PENGARUH PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN SAINS TEKNOLOGI MASYARAKAT (STM) TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA DI SMA HIDAYATUN NAJAH

Suprianto Suprianto, S. Ida Kholida

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan penerapan pendekatan pembelajaran STM terhadap peningkatan hasil belajar siswa serta untuk mengetahui aktivitas belajar siswa dengan menggunakan pendekatan pembelajaran STM. Penelitian ini adalah penelitian eksperimen yang membagi sampel menjadi dua kelompok yaitu kelas X-1 sebagai kelompok eksperimen yang menerapkan pendekatan pembelajaran STM sedangkan kelas X-2 sebagai kelompok kontrol yang menerapkan model model pembelajaran Langsung. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar siswa kelompok eksperimen dengan uji N-gain diperoleh 0,64 sedangkan kelompok kontrol yaitu 0,46. Hasil uji-t peningkatan hasil belajar siswa memperoleh thitung= 2,37 sedangkan ttabel=2,00 dengan taraf signifikansi 0,05. Rata-rata persentase hasil pengamatan aktivitas belajar siswa dengan pembelajaran STM adalah 61,8% sedangkan model pembelajaran Langsung sebesar 45,5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan penerapan pendekatan pembelajaran sains teknologi masyarakat terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar siswa dengan menerapkan pendekatan pembelajaran sains teknologi masyarakat dikategorikan sedang, sedangkan aktivitas belajar siswa yang menerapkan pembelajaran STM lebih baik dari pada pembelajaran Langsung.

Keywords


pembelajaran STM; model pembelajaran langsung; hasil belajar siswa

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


D. Agustini, dkk. 2013, Pengaruh Model Pembelajaran Sains Teknologi Masyarakat (STM) Terhadap Penguasaan Materi dan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa Pada Mata Pelajaran IPA di MTs. Negeri Patas. e-Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi Pendidikan Sains (Volume 3 Tahun 2013).

EFA. 2010, “Education for All Global Monitoring Report 2010, UNESCO. Tersedia pada:www.unesco.org. Diunduh pada 23 Mei 2016.

EFA. 2011, “Education for All Global Monitoring Report 2011”. UNESCO. Tersedia pada:www.unesco.org. Diunduh pada 23 Mei 2016.

Erlina. 2013, Pemanfaatan Model Pembelajaran Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa.

Fajar. 2004, Portofolio Dalam Pembelajaran IPS. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Galib, L. M. 2002, “ Pendekatan Sains-Teknologi-Masyarakat dalam Pembelajaran Sains di Sekolah”. Jurnal pendidikan dan kebudayaan, volume 34, nomor 1 (hlm. 1-31). Tersedia pada http://www.depdiknas.go.id. Diunduh tanggal 25 juni 2016.

Jauhar, Mohamad. 2011, Implementasi PAIKEM dari Behaviouristik Sampai Konstruktivistik. Jakarta: Prestasi Pustaka

Mulyani, Dwi Retno. 2008, Pengaruh Pendekatan STM Dalam Pembelajaran Fisika terhadap Prestasi dan Minat Belajar Siswa. Jurnal FMIPA UPI.

OECD. 2012, PISA 2009 Technical Report. PISA: OECD Publishing. Tersedia pada: www.pisa.oecd.org. Diaskes pada 23 mei 2016.

Poedjiadi. 2005, Sains Teknologi Masyarakat. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Sarwono, Jonathan. 2006, Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif: Jogjakarta. Graha Ilmu

Sutarno,Nono. 2008, Materi Pokok dan Pembelajaran IPA SD;1-9 PGSD4403/3 SKS. Jakarta: UT

Wahyudi, 2002, Tingkat Pemahaman Siswa terhadap Materi Pembelajaran IPA. Jurnal pendidikan dan Kebudayaan. Vol 3(6). Hal 389.

Yager, R.E. 1996, Science/technology/Socienty As Reform In Science Education. State University of New York.




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/gravity.v2i1.915

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Gravity has been indexed by:

     
     

 

  

 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is publihed by Department of Physics Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa jointly with Physical Society of Indonesia (PSI)

Creative Commons License 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Copyright © 2020, Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika.