Pengembangan Buku Pembelajaran Yang Dilengkapi Augmented Reality Pada Pokok Bahasan Gelombang Bunyi Dan Optik

Fauzi Bakri, Diah Ambarwulan, Dewi Muliyati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan produk dalam bentuk buku pelajaran fisika yang dilengkapi oleh Augmented Reality (AR) pada materi Gelombang Bunyi dan Optik untuk kelas XI SMA. Buku yang dikembangkan juga dilengkapi AR yang menampilkan animasi 3D dan video simulasi sehingga siswa memiliki pengalaman belajar yang nyata. Salah satu video simulasi yang ditampilkan adalah asal-muasal terbentuknya gelombang bunyi. Salah satu animasi 3D yang ditampilkan adalah kamera. Sementara metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (RND) 4D yang tahapannya terdiri dari: Define, Design, Develop, Dessiminate. Adapun hasil validasi ahli materi sebesar 95,95 % dan ahli media sebesar 88,44 % dengan kategori sangat baik. Hasil uji keterbacaan terhadap guru menunjukkan persentase pencapaian sebesar 93,43%, sementara kepada 15 siswa menunjukkan persentase pencapaian sebesar 84,68%. Berdasarkan hasil uji validasi dan uji keterbacaan dapat disimpulkan bahwa pengembangan buku AR pada materi gelombang dan optik telah memenuhi proses pembelajaran dan persyaratan sebagai bahan ajar fisika SMA.


Keywords


Buku Pelajaran, Augmented Reality, Gelombang Bunyi, dan Optik

Full Text:

PDF

References


Ambarwulan, D., Muliyati, D. (2016). Rancangan Media Pembelajaran Berupa Aplikasi Augmented Reality Berbasis Marker pada Perangkat Android. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(1): 73-80. URL DOI: https://doi.org/10.21009/1.02111.

Arikunto, S., (2010), Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi), Jakarta: Bumi Aksara

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Daley, M. (2015). Protect Your Eyes From Digital Devices. Alexandria: The Vision Council.

Dunser, A. C. (2012). An interactive augmented reality coloring book. IEEE Symposium on 3D User Interfaces (3DUI), 2012 pp. 7-10

Lee, K. (2012). Augmented Reality in Education and Training. TechTrends Link. Res. Pr. Improve Learn., vol. 56, no. 2.

Munir. (2009). Pembelajaran Jarak Jauh Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta.

Peddie, J., (2017), Augmented Reality Where We Will All Live, Tiburon: Springer.

Pertiwi, C.M.., Muliyati, D., Serevina. V. (2016). Rancangan Tes dan Evaluasi Fisika yang Informatif dan Komunikatif pada Materi Kinematika Gerak Lurus. Jurnal Penelitian & Pengembangan Pendidikan Fisika, 2(1): 81-88. URL DOI: https://doi.org/10.21009/1.02112.

Praharsi, Y. (2004). Penggunaan Model e-Media Berbasis Komputer Dalam Pembangunan Sistem E-Learning (Studi Kasus: e-Media untuk Pembelajaran Gerak Osilasi. Jurnal Seminar Nasional Aplikasi Ternologi Informasi .

Saefullah, A., Siahaan, P., & Sari, I. M. (2013). Hubungan antara sikap kemandirian belajar dan prestasi belajar siswa kelas X pada pembelajaran fisika berbasis portofolio. Wahana Pendidikan Fisika, 1(1).

Sitepu, B. (2015). Penulisan Buku Teks Pelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Syarif, M. (2009). Pengembangan Media Pembelajaran E-learning Berbasis Web pada Materi Listrik Dinamis Bagi Siswa SMA Kelas X. Jurnal Proseding Seminar Nasional Pendidikan. Jurnal Proseding Seminar Nasional Pendidikan, ISBN: 9786028824453.

Thiagarajan, S., Semmel, D.S., & Semmel, M.I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana: Indiana University,




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/gravity.v4i2.4032

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Gravity has been indexed by:

     
     

 

  

 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is publihed by Department of Physics Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa jointly with Physical Society of Indonesia (PSI)

Creative Commons License 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Copyright © 2020, Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika.