BLENDED LEARNING BERBANTUAN WHATSAPP: PENGARUHNYA TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH

Wayan Suana, Mirda Raviany, Feriansyah Sesunan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh blended learning berbantuan Whatsapp pada materi listrik statis terhadap kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen semu dengan desain the non-equivalent control group design. Data pada penelitian ini dikumpulkan melalui tes. Uji independent sample t-test digunakan untuk menguji pengaruh model blended learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah siswa. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan mengenai kemampuan berpikir kritis dan pemecahan masalah siswa antara kelas eksperimen yang menggunakan blended learning dengan kelas kontrol yang menggunakan direct instruction. Kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu penggunaan blended learning berbantuan Whatsapp berpengaruh terhadap peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kemampuan pemecahan masalah siswa.

Keywords


Blended learning, kemampuan berpikir kritis, kemampuan pemecahan masalah, Whatsapp

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Akhmalia, N. L., Suana, W., & Maharta, N. (2018). Efektivitas Blended Learning Berbasis LMS dengan Model Pembelajaran Inkuiri pada Materi Fluida Statis Terhadap Penguasaan Konsep Siswa. JIPFRI, 2(2), 56-64.

Arisanto, I. (2013). Pengembangan Bahan Ajar Integratif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa pada Mata Pelajaran Fisika Kelas X Materi Optik. Universitas Negeri Malang.

Azizah, S.R., Suyatna, A., & Wahyudi, I. (2017). Pengaruh Penerapan E-Learning dengan Schoology terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(2), 127-138.

Cahyadi, F.D., Suciati, Probosari, R.M. (2012). Penerapan Blended Learning Dalam Pembelajaran Biologi Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Pendidikan Biologi, 4(1), 15-22.

Cohen, J. (1994). The Earth is Around (5< .05). American Psychologist, 49, 997-1003.

Dwiyogo, W.D. (2014). Analisis Kebutuhan Pengembangan Model Rancangan Pembelajaran Berbasis Blended Learning (PBBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 21(1).

Fitri, H., Dasna, I.W., Suharjo. (2018). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Ditinjau dari Motivasi Berprestasi Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. BRILIANT: Jurnal Riset dan Konseptual, 3(2).

Hake, R.R. (2002). Relationship of Individual Student Normalized Learning Gains in Mechanics with Gender, High School Physics, and Pretest Scores on conference; Boise, Idaho. (online) http://www.physics.indiana.edu/~hake

Heong, Y.M., Widad., Jailani., Kiong, T. T., Razali., Mohaffyza, M. (2011). The Level Of Morzoro Higher Order Thinking Skills Among Technical Education Student. International Journal of Social Science and Humanity, 1(2), 121-125.

Hermawanto., Kusairi, S., & Wartono. (2013). Pengaruh Blended Learning Terhadap Penguasaan Konsep dan Penalaran Fisika Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 9, 67-76.

Indriyani, E., & Suliworo, D. (2018). Dampak Pemanfaatan Whatsapp dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Pelajaran Fisika. Seminar Nasional Quantum, 25, 2477-1511.

Kartikawati, S., & Pratama, H. (2017). Pengaruh Penggunaan Whatsapp Messenger Sebagai Mobile Instan Messaging Terintegrasi Metode Group Investigation terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 2(2), 33-38.

Marzuki. (2017). Pembelajaran Tematik Model Webbed Berbasis Saintifik Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi di SD. Sekolah Dasar, 26(2), 158-168.

Moghadam, A.Z., & Fard, M.M.M.K. (2011). Surveying the Effect of Metacognitive Education on the Mathematics Achievement of 1st Grade High Junior School Female Student in Educationan District 5, Tehran City. Procedia-the journal of special education, 27(2), 175-201.

Noma, L.D. (2016). PBL untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas X SMA. Bioedukasi, 9(2), 62-66.

Putra, RA. (2018). Pengaruh Pendekatan Saintifik Berorientasi Higher Order Thinking Skills (HOTS) Terhadap Pemahaman Belajar Siswa. Equilibirium: Jurnal Pendidikan dan Ekonomi, 15(2).

Sari, AS. (2013). Strategi Blended Learning Untuk Peningkatan Kemandiria Belajar dan Kemampuan Critical Thinking Mahasiswa di Era Digital. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 11(2), 32-43.

Suana,Wayan. (2017). Design and Implementation of Schoology Based Blended Learning Media for Basic Physics I Course. Jurnal Pendidikan IPA Indonesia Vol 6(1) 170-178.

Suana, W., Distrik, I.W., Herlina, K., Maharta, N., & Putri, N.M.A.A. (2019). Supporting Blended Learning Using Mobile Instant Messaging Application: Its Effectiveness and Limitations. International Journal of Instruction, 12(1), 1011-1024.

Suhendi, H. Y., Lunggari, T., Utari, S., & Hasanah, L. (2018). Profil Kemampuan Berpikir Kritis dan Peningkatan Prestasi Belajar Siswa SMA Melalui Penerapan Strategi Problem Solving Dengan Reading Infusion. Gravity Vol.4 No.1 (2018).

Sulistiyoningsih, T., Kartono., & Mulyono. (2015). PBL Bernuansa Adiwiyata dengan Blended learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Karakter Peduli Lingkungan. Unnes Journal of Matematics Education Research, 4(2).

Sudiarta, I.G.P, & Sadra, W. (2016). Pengaruh Model Blended learning Berbantuan Video Animasi Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Pemahaman Konsep Siswa. Jurnal Pendidikan dan pengajaran, 49(2), 48-58.

Yanti, T.D., Suana, W., Maharta, N., Herlina, K., & Distrik, I W. (2019). Journal of Physics: Conference Series, 1157 (2019) 032007.

Wahid, A.H., & Rizka, A.K. (2018). Integrasi Higher Order Thinking Skill (HOTS) Dengan Model Creative Problem Solving. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 5(1).

Zain, A.R., & Jumadi. (2018). Effectiveness of Guided Inquiry Based on Blended Learning in Physics Insttruction to Improve Critical Thinking Skills of The Senior High School Student. Journal Of Physics: Conf. Series,

(2018) 012015.

Zebua, F. (2017). Daily Social: Survey Instant Messaging 2017. Diunduh dari https://dailysocial.id/post/laporan-daily-social-survey-instant-messaging-2017.

Zuliarso, E., & Henry, F. (2017). Pemanfaatan Instant Messaging untuk aplikasi layanan akademik. Jurnal Teknologi Informasi DINAMK, 18(2), 112-121.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/gravity.v5i2.4990

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Gravity has been indexed by:

     
     

 

  

 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is publihed by Department of Physics Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa jointly with Physical Society of Indonesia (PSI)

Creative Commons License 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Copyright © 2020, Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika.