PEMBUATAN PROTOTIPE SENSOR MASSA MENGGUNAKAN CANTILEVER BEAM DAN STRAIN GAGE

Anang Suryana

Abstract


Alat ukur massa telah banyak dikembangkan dengan berbagai metode. Dalam perancangannya, alat ukur massa disesuaikan dengan obyek yang akan di ukur baik jangkauan maupun bentuknya. Hal ini terkait dengan sensitivitas yang dapat dihasilkan oleh alat ukur massa. Salah satu transduser untuk pengukuran massa yang dapat mendeteksi perubahan massa kecil adalah strain gage.

Pada penelitian dilakukan perancangan dan pembuatan prototipe sensor massa menggunakan strain gage tipe uniaxial dengan hambatan 120 ohm dan batang kantilever dengan panjang 2 cm, lebar 1 cm, ketebalan 20 mm yang memanfaatkan defleksi dari  permukaan batang.  Gejala defleksi terjadi  akibat penambahan massa pada salah satu ujung batang. Massa sebagai pembeban dikalibrasi menggunakan neraca ohaus merk PioneerTM tipe PA214. Defleksi yang terjadi dideteksi menjadi strain oleh transduser strain gage yang terpasang  pada permukaan kantilever. Melalui rangkaian elektronis jembatan Wheatstone, diperoleh persamaan karakteristik prototipe alat ukur massa yang menyatakan hubungan antara tegangan, V, dalam milivolt, dan massa, m dalam gram, adalah V.= -3,36667m + 38,49556. Pada penelitian ini juga akan dilakukan sistem akuisisi data ke PC untuk disimpan pada database melalui interface komunikasi serial.


Keywords


batang kantilever, jembatan Wheatstone, massa, strain gage, transduser.

References


FEA-Opt Technology. “Hooke's Stress and Strain Calculation”, Uniform Plate Analysis An Engineers Toolbox Calculation Module (2005), Url. http://www.fea-optimization.com/ETBX/uplate_help.html (diakses 8 Pebruari 2010).

Fraden, J. “Handbook of modern sensors”, Physics. Designs and Applications, Springer, 2003

Mechanical Engineering. “Strain gage experiment”, Departement of Mechanical Engineering, University of Massachusetts Lowell, 2005

A Measurements Group Strain Smart. “Strain Gage Measurement System”, Design and Construction, Hypertext Publication (2007): www.measurementsgroup.com (diakses 12 Pebruari 2011)

Doebelin, Ernest O. Measurement systems : application and design / Ernest O. Doebelin, Fourth Edition, 2004

Kyowa, Electronic Instrument co., LTD. “How Strain Gage Work”, Sensor System Solutions, Japan, 2006

Bolton, W. Sistem Instrumentasi dan Sistem Kontrol, Erlangga, Jakarta, 2006




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/gravity.v1i1.2534

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Gravity has been indexed by:

     
     

 

  

 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is publihed by Department of Physics Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa jointly with Physical Society of Indonesia (PSI)

Creative Commons License 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Copyright © 2020, Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika.