PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH FISIKA

Rudi Haryadi

Abstract


Tujuan utama penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran mengenai peningkatan kemampuan pemecahan masalah fisika pada mahasiswa yang mendapat pembelajaran dengan pendekatan kontekstual bila dibandingkan dengan siswa yang mendapat pembelajaran konvensional, sikap mahasiswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan kontekstual, serta aktivitas mahasiswa dan dosen selama proses pembelajaran dengan pendekatan kontekstual. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain kelompok kontrol pretes-postes (pretest-posttest control group design). Dalam penelitian ini, mahasiswa kelompok eksperimen mendapat pembelajaran dengan pendekatan kontekstual sedangkan mahasiswa kelompok kontrol mendapat pembelajaran secara konvensional. Penelitian ini dilaksanakan di Jurusan Perikanan, Fakultas Pertanian, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, Serang, Propinsi Banten. Untuk memperoleh data dalam penelitian ini, maka digunakan analisis secara kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif dilakukan terhadap data hasil pretes dan postes untuk mengetahui perbedaan rerata peningkatan kemampuan pemecahan masalah fisika pada mahasiswa kelas eksperimen dan kelas kontrol. Sedangkan, analisis kualitatif dilakukan untuk menelaah sikap mahasiswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan kontekstual serta aktivitas mahasiswa dan dosen selama proses pembelajaran berlangsung. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa: (1) Peningkatan kemampuan pemecahan masalah pada mahasiswa yang mendapat pembelajaran dengan pendekatan kontekstual lebih baik daripada mahasiswa yang mendapat pembelajaran konvensional; (2) Sikap mahasiswa terhadap pembelajaran dengan pendekatan kontekstual adalah positif; dan (3) Aktivitas mahasiswa dan dosen selama proses pembelajaran dengan pendekatan kontekstual berlangsung kondusif.


Keywords


Pembelajaran kontekstual, pemecahan masalah

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (1998). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Depdiknas. (2003). Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Depdiknas.

Fraenkel, J.R. dan Norman, E.W. (1993). How to Design and Evaluate Research in Education Second Edition. New York: McGraw-Hill, Inc.

Jhonshon, E.B. (2002). Contextual Teaching and Learning. California: CROWIN PRESS, INC.

Karli, H. dan Yuliartiningsih, M.S. (2002). Implementasi Kurikulum Berbasis Kompetensi 1. Bandung: Bina Media Informasi.

Nurhadi. (2003). Pendekatan Kontekstual (Contextual Teaching and Learning). Jakarta: Depdiknas Dirjen Dikdasmen.

Prasodjo, Budi dkk. (2003). Teori dan aplikasi fisika 1. Bogor: Yudhistira.

Prasodjo, Budi dkk. (2003). Teori dan aplikasi fisika 2. Bogor: Yudhistira.

Prasodjo, Budi dkk. (2003). Teori dan aplikasi fisika 3. Bogor: Yudhistira.

Ruseffendi, E.T. (1998a). Dasar-Dasar Penelitian dan Bidang Non Eksakta Lainnya. Semarang: IKIP Semarang Press.

Ruseffendi, E.T. (1998b). Statistika Dasar untuk Penelitian Pendidikan. Bandung: IKIP Bandung Press.

Rusgianto. (2002). Contextual Teaching and Learning. Disajikan dalam Seminar Pendidikan Matematika 3 November 2002. FMIPA UNY: Tidak diterbitkan.

Sudjana (1992). Metode Statistika Edisi ke-5. Bandung: Tarsito.

To, K. (1996). Mengenal Analisis Tes, Pengantar kepada Program Komputer ANATES. Bandung: FIP IKIP Bandung.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/gravity.v1i1.2508

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Gravity has been indexed by:

     
     

 

  

 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is publihed by Department of Physics Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa jointly with Physical Society of Indonesia (PSI)

Creative Commons License 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Copyright © 2020, Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika.