswa SMA di Kota Semarang. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 4(2).

Zubaedi, D. (2011). Desain Pendidikan Karakter. Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga pendidikan.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/gravity.v3i1.2414

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Gravity has been indexed by:

     
     

 

  

 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is publihed by Department of Physics Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa jointly with Physical Society of Indonesia (PSI)

Creative Commons License 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Copyright © 2020, Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika.