ANALISIS MISKONSEPSI KONSEP GAYA MENGGUNAKAN CERTAINTY OF RESPON INDEX (CRI)

Surya Gumilar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis miskonsepsi konsep gaya pada calon guru fisika. Sebanyak 24 calon guru fisika diberikan tes standar mengenai konsep gaya yaitu force concept inventory (FCI). Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini merupakan metode penelitian deskriptif. Hasil data yang diperoleh kemudian di analisis menggunakan Certainty of Respond Index (CRI), dimana analisis terhadap data dibedakan kedalam tiga kategori yaitu tahu konsep, tidak tahu konsep, dan miskonsepsi. Hasil analisis data diperoleh bahwa rataan miskonsepsi 53%, tidak tahu konsep 24%, dan tahu konsep 23%. Analisis lebih lanjut terhadap beberapa butir soal diperoleh beberapa miskonspesi dengan tingkat miskonsepsi lebih dari 40%, yaitu: 1). kecepatan yang besar menimbulkan percepatan yang besar pula, 2). penjumlahan kecepatan dijumlahkan sama seperti penjumlahan biasa tanpa melibatkan arah, 3). kelajuan benda meningkat secara kontinu setelah menerima gaya sesaat, 4). kelajuan benda meningkat kemudian setelahnya menurun pada sistem yang dikenai gaya tetap, 5). gaya gravitasi berkurang dan meningkat pada sistem gerak yang dilempar dan jatuh kembali, 6).  Resultan dua gaya yang membentuk sudut satu sama lain akan mempunyai resultan dengan arah berada tepat ditengah kedua gaya asal.

 



Keywords


miskonsepsi; force concept inventory (FCI); certainty of respon index (CRI)

Full Text:

PDF (Indonesian)


DOI: http://dx.doi.org/10.30870/gravity.v2i1.924

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Gravity has been indexed by:

     
     

 

  

 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is publihed by Department of Physics Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa jointly with Physical Society of Indonesia (PSI)

Creative Commons License 

Gravity : Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License

Copyright © 2020, Gravity: Jurnal Ilmiah Penelitian dan Pembelajaran Fisika.