PENGARUH PEMBELAJARAN CONTEXTUALTEACHING AND LEARNING (CTL) DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PAI SISWA KELAS VIII (Studi di SMP Islam Terpadu Al-Izzah Kota Serang)

Anis Fauzi, Wiwin Nurhanah

Abstract


ABSTRAK
Penelitian ini berangkat dari latar belakang perlunya dilakukan pembaharuan dalam peningkatan
kreativitas mengajar guru dalam mengelola proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di
SMP, sebagai respon semakin melemahnya kualitas belajar siswa. Guru disekolah-sekolah pada
umumnya menempatkan siswa-siswanya sebagai objek belajar yang berperan sebagai penerima
informasi secara pasif, dan siswa lebih banyak belajar secara individual dengan menerima, mencatat,
dan menghafal materi pelajaran saja, dan belum menempatkan siswa sebagai subjek belajar.
faktor strategi pembelajaran dalam menyajikan materi pelajaran yang kurang menarik patut dicatat
sebagai salah satu faktor penyebab rendahnya minat mengikuti pelajaran dan prestasi belajar.
Berdasarkan uraian permasalahan di atas, peneliti merumuskan masalah sebagai berikut:
Bagaimana pengaruh strategi pembelajaran Contextual Teaching and Learning terhadap hasil
belajar PAI, bagaimana pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar PAI, dan bagaimana
pengaruh Contextual Teaching and Learning dan motivasi belajar terhadap hasil belajar PAI siswa
kelas VIII SMP IT Al-Izzah Kota Serang?
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: Pengaruh strategi pembelajaran Contextual Teaching
and Learning (CTL) terhadap hasil belajar PAI, pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar
PAI, dan pengaruh Contextual Teaching and Learning (CTL) dan motivasi belajar terhadap hasil
belajar PAI siswa kelas VIII SMP IT Al-Izzah Kota Serang. Penelitian ini menggunakan pendekatan
kuantitatif, metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survey dengan teknik
observasi, wawancara, penyebaran angket dan dokumentasi data.
Berdasarkan hasil analisis varians dan uji F menunjukkan bahwa nilai Fhitung = 21.82 lebih
besar dari F tabel = 3,99 pada tara signifikan 5%. Hal ini menunjukkan bahwa H0 ditolak sedangkan
H1 diterima. Kesimpulan yang diperoleh dari hasil penelitian ini adalah bahwa strategi pembelajaran
Contextual Teaching and Learning (CTL) dan motivasi belajar berpengaruh secara signifikan terhadap
prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI.
Kata kunci: CTL, Motivasi belajar, PAI.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.