PERBEDAAN PENERAPAN PENDEKATAN CONCEPT MAPPING DAN PENDEKATAN INQUIRI ROLE TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA

Yus’iran Yus’iran, Asriyadin Asriyadin, Nining Wahyuni

Abstract


ABSTRACT

 

This research is intended to know the difference of physics learning result through the application of Mapping Approach and Role Inquiri Approach. This research is a true experimental study using pretest-posttest control group design. Population in this research is all student of class XI majors IPA MAN3 Bima as many as 4 class with student number 127 student. The sample is taken by simple random sampling that is class XI IPA2 as experiment class I apply concept approach of Mapping and class XI IPA3 as experiment class II propose approach Inquiry Roles. From result of t-test analysis, obtained t count <ttabel (0,300 <2,00). Therefore, Ha is rejected or H0 is accepted, thus there is no significant difference in learning outcomes between the learning approach of mapping concept and role learning learning in the third grade students of Science 3 Bima.

 

ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika melalui penerapan Pendekatan Concept MappingDan Pendekatan Inquiri Role. Penelitian ini merupakan penelitian true eksperimen menggunakan desain pretest-posttest control group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI jurusan IPA MAN3 Bima sebanyak 4 kelas dengan jumlah siswa 127 siswa. Sampel penelitian diambil dengan simple random sampling yaitu kelas XI IPA2 sebagai kelas eksperimen I menerapkan pendekatan Concept Mapping dan kelas XI IPA3 sebagai kelas eksperimen II menerapkan pendekatan Inquiry Role. Dari hasil analisis uji-t, diperoleh thitung< ttabel (0,300 < 2,00). Oleh karena itu, maka Haditolak atau H0diterima, dengan demikian tidak terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara pendekatan pembelajaran concept mapping dan pendekatan pembelajaran inquiry role pada siswa kelas XI IPA MAN 3 Bima.

Keywords


Concept Mapping; InquiriRole; Hasil Belajar

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Abadi, Rinawan. 2001. Fisika untuk SMA. Jakarta: Penerbit Intan Pariwara

Arikunto, Suharsimi. 2008. Dasar-dasar evaluasi pendidikan dan penilaian hasil belajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prasyarat Uji Instrumen. Jakarta : Bumi Aksara.

Bernawi Munthe. 2009. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: Insan Madani.

Bob Foster. 2000. Fisika SMA untuk kelas XI. Jakarta: Penerbit Erlangga

Darman, D.R, dkk. 2016. Pembelajaran Savir (Somatic, Auditory, Visual, Intellectual, Dan Repetition) Dalam Mempertahankan Retensi Siswa Pokok Bahasan Asas Black Dan Pemuaian, Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 73

Departemen Pendidikan Nasional. 2001. Manejemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas.

Patrianingsih. 2005. Distribusi Frekuensi dan Persentasi Hasil Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sanjaya. 2006. Pendekatan Pembelajaran. Jakarta : Balai Pustaka.

Sudjana, Nana. 2001. Pengertian Hasil Belajar. Bandung : Tarsito.

Sudjana, Nana. 1992. Analisis Inferansial. Jakarta : Balai Pustaka.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta, cv.

Sugiyono. 2007. Teknik Pengujan Hipotesis, Bandung: Alfabeta, cv.

Suyadi. 2013. Strategi Pembelajaran Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya

Trianto. 2007. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktif. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Umi Habibah. 2014. Penerapan Concept Mapping Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Pada Siswa Kelas Vii C Semester Gasal. Online (http://gmail.com+. a410100028@gmail.com) Diakses Tanggal 9 Pebruari 2015.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/gravity.v3i2.2603

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Gravity has been indexed by:

     
     

 

  

 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is publihed by Department of Physics Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa jointly with Physical Society of Indonesia (PSI)

Creative Commons License 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Copyright © 2020, Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika.