PEMBELAJARAN SAVIR (SOMATIC, AUDITORY, VISUAL, INTELLECTUAL, DAN REPETITION) DALAM MEMPERTAHANKAN RETENSI SISWA POKOK BAHASAN ASAS BLACK DAN PEMUAIAN

Dina Rahmi Darman, Firmanul Catur Wibowo, Andi Suhandi, Dadi Rusdiana

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran daya tahan retensi siswa pada pokok bahasan asas black dan pemuaian dengan menerapkan pembelajaran SAVIR. Penelitian ini juga melihat bagaimana keterlaksanaan pembelajaran SAVIR. Penelitian ini menggunakan desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design dengan pemberian posttest sebanyak tiga kali dalam selang waktu antara posttest beberapa hari. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa pada kelas X di salah satu SMA Negeri di Kecamatan Payakumbuh, Sumatera Barat dengan jumlah 28 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterlaksanaan pembelajaran meningkat pada setiap pertemuan. Diperoleh y= 1,05e-0,01x pada grafik eksponensial daya tahan retensi siswa pada pokok bahasan asas black dan y=e-0,01x. pada pokok bahasan pemuaian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran SAVIR dapat mempertahankan retensi siswa pada pokok bahasan asas black dan pemuaian.

Keywords


pembelajaran, pembelajaran SAVIR, retensi

Full Text:

PDF (Indonesian)

References


Arikunto, S. 2006, Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Crawford, B.A. 2000, Embracing the Essence of Inquiry: New Roles for Science Teachers. Journal of Research in Science Teaching. 37, (9), 916–937.

Depdiknas. 2006, Pengembangan Bahan Ujian dan Analisis Hasil Ujian (Materi Presentasi Sosialisasi KTSP). Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

DePorter, B. dan Hernacki, M. 2013, Quantum Learning (Membiasakan belajar Nyaman dan Menyenangkan). Bandung: Khaifa-PT Mizan Pustaka.

Duit, R. 2007, Science Education Research Internationally: Conceptions, Research Methods, Domains of Research. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education. 3, (1), 3-15.

Druxes, H, et all. 1986, Kompendium Didaktik Fisika (Terjemahan). Bandung : Remaja Karya.

Kurniawan, A. 2013, Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Cmaptools dalam Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif dan Mempertahankan Retensi Siswa. Tesis FP-IPA UPI Bandung: tidak diterbitkan.

Matlin, W. M. 2009, Cognitive Psychology, Seventh Edition International Student Version. Hoboken: Jhon Wiley & Sons, Inc.

Meier, D. 2002, The Accelerated Learning Handbook. Bandung: Khaifa.

Randler, C. and Bogner,F. X. 2008, Planning Experiments in Science Education Research: Comparison of a Quasi-Experimental Approach with a Matched Pair Tandem Design. International Journal of Environmental & Science Education 3,( 3),95-103.

Riduwan. 2010, Metode dan Teknik Menyusun Tesis. Bandung: Alfabeta.

Suherman, E. 2003, Evaluasi Pembelajaran Matematika. Bandung: JICA FPMIPA.

Sugiyono. 2013, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. 2012, Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Winkel, W. S. 2004, Psikologi Pengajaran. Yogyakarta: Media Abadi




DOI: http://dx.doi.org/10.30870/gravity.v2i1.921

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Gravity has been indexed by:

     
     

 

  

 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is publihed by Department of Physics Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa jointly with Physical Society of Indonesia (PSI)

Creative Commons License 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Copyright © 2020, Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika.